Pengaruh Instrumen Moneter Bank Syariah Dan Bank Konvensional Terhadap Penyaluran Dana Ke Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Rantauprapat

  • Roma Mela Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Kamilah K. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Moneter Syariah, Konvensional, Penyaluran Dana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mencoba mengkaji pengaruh instrumen moneter bank syariah dan konvensional terhadap penyaluran dana ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan memakai teknik survei deskriptif kuantitatif dengan membagikan kuesioner kepada 30 partisipan. SPSS ialah alat analisis data yang dipakai untuk penyelidikan ini (Statistical Product Software Solution). Penelitian ini memakai analisis deskriptif dan pengujian hipotesis untuk menganalisis datanya. Temuan penelitian ini memperjelas bahwa moneter bank syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran dana ke sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Abstract

The purpose of this research is to compare the effects of Islamic and conventional bank financial instruments on the flow of capital to the micro, small, and medium-sized company (MSMEs) market. This study falls under the heading of quantitative research. 30 participants were given questionnaires as part of the quantitative descriptive survey approach used to gather the data for this study. The data analysis program utilized for this inquiry is SPSS (Statistical Product Software Solution). To examine the data for this research, descriptive analysis and hypothesis testing are used. The results of this research demonstrate that the distribution of money to the micro, small, and medium-sized companies (UMKM) sector is positively and significantly impacted by monetary Islamic banks.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kamilah K., Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Penulis adalah seorang peneliti, dan pengajar pada Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, di bidang Akuntansi,Ekonomi dan Bisnis.

References

Daniar, “Transmisi Kebijakan Moneter Syariah: Sebuah AnalisaI”, Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, Vol.1, No. 1, 2016, hal. 98, dalam http://ejournal.umm.ac.id/index.php/JES/article/view/2700, diakses 13 Desember 2020
Muhfiatun Muhfiatun, Lailatis Syarifah, Annisa Nur Salam (2021) "Efektifitas Instrumen Moneter Syariah Terhadap Penyaluran Dana Ke Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Indonesia"
Farida, Umi dan Hartono, S. (2016) ‘Farida, Umi dan Hartono, Sri. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia II. Ponorogo: Umpo Ponorogo Press.’, p. 2016.
Gitosudarmo, I. (2019) ‘Manajemen pemasaran’, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Karima, N. K. (2018) ‘Analisis Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Syariah Jalur Kredit terhadap Inflasi di Indonesia 2010.1 – 2017.12’.
Kasmir (2018) ‘Kasmir. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Depok: Rajawali Pers..’, p. 2018.
Kharisma Rindang Sejati (2018) "Analisis Pengaruh Instrumen Moneter Syariah Terhadap Penyaluran Dana Ke Sektor Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia".
Ramadhan, M. M. and Beik, I. S. (2013) ‘Analisis Pengaruh Instrumen Moneter Syariah dan Konvensional Terhadap Penyaluran Dana ke Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia’, Al-Muzara’ah, 1(2), pp. 175–190. doi: 10.29244/jam.1.2.175-190.
Sugiyono (2017) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.’, Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sagitaria Saputr, Muhammad Ghafur Wibowo (2018) "Determinan Pembiayaan UMKM di Indonesia Tahun 2011-2015: Pendekatan Generalized Method Of Moment (GMM)"
Sugiyono, P. D. (2016) metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv.
Sujarweni (2018) ‘Bab II Landasan Teori’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.
Sunyoto, D. (2014) Dasar - Dasar Manajemen Pemasaran, dasar dasar manajemen pemasaran.
Tiara Nirmala (2022) Analisis Perbandingan Pengaruh Instrumen Moneter Syariah Dan Konvensional Terhadap Penyaluran Dana Ke Sektor Properti Di Indonesia Periode 2014-2020
Published
2023-01-19