Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kompensasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

  • Muhammad Ravi Akbar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mustapa Khamal Rokan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kecerdasan Spiritual, Kompensasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual dan kompensasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menguji teori, membangun fakta, menunjukan hubungan antar variabel, memberikan deskripsi statistik, menaksir dan meramalkan hasilnya. Objek pada penelitian ini adalah PT. Bank Sumut KCP Syariah H.M. Yamin. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer, yaitu data hasil kuisioner yang disebarkan kepada seluruh karyawan PT. Bank Sumut KCP Syariah H.M Yamin. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial variabel kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Sumut KCP Syariah H.M Yamin yang dibuktikan dengan nilai Sig. > α (0,363 > 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial variabel kompensasi tenaga kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Sumut KCP Syariah H.M Yamin yang dibuktikan dengan nilai Sig. < α (0,025 < 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Pandi. (2016). Concept & Indicator Human Resource Management For Management Research. Yogyakarta: Deepublish.

Agustian, Ary Ginanjar. (2015). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: ESQ (Emotional, Spiritual, Quotient). Jakarta: Penerbit Arga.

Depikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djara, Cindy Claudia F. M., Fanggidae, Rolland E., & Nursiani, Ni Putu. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pusat Bank Pembangunan Daerah Ntt Journal Of Management (Sme’s). 11(1), 115–132.

M.A.N, Fahrian, Sunuharyo, Bambang Swasto, & Utami, Hamidah Nayati. (2019). Pengaruh Kompensasi Karyawan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Survei Pada Karyawan Ud. Dinikoe Keramik Malang). Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi, 1(1), 1–8.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabe. (2009). Manajwmwn Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Martoyo, Susilo. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (5th ed.). Yogyakarta: BPFE.

Oktariani, Weny, Setyanti, Sri Wahyu Lelly Hana, & Sumani. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Serta Kepribadian Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Btn (Persero) Tbk. Cabang Jember. Bisma, 10(2), 144–155.

Rumere, Lidya Octafia, Pio, Riane Johnly, & Tampi, Johny Revo Elia. (2018). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 1–6.

Simamora, Henry. (2004). Manajemen sumber daya manusia.

Sofyandi, Herman. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujarweni, Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukidi. (2002). Rahasia Sukses Hidup Bahagia Kecerdaasan Spiritual: Mengapa SQ Lebih Penting Dari Pada IQ dan EQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, Sudiarti, Sri, & Harahap, Muhammad Ikhsan. (2022). Transaksi Uang Elektronik E-Martabe Ditinjau dari Fiqh Muamalah Pada Bank Syariah. FINANSIA: Jurnal Akuntansi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 175–192.

Zohar, Danah, & Marshall, Ian. (2000). Kecerdasan Spiritual (SQ) (IX). Bandung: PT. Mizan Pustaka
Published
2022-12-20