Me Produktivitas alat gali muat dan angkut pada pengupasan lapisan overburden di PT daya bara Nusantara

Productivity of digging and hauling equipment in overburden stripping at PT. Daya Bara Nusantara

  • Melyana Nurfitri Ramadhoni Universitas Jambi
Keywords: Produktivitas, Overburden, Alat berat

Abstract

PT. Daya Bara Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batubara. Aktivitas penambangan yang dilakukan di PT. Daya Bara Nusantara mulai dari land clearing, pengupasan lapisan top soil, pengupasan lapisan overburden, penimbunan tanah penutup, penambangan batubara, pengangkutan batubara, pengolahan batubara, dan pemasaran. Permasalahan yang ada dan sering terjadi di PT. Daya Bara Nusantara adalah tidak tercapainya terget produksi yang telah ditetapkan dalam kegiatan pengupasan overburden. Target produksi overburden pada PT. Daya Bara Nusantara adalah 20.000 BCM/bulan, namun pada kenyataan di lapangan produksi overburden tidak mencapai target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap kegiatan pengupasan overburden di PT. Daya Bara Nusantara supaya mencapai target produksi yang sudah ditetapkan. Faktor – faktor serta parameter yang mempengaruhi produktivitas alat gali muat dan alat angkut adalah cycle time alat gali muat dan angkut, waktu kerja, nilai swell factor, faktor pengisian mangkuk (bucket), dan jumlah pengisian vessel. Sedangkan parameter yang menyebabkan target produksi yang ditetapkan perusahaan tidak tercapai yaitu faktor cuaca, geometri jalan, alat gali muat dan angkut yang digunakan, dan perilaku operator. Upaya penanggulangan yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan produksi adalah dengan melakukan perbaikan waktu kerja, mensimulasikan cycle time dengan tepat, memperbaiki geometri jalan, dan meningkatkan displin dan skill operator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, S. 2021. Laporan rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) IUP OP PT Daya Bara Nusantara Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.
Hadi, Sofwan,. 2018. Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis. Deepublish Dan Politeknik : Banjarmasih.
Hartman, H. L. (1992). SME Mining Engineering Handbook Second Edition, volume 1. Colorado. Society for Mining , Metallurgi, and Exploration inc.
Indonesianto, Y. 2014. Pemindahan Tanah Mekanis. Teknik Pertambangan UPN Veteran : Yogyakarta.
Oemiati, N., Revisda & Rahmawati. 2020. Analisa Produktivitas Alat Gali Muat Dan Angkut Pada Pengupasan Overburden. Jurnal Penelitian Dan Kajian Teknik Sipil : Vol 6(3). Hlm 194-207.
Prasmono,A.,V & Hasibuan,S. 2018. Optimasi Kemampuan Produksi Alat Berat Dalam Rangka Produktivitas Dan Keberlanjutan Bisnis Pertambangan Batubara : Studi Kasus Area Pertambangan Kalimantan Timur. Operations Excellence : Vol 10 (1). Hlm 1-16.
Prodjosumarto, Partanto. 1996. Perencanaan, Peralatan dan Metode Kontruksi. Jakarta. Erlangga.
Predjosumarto, P. 1996. Pemindahan Tanah Mekanis. Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung: Bandung.
Romadhon, A.,F. 2019. “Analisis Produktivitas Alat Muat Dan Angkut Dengan Menggunakan Metode Antrian Pada Kegiatan Pengupasan Lapisan Tanah Penutup Di PT 13 W Pt. Tambang Raya Usaha Tema Site Imm Bontang Kaltim”. Upn Veteran Yogyakarta.
Sandelrit & Prabowo, H. 2018. “Evaluasi Kebutuhan Dan Estimasi Biaya Alat Muat Kobelco 380dan Hitachi 350 Dengan Alat Angkut Scania P360 Dan Mercedez Actroz 4043 Pada Pengupasan Overburden PT Caritas Energi Indonesia Jobsite Kbb, Sarolangun”. Jurnal Bina Tambang: Vol 3 (3). Hlm 1091-110.
Sekhar, B & Venu,Y. 2014. “Design Optimization Of Excavator Bucket Using Finite Element Method”. International Journal Of Research And Innovation In Mechanical Engineering (IJRIME).
Suryawan, Adi. 2019. Manajemen Alat Berat. Deepublish: Yogyakarta.
Wijaya,A.,R. Mukiat & Purbasari,D. 2019. ”Kinerja Alat Gali Muat Dan Angkut Pada Pengupasan Overburden PT Bumi Merapi Energi”. Jurnal Pertambangan : Vol 3 (4).
Yulianto,A ., Santoso, E & Putri, K.,S. 2021. Evaluasi Produktivitas Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Pada Pemindahan Overburden Pit 10 Di PT Berkat Tambang Sejahtera, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Himasapta; Vol. 6 (1). Hlm 33-3.
Wisma,H. 2018. Evaluasi Waktu Kerja Efektif Alat Gali Muat Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Dari Harga Penjualan Batubara Pada PT. Britmindo Site Bakuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jurnal Bina Tambang: Vol 3 (1).
Published
2022-12-15