Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Ranai Kabupaten Natuna

  • Sarita Opianti Universitas Terbuka Batam
  • Razaki Persada Universitas Terbuka Batam
  • Djoko Raharjo Universitas Terbuka Batam
Keywords: Kualitas pelayanan kesehatan, Mutu, Covid-19

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada berbagai macam aspek. Salah satu dampak besar pandemi Covid-19 adalah pada aspek pelayanan publik bidang kesehatan. Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu yang memuaskan bagi pasien sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Studi pendahuluan di Puskesmas Ranai menunjukan bahwa adanya penurunan angka kunjungan pasien ke Puskesmas Ranai selama masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan pada masa pandemic covid-19 di Puskesmas Ranai Kabupaten Natuna. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, karena informan yang dipilih adalah pasien yang datang berkunjung ke Puskesmas Ranai pada masa Pandemi Covid-19. Teknik pengambilan informan adalah dengan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan metode analisis Collaizi. Kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Ranai sudah baik namun dari 5 dimensi yang digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan masih terdapat 2 dimensi kurang berjalan dengan optimal yaitu responsiveness dan tampilan fisik (tagibel). Faktor – Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Ranai adalah SDM, insentif, sarana prasarana, waktu tunggu pelayanan, dan alur pelayanan yang berbelit.Dampak dari pandemic covid-19 terhadap pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan terganggu, psikososial, jumlah kunjungan menurun. Upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan pelayanan kesehatan adalah peningkatan kapasitas sarana prasarana dan sumber daya manusia, memaksimalkan upaya promotif preventif dan penerapan sistem pelayanan secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astari, N. K. Y., Januraga, P. 2021. Strategi Puskesmas Kuta II Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. Arc. Com. Health. Vol. 8(3), hal: 475 – 495.

Belo, D. L. X., Wahyuningsih, C. D. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pendemi Covid 19 (Studi Kasus Di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang). Public Service And Governance. 2(2), 1-7.

Fatrida, D., & Saputra, A. 2019. Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal’Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21.

Darmini, Ni Ketut Siya., & Gorda, A.A.N. Oka Suryadinata. 2021. Menyigi Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas pada Era Pandemi. Open Jurnal Systems. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI.

Fatrida, D., & Saputra, A. 2019. Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal’Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21.

Hamirul Dan Alamsyahril. 2020. Good Governance Dalam Perspektif Kualitas Pelayanan Publik. Malang: CV. Pustaka Learning Center.

Jalilah, N. H., Prapitasari, R. 2021. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Indramayu: Penerbit Adab.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Adaptasi Kebiasaan Baru pada Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Masa Pandemi Covid-19.

Manurung, J., Novela, V., Ulfiana, Q., Simamora, J. P., Argahemi, N. B., Sianturi, E., Saeni, R. H., Lakhmudien, L .2021. Kebijakan Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Menap, Harmaen, Sastrawan. 2021. Quality Of Health Services Before And During The Covid-19 Pandemic In Public Health Center Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan Ipa Ikip Mataram. Vol. 9, No. 2.225-232.

Muninjaya. 2013. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta : EGC.

Nadella., Rahadi, D. R. 2020. Pengembangan Kompetensi Di Masa Pandemi Covid 19. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia Volume 04, Nomor 01. 72-83.

Niawati, W., Berliana, N., Marisdayana, R. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi. Journal Of Healthcare Technology And Medicine.Volume 6(2), Hal:826-836.

Nurani, D., Kaseke, M. M., Arthur. 2021. Dampak Pandemi Coronavirus Disease-19 Terhadap Mutu Pelayanan Kemoterapi Di Ruang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-Clinic. 9(2), 412-423. DOI: Https://Doi.Rg/10.35790/Ecl.V9i2.33490.

Paramitta, N. 2020. Strategi Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Muara Jawa. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 2020,9 (1): 149-162.

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-Angin, M. A., Relino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S.O., Silalahi, M., Yendrianof, D., Sari, A.P., Supriadi, M.N., Sari, M. H. N., Bahri, S., Refelio, J., Tojiri, M. Y. 2020. Pelayanan Publik. Medan: Yayasan Kita Menulis

Ramadhan, H.N., Ardhianto, A. B., Yuliastuti, E., Tujo, T., Husni, A., Retnianingsih. 2021. Family Satisfaction Of Covid-19 Patients With The Information Delivery Process And Hospital Services. Media Keperawatan Indonesia, Volume 4(3), Page 175-181.

Rewah, D. R., Sambiran, S., Pangemanan, F. 2020. Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) Di Kota Manado (Studi Puskesmas Bahu). Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 2(5), 1-10.

Setyono et al. 2021. “The Impact of the Pandemic on Neurosurgical Services: A Study from A Coronavirus Disease 2019 Referral Hospital in Surakarta,” Surg. Neurol. Int., vol. 12, no. December 2019, pp. 1–5, 2021, doi: 10.25259/SNI_150_2021.

Silalahi, A. Kurnawan, A. 2021. Akselerasi Pembayaran Insentif Tenaga Kesehatan Penanganan Covid-19. Jurnal Analisis Kebijakan. Vol 5 Nomor 2, Hal :187-194.

Tumiwa, R., Pangemanan, S., Sondakh, E. 2018. Efektivitas Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Di Kecamatan Dumoga. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Volome 1 No. 1. Hal 1-10. Eksekutif Issn : 2337 – 5736.

WHO. 2020. Mempertahankan Layanan Kesehatan Esensial: Panduan Operasional Untuk Konteks COVID-19.

Yaunin, Y., Liza, R. G., Yenny, S. W., & Julia, D. S. 2021. The Mental Health Impact of the Coronavirus Disease-19 Pandemic on Resident Doctors at M. Jamil Hospital Padang, Indonesia. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(T3), 330-334.
Published
2022-12-20