Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kopi di Kabupaten Lombok Utara

  • Muhammad Mahfuz Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ahmad Amir Aziz Universitas Islam Negeri Mataram
  • Pongky Arie Wijaya Universitas Islam Negeri Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap tingkat penjualan produk UMKM  Kopi di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah konsumen dan produsen UMKM  Kopi di Kabupaten Lombok Utara. Pemilihan sampel menggunakan sampel random sampling dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, ujia parsial, dan uji simultan. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS versi 16.0 menunjukkan bahwa variabel sertifikat halal, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan. Hal ini terbukti dari nilai F hitung 123,884 > F tabel 2,72 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian Koefisien Determinasi (R2) diperoleh hasil Adjusted R2 sebesar 0,830. Hal itu berarti bahwa pengaruh variable X1, X2 dan X3 secara simultan terhadap variable Y adalah sebesar 83% dari sekala 100% sedangkan sisanya 100% - 83% sebesar 33.1% Dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh secara simultan dari variabel label halal, kualitas produk, dan harga terhadap tingkat penjualan produk UMKM  Kopi di Kabupaten Lombok Utara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 20, 2022
How to Cite
MAHFUZ, Muhammad; AZIZ, Ahmad Amir; WIJAYA, Pongky Arie. Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kopi di Kabupaten Lombok Utara. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 18596-18612, nov. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/11032>. Date accessed: 02 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.11032.