Penerapan Sistem Point of Sales Berbasis Website pada Food and Beverage Terintegrasi
Abstract
Sistem Point of Sales sudah banyak berkembang dan digunakan pada restoran atau kafe. Namun masih banyak diantara kafe-kafe tersebut masih belum sempurna dalam menerapkan sistem point of sales nya. Berdasarkan data yang didapatkan masih terdapat masalah-masalah yang terjadi dalam kegiatan operasional sebuah kafe, seperti kesalahan pengantaran pesanan, pembayaran yang harus dipisah dalam satu meja yang sama jadi karyawan kasir harus memeriksa pesanan satu per satu sebelum pelanggan melakukan pembayaran, kemudian ketika pesanan yang dipesan tidak tersedia staff kasir harus memberitahu pelanggan jika pesanan sudah habis sehingga harus melakukan pemesanan ulang. Setelah itu ketika membayar pesanan secara tunai pernah terjadi kesalahan dalam mencatat pembayaran pelanggan sehingga harus ada penyesuaian kembali antara bill dan pesanan yang terjual. Maka dari itu Chawaa Cafe memerlukan pengembangan pada sistem food and beverages terintegrasi. pada perusahaannya dengan modul point of sales, keuangan, dan gudang. Modul yang difokuskan pada laporan ini yaitu sistem point of sales dengan fitur pencatan pesanan dapur yang berfungsi untuk meminimalisir kesalahan dalam memasak pesanan pelanggan. Terdapat fitur tambah pesanan pada meja yang sama agar pihak kafe tidak perlu memeriksa bill pesanan untuk mengetahui jumlah pesanan yang harus di bayar oleh pelanggan secara keseluruhan. Pada pembangunan sistem ini berbasis website dibangun dengan menggunakan metode Rapid Application Development dengan menggunakan framework Laravel. Menggunakan metode pengujian aplikasi Black-box Testing. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini berupa hasil aplikasi yang sudah dibangun serta hasil pengujian yang sudah sesuai dengan kebutuhan pihak Chawaa Cafe.
Downloads
References
Alt, R. (2021). Digital transformation in the restaurant industry: Current developments and implications. Journal of Smart Tourism, 1(1), 69–74. https://doi.org/10.52255/smarttourism.2021.1.1.9.
Christian, M. (2019). Dampak Penggunaan Teknologi Berbasis Aplikasi Pada Usaha Restoran Berskala Mikro & Kecil. Journal of Business & Applied Management, 12(2), 131–140. https://doi.org/10.30813/jbam.v12i2.1822.
Damayanti, S. M., Raditya, T., Mambea, I. Y., & Putri, A. M. (2020). The determinants of point of sales system adoption perceived by micro small medium enterprises in West Java, Indonesia. International Journal of Economic Policy in Emerging Economies, 13(5), 483–495.
Dewi, I. A., Miftahuddin, Y., Fattah, M. A., Palenda, C. B., & Erawan, S. F. (2021). Point of Sales System in InHome Café Website using Agile Methodology. Journal of Innovation and Community Engagement, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.28932/jice.v1i1.3321.
Faqihuddin, M. I. (2016). Penataan Koridor Jalan Arif Rahman Hakim Surabaya Berbasis Livable Street Dan Café Society. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Hevner, A. R., March, S. T., Park, J., & Ram, S. (2004). Design science in information systems research. MIS Quarterly, 75–105.
Muzammil, M., Rachma, N., & Rizal, M. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(06).
Puspoyo, A. C., & Setiawan, A. P. (2015). Perancangan Interior Kafe Dan Resto The Historic Of Blitar. Intra, 3(2), 80–91.
Singh, P., Tembhekar, N., Gurve, K., & Rahate, M. (2020). Smart Food Ordering System For Restaurant. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET).
Tran, J., Hol, A., Nguyen, Q. V., & Simoff, S. J. (2017). Fine Dining Restaurant Framework Development and Survey. ICE-B, 83–90. https://doi.org/10.5220/0006417800830090.
Wahdiniwaty, R., & Taliasih, N. (2020). Development of cashier information system. Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC), 15, 88–96.
Warlina, L., & Noersidik, S. M. (2018). Designing web-based food ordering information system in restaurant. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 407(1), 12029. https://doi.org/10.1088/1757-899X/407/1/012029.
Wisesa, W. M., & Qomariah, N. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand, dan Trust terhadap Kepuasan Konsumen pada Kafe Kolong Jember Analysis of The Impact of Quality of Service, Brand, and Trust on Customer Satisfaction In Kolong Cafe Jember. Universitas Muhammadiyah Jember.
Yuliarto, F. A., Mahsuni, A. W., & Junaidi, J. (2021). Efektivitas Aplikasi Moka Pos dalam Menunjang Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Coffee Shop Kota Madiun). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(11).
Copyright (c) 2023 Adelri Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.