Manajemen Pendidikan Islam Terpadu Sebagai Solusi Problema Pendidikan Masa Kini

  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Sastra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • M. Ikbar Muhyi Maulani Universitas Ibn Khaldun Bogor
Keywords: Manajemen, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Masa Kini

Abstract

Istilah manajemen pendidikan Islam sudah banyak diketahui bahwa pembahasannya tidak akan jauh dari istilah manajemen pendidikan, pemaparannya di setiap referensi terkait manajemen pendidikan Islam pada akhirnya akan berujung di penjabaran manajemen pendidikan secara umum. Akan sulit jika menjelaskan tentang manajemen Pendidikan Islam tanpa melihat referensi dari bahasan umum dari manajemen pendidikan itu sendiri. Begitupun jika disambungkan dengan ruang lingkup manajemen pendidikan Islam sudah bisa dipastikan akan berkaitan erat secara umum dengan ruang lingkup manajemen pendidikan. Ruang lingkup tersebut dapat dimaknai dengan batasan objek yang menjadi tujuan bagi pengelola lembaga pendidikan Islam dalam melakukan pengelolaan lembaganya. Oleh karena itu dirasa sangat penting dan dipandang perlu untuk mengetahui dan memahami ruang lingkup manajemen pendidikan Islam secara menyeluruh dan menjadi suatu pengetahuan yang bermanfaat untuk kepentingan umat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lembaga-lembaga pendidikan yang melakukan pengelolaan dengan menggunakan manajemen pendidikan Islam. Dalam pelaksanaannya apakah sudah berjalan dengan maksimal atau masih banyak yang harus dibenahi. Tentunya dibatasi pada runag lingkup manajemen Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dengan metode kajian pustaka yang disajikan dengan berdasarkan fakta-fakta di lapangan. Menjadi konsekuensi yang logis jika sistem Pendidikan yang dijalankan sebagai Pendidikan Islam Terpadu akan memaksa menggunakan manajemen khusus terpadu pula. Manajemen Pendidikan yang efektif dan efisien yaitu dengan cara manajemen kolektif, dilakukan dengan semangat kolektifitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzkiyaunuha, M. (2022). Konsep Manajemen Pendidikan Islam:(Sebuah Analisis Aspek Ontologi. Epistemologi, dan Aksiologi Konsep Manajemen Pendidikan Islam). Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(1 Juni), 58–79.

Agustina, A. (2019). Kontribusi Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah Dalam Perkembangan Pendidikan Islam. UIN Raden Intan Lampung.

Aminuddin, M. Y. (2019). Perubahan Status Kelembagaan pada Perguruan Tinggi Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Indonesia. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 22–44.

Arjuni, M., & Fatmawati, S. (2022). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Upaya Pembentukan Karakter. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 54–64.

Asmar, A. (2020). Ekspresi keberagaman online: media baru dan dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(1), 54–64.

Aziz, A. R., Asiah, D., Afandi, I., Pitriyani, P., Aditya, R., & Hidayat, Y. (2022). Manajemen Pendidikan Dalam Pandangan Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 511–517.

Farida, S., & Jamilah, F. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah (Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan). Widya Balina, 4(1), 60–74.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.

Harahap, S. (2017). Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 211–234.

Harmonika, S. (2017). Hadits-Hadits tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–14.

Hidayat, A., Bisri, C. H., Hasanah, A., Sadiah, D., Rahman, M. T., Kafrawi, S., Sulastri, L., Meiza, A., Mansyur, A. S., & Suhendar, D. (2018). Pendidikan Islam: Antara harapan dan kenyataan. Madrasah Malem Reboan (MMR).

Jemani, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Total Quality Management Di Era Disrupsi. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(2), 158–188.

Listiana, H. (2020). Analisis konsep neurosain spiritual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk siswa Sekolah Dasar. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Maya, R., & Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M. Ag. tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 291–316.

Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. (2018). Hak warga negara dalam memperoleh pendidikan dasar di Indonesia. Trihayu, 4(3), 259091.

Nurfaiqah, N., Nurdin, N., & Alhabsyi, F. (2022). Management of Al-Qur’an Learning at One Day One Juz Palu Community. Proceeding of International Conference on Islamic and Interdisciplinary Studies, 1, 192–195.

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi pendidikan Islam di era 4.0. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–239.

Priestnall, S. L., Okumbe, N., Orengo, L., Okoth, R., Gupta, S., Gupta, N. N., Gupta, N. N., Hidrobo, M., Kumar, N., Palermo, T., Peterman, A., Roy, S., Konig, M. F., Powell, M., Staedtke, V., Bai, R. Y., Thomas, D. L., Fischer, N., Huq, S., … Chatterjee, R. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Endocrine, 9(May), 6.

Rahmawati, N. F., Fauzi, M. R., & Anwarudin, K. (2022). Manajemen program tahfidz al-qur’an. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–16.

Riyadi, F. (2016). Urgensi Manajemen dalam Bisnis Islam. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 65–84.

Salma, S., Nenden Herawati, S. H., MH, N. H., & SH, M. H. (2018). Manajemen Majelis Taklim Sebagai Wadah Pemberdayaan Masyarakat Menuju Pendidikan Karakter (Studi Terhadap Model Pengelolaan Majelis Taklim Di Sulawesi Utara). IAIN MANADO.

Sapari, A. ria. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment dalam meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang (Vol. 6, Issue 1). UIN Radeng Fatah Palembang.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2).

Setiadi, E. M. (2017). Ilmu sosial & budaya dasar. Kencana.

Siahaan, A., Hidayat, R., & Rustam, R. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam: Menuju Lembaga Pendidikan Unggul, Kompetitif Dan Bermutu.

Siddik, H. (2016). Hakikat Pendidikan Islam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(1), 89–103.

Syah, H. (2013). Pengaruh kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja dan motivasi kerja karyawan pada PT. Graha Raja Empat. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 462–471.

Syahrani, S. (2019). Manajemen Pendidikan Dengan Literatur Qur’an. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 191–203.

Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2). https://doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Wahid, A. H. (2015). Perbudakan Dalam Pandangan Islam Hadith and Sirah Nabawiyyah: Textual and Contextual Studies. Nuansa: Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 8(2).

Winarsih, S. S. Y., Safeyah, M., & Syahrial, L. (2018). Implementation of Research Results in Preparing a Housing Planning Textbook. Nusantara Science and Technology Proceedings, 432–441.

Yacoeb, M. (2013). Konsep Manajemen Dalam Perspektif AL-QURâ€TM AN: Suatu Analisis dalam Bidang Administrasi Pendidikan. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1).
Published
2023-01-14