Pengaruh Remunerasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

  • Deni Fakhrudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Juniarto R Prasetyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
  • Ahmad Marzuki Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
Keywords: Remunerasi, Kepuasan kerja, Kepuasaan Kerja, Organizational Citizenship Behavior

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Remunerasi Dan Kepuasan kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variable Intervening Pada Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakartaâ€. Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel intervening yaitu kepuasan kerja sebagai pemediasi hubungan antara remunerasi dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior di RSKO Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan perolehan data menggunakan kuisioner dan teknis analisis data menggunakan analisis jalur. Data diperoleh dari pegawai RSKO Jakarta dengan kuisioner tertutup. Kuisioner terkumpul sebanyak 100 sampel penelitian tetapi yang digunakan hanya 89, karena sisanya tidak bisa digunakan yang disebabkan tidak lengkapnya pengisian kuesioner tersebut dan dianalisis menggunakan analisis jalur dengan software SPSS V 23. Hasil penelitian menunjukkan 1. Remunerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, 2. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, 3 Remunerasi dan Kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, 4. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, 5. Remunerasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja, 6. Kepuasan kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 7. Kepuasan kerja mampu memediasi secara positif dan signifikan pengaruh remunerasi terhadap Organizational Citizenship Behavior 8. Kepuasan kerja mampu memediasi secara positif dan signifikan pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior, 9. Kepuasan kerja mampu memediasi pengaruh Remunerasi dan Kepuasan kerja secara simultan terhadap Organizational Citizenship Behavior.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. M., Yuwono, T., & Marlina, N. (2017). Reformasi Birokrasi dalam Upaya Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Batang (Kepemimpinan Yoyok Riyo Sudibyo, Periode 2012–2017). Journal of Politic and Government Studies, 6(03), 451–460.

Ambarwati, W. (2018). Pemberian Antibiotik Pada Pasien ISPA Non Pneumonia Di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Tahun 2018.

Ambarwati, W. (2021). Pembiayaan Pasien COVID-19 dan Dampak Keuangan terhadap Rumah Sakit yang Melayani Pasien COVID-19 di Indonesia Analisis Periode Maret 2020–Desember 2020. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 6(1).

Dewi, D. K. (2022). Sinergi dan Kolaborasi Sebagai Strategi Media Cetak Bertahan Dalam Era Disrupsi. EKSPRESI DAN PERSEPSI: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 5(2), 201–213.

Hantono, H. (2022). Pengaruh Budgetary, Participation, Information Asymmetry, Organizational Citizenship Behavior, Job Relevant Information terhadap kinerja di era VUCA. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 2209–2229.

Hartanto, D. (2019). Kajian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kepolisian Resort Kota Besar Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 71–87.

Juliani, H. (2019). Perubahan perilaku aparatur sebagai model dalam mewujudkan reformasi birokrasi yang berkualitas. Administrative Law and Governance Journal, 2(1), 113–125.

Nahrisah, E., & Imelda, S. (2019). Dimensi organizational citizenship behavior (OCB) dalam kinerja organisasi. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(3).

Nasution, L. (2022). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan, Persalinan, Bayi Baru Lahir, Nifas Dan Menyusui Di UPTD Puskesmas Rawat Inap Gununng Tua Tahun 2021.

Raharni, R., Idaiani, S., & Prihatini, N. (2020). Kekambuhan pada Pasien Penyalahguna Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif (Napza) Pasca Rehabilitasi: Kebijakan dan Program Penanggulangan. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 30(2), 183–198.

Robbins, S. P., Judge, T. A., & Brito, J. E. (2013). Comportamiento organizacional. Pearson educación Naucalpan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta,cv.

Tjahjono, E. W. (2020). Analisis Penerapan Interprofessional Collaboration di Siloam Hospitals Balikpapan Tahun 2019. Universitas Hasanuddin.

Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 13–31.
Published
2023-01-16