Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Rawat Jalan RSUD Cibinong

  • Pitoyo Marbun Universitas Sahid Jakarta
  • Levyda Levyda Universitas Sahid Jakarta
  • Syahfrin Abdullah Universitas Sahid Jakarta
Keywords: service quality, brand image, customer satisfaction, Rumah sakit.

Abstract

Permasalahan utama yang terjadi pada kepuasan pasien di rumah sakit yang beroperasi di Wilayah Kabupaten Bogor hanya 40 persen saja yang terdapat peningkatan kunjungan pasien rawat jalan selama tahun 2019 dan 2020, sedangkan 60 persen nya lagi atau sebanyak 18 Rumah Sakit justru menunjukkan penurunan kunjungan pasien trend penurunan jumlah pasien ini justru terjadi di semua RS Umum Daerah, sedangkan di RS swasta bahkan ada yang meningkat lebih dari 70 persen, ini menjadi masalah pokok terutama yang berkaitan dengan pelayanan, sehingga memenuhi standar pengendalian manajemen Rumah sakit. Salah satu rumah sakit yang mengalami trend penurunan dalam 5 tahun terakhir dari tahun 2016 sampai 2020 adalah RSUD Cibinong yang mengalami trend penurunan hampir 75%.  dengan menggunakan metode pengujian PLS SEM dan mengambil object pasien rawat jalan di RSUD cibinong, Seluruh Variabel eksogen yaitu service quality dan brand image secara langsung berpengaruh terhadap variable endogen yaitu customer satisfaction. Pengujian tidak langsung pun juga menunjukkan hal yang sama dimana bila kita ingin melihat pengaruh qualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dari sisi brand image yang kita jadikan variable mediasi, maka menghasilkan nilai pengaruh juga dan membuktikan bahwa brand image bisa menjadi mediator dalam penilaian kepuasan pelanggan/ customer satisfaction. Metode penelitian menggunakan metode survey analitis dengan sampel sebanyak 200 responden yang merupakan pasien rawat jalan RSUD Cibinong. Dari hasil pengujian tersebut, koefisien secara langsung hasil nya lebih besar dari koefisien secara tidak langsung, sehingga meskipun brand image dapat menjadi mediasi antara Service quality dan customer satisfaction namun karena koefisien nya lebih kecil dari pengujian langsung maka lebih baik untuk dilakukan pengujian secara langsung tanpa mediasi brand image.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi, Sigid Nugroho, & Ningsih, Kori Puspita. (2020). Manajemen Data Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. J. Rekam Medis Dan Inf. Kesehat, 3(2), 53–62.

El-Sayed, Ahmed F. (2017). Aircraft propulsion and gas turbine engines. CRC press.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.

Iskandar, Soleh. (2016). Pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kepuasan masyarakat di rumah sakit panglima sebaya kabupaten paser. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 777–788.

Monika, Lediana. (2014). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Dr. Hardjolukito Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Normasari, Selvy, Kumadji, Srikandi, & Kusumawati, Andriani. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Ilmu perilaku kesehatan.

Pudjowati, Juliani, Rochmawati, Sri Wahyuni, Retnowati, Nova, Rahmawati, Farida Yuni, Balafif, Mamak, & Syamsudin, Achmad. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pelayanan Kesehatan Pada Era Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Paru Surabaya. Creative Research Management Journal, 4(1), 11–21.

Putri, Happy Ayuningrum, Saryadi, Saryadi, & Dewi, Reni Shinta. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Kota Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(3), 110–116.

Radfan, Nasar, & Hariyanti, Tita. (2015). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di poliklinik paru Rumah Sakit Paru Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 220–228.

Ratnawati, Atik. (2013). Pengaruh kualitas layanan terhadap brand image pada pasien rumah sakit ortopedi (rso) prof. dr. soeharso surakarta tahun 2012.

Rumengan, Debra S. S., Umboh, J. M. L., & Kandou, G. D. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan pada peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jikmu, 5(2).

Saputro, Ropinov. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada PT. NUSANTARA SAKTI DEMAK). Kotler Dan Amstrong (2012).

Soegoto, Eddy Soeryanto. (2013). Entrepreneurship menjadi pebisnis ulung. Elex Media Komputindo.

Verawaty, Verawaty, Saeni, Nuraeni, Singkeruang, A. We Tenri Fatimah, Kausar, Al, & Mattarima, Mattarima. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. YUME: Journal of Management, 5(2), 238–253.
Published
2023-01-17