Efektifitas Konseling Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Dalam Meningkatkan Self-Esteem Remaja

  • Ratnasari Hinggardipta Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta
  • Happy Karlina Marjo Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Harga diri adalah evaluasi yang dibuat seseorang tentang dirinya sendiri dalam hubungannya dengan orang lain. Dalam hal penerimaan diri, harga diri sosial, dan evaluasi diri. Dan situasi aktual dari adegan tersebut menemukan bahwa harga diri siswa tersebut rendah. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan self-esteem siswa, dan salah satu upaya untuk meningkatkan self-esteem siswa adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Rational Emotional Behavior. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan Rational Emotional Behavior terhadap harga diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen tipe non-equivalent control group design, yang melibatkan dua kelompok subjek, satu kelompok mendapat perlakuan eksperimen dan satu kelompok lagi tidak mendapat perlakuan (kelompok kontrol). Data dikumpulkan dengan menggunakan skala harga diri Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siswa dengan self esteem kategori sedang dan tinggi (positif), terjadi peningkatan self esteem yang awalnya tergolong pada kategori rendah (negatif). Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan perilaku rasional emotif berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan harga diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 20, 2022
How to Cite
HINGGARDIPTA, Ratnasari; MARJO, Happy Karlina. Efektifitas Konseling Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Dalam Meningkatkan Self-Esteem Remaja. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 18845-18852, dec. 2022. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/11103>. Date accessed: 02 feb. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.11103.