Efektifitas Konseling Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Dalam Meningkatkan Self-Esteem Remaja
Abstract
Harga diri adalah evaluasi yang dibuat seseorang tentang dirinya sendiri dalam hubungannya dengan orang lain. Dalam hal penerimaan diri, harga diri sosial, dan evaluasi diri. Dan situasi aktual dari adegan tersebut menemukan bahwa harga diri siswa tersebut rendah. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan self-esteem siswa, dan salah satu upaya untuk meningkatkan self-esteem siswa adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Rational Emotional Behavior. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan Rational Emotional Behavior terhadap harga diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen tipe non-equivalent control group design, yang melibatkan dua kelompok subjek, satu kelompok mendapat perlakuan eksperimen dan satu kelompok lagi tidak mendapat perlakuan (kelompok kontrol). Data dikumpulkan dengan menggunakan skala harga diri Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siswa dengan self esteem kategori sedang dan tinggi (positif), terjadi peningkatan self esteem yang awalnya tergolong pada kategori rendah (negatif). Oleh karena itu, berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan perilaku rasional emotif berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan harga diri siswa.
Downloads
References
Bos, A. M. (2006). Changing Self-Esteem in Childern and Adolescent: A roadmap for future Interventuons. Netherlands Journal of Psychology 62, 26-33.
Brown, J., & Marshall, M. (2002). Self-Esteem: Its Not What You Think. Under Review, Psychological Review, 1-36.
Harris Clemes, R. B. (2001). Meningkatkan Harga Diri Anak. Jakarta: Mitra Utama.
Nordahl, G. A. (2016). Rational emotive behaviour therapy in high schools to educate in mental health and empower youth health. A randomized controlled study of a brief intervention. Cognitive Behaviour Therapy ISSN:, 1-15. doi:10.1080/16506073.2016.1233453
Rahimi Che Aman, D. A. (2018). APPLICATION OF THE DISPUTATION TECHNIQUE TO ENHANCE STUDENT’S SELF-ESTEEM. The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication, 1207-1214. doi:10.7456/1080SSE/162
Shokraii-Rees, N. (2003) The Self-Esteem Fraud: Why Feel Good Education Does Not Lead To Academic Success. Retrieved July 15, 2004 from, Center for Equal Opportunity Web site:http:// www.ceousa.org/self.html
Ellis, A. (1995). Changing Rational-Emotive Therapy (RET) to Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Journal of Rational-Emotive and Cognitive-Behavior Therapy, 13 (2): 85-89.
Abiogu, G. C., Ede, M. O., Amaeze, F. E., Nnamani, O., Agah, J. J., Ogheneakoke, C. E., Ugwuozor, F. O., Obiyo, N., Ezurike, C., Nwosu, N., Onyeanusi, O. C., Nweke, M. L., Amoke, C. V., Asogwa, T. E., Obeagu, E. I., & Ede, K. R. (2020). Impact of rational emotive behavioral therapy on personal value system of students with visual impairment: A group randomized control study. Medicine, 99(45), e22333. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000022333
Aman, R. C., & Aziz, D. A. (2018). Application of the Disputation Technique to Enhance Student’s Self-Esteem. Turkish Online Journal of Design Art and Communication, 8(SEPT), 1207–1214. https://doi.org/10.7456/1080sse/162
Batool, S. S. (2020). Academic achievement: Interplay of positive parenting, self-esteem, and academic procrastination. Australian Journal of Psychology, 72(2), 174–187. https://doi.org/10.1111/ajpy.12280
Gonzalez, J. E., Ron Nelson, J., Gutkin, T. B., Saunders, A., Galloway, A., & Shwery, C. S. (2004). Rational emotive therapy with children and adolescents: A meta-analysis. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 12(4), 222–235. https://doi.org/10.1177/10634266040120040301
Hasibuan, R. L., & Wulandari, R. L. H. (2015). Efektivitas rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkan self esteem pada siswa SMP korban bullying. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11, 103–110. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1559
Ikbal, M., & Nurjannah, N. (2017). Meningkatkan Self Esteem dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 73–86. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.556
Kolubinski, D. C., Frings, D., NikÄević, A. V., Lawrence, J. A., & Spada, M. M. (2018). A systematic review and meta-analysis of CBT interventions based on the Fennell model of low self-esteem. Psychiatry Research, 267, 296–305. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2018.06.025
Kumar, V. (2015). Impact of Rational Emotive Behaviour Therapy on Self-Esteem and Aggression Among Adolescent Students. October, 151–153.
Lestari, E. G., Masturi, & Lestari, I. (2020). Penerapan rational emotive behavior therapy teknik assertif trainning untuk mengatasi self-esteem rendah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 19–28. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/view/5152
McClure, A.C., Tanski, S.E. & Kingsbury, J. (2010). Characteristics Associated with Low Self- Esteem Among US Adolescents. Academic Pediatrics, 10 (4): 238
Mier, C., & Ladny, R. T. (2018). Does Self-esteem Negatively Impact Crime and Delinquency? A Meta-analytic Review of 25 Years of Evidence. Deviant Behavior, 39(8), 1006–1022. https://doi.org/10.1080/01639625.2017.1395667
Nurshobah, D., Awalya, A., & Sunawan, S. (2021). The Effectiveness of Rational Emotive Behavior Therapy Counseling to Increase Self Esteem of Slow Learner Children. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(19), 69–79.
Saiful, N. (2020). Meningkatkan Self-Esteem Melalui Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (Rebt). IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 6–12. https://doi.org/10.32923/ijoce.v1i1.1134
Copyright (c) 2022 Ratnasari Hinggardipta, Happy Karlina Marjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.