Alternatif Penyediaan Air Baku Pulau-Pulau Kecil Di Indonesia (Studi Kasus Pulau Panjang Kabupaten Serang)

  • Agus Suwandi Program Studi Magister Teknik Sipil, Konsentrasi : Sumber Daya Air, Universitas Tama Jaga Karsa
Keywords: pulau kecil, instrusi air laut, air payau, konservasi air

Abstract

Pulau panjang merupakan salah satu dari pulau-pulau  kecil yang berada di Teluk Banten, yang berada di kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang provinsi Banten. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, masyarakat di tempat ini mengambil  dari sumur. Di pulau ini tidak ada sumber air permukaan, seperti sungai,situ, rawa, dan mata air. Air yang berasal dari sumur tersebut  rata-rata airnya payau. Tentunya air tersebut tidak memenuhi persyaratan sebagai air baku. Air untuk keperluan masak dan minum masyarakat harus mendatangkan dari luar pulau. Dengan latar belakang tersebut diatas maka penulis merasa perlu melaklukan kajian di lokasi ini. Macam Penelitian yang dilakukan untuk menyelesaikan persoalan ini yaitu dengan menghitung ketersediaan air, melakukan perhitungan kebutuhan air penduduk setempat, serta menentukan macam teknologi yang cocok digunakan di tempat tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini  adalah metode kuantitatif, yaitu dengan cara melakukan survey di lokasi penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data kualitas air yang biasa digunakan penduduk setempat. Pengujian air dilakukan  dengan menggunakan alat ukur Electrical Conductivity (EC) Meter, untuk mengukur DHL dan TDS dalam larutan air yang berasal dari sumur-sumur milik warga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haris, Syamsuddin. (2005). Desentralisasi Dan Otonomi Daerah: Desentralisasi, Demokratisasi & Akuntabilitas Pemerintahan Daerah. Yayasan Obor Indonesia.
Kalyvas, James R., & Albertson, David R. (2015). A Big Data Primer For Executives. Big Data: A Business And Legal Guide. CRC Press, Boca Ratón, 1.
Khairani, Nadhira. (2017). Gambaran Spasial Kasus Diare Pada Anak Balita Berdasarkan Faktor Lingkungan Di Kabupaten Serang Tahun 2013-2015. Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmukesehatan UIN Syarif Hidayatullah.
Kuntadi, Cris, Retnoningsih, Arum Indri, & Finlandia, Dian Asri. (2022). Literature Review: Pengaruh Inventarisasi Aset, Legal Audit Aset Dan Penilaian Aset Terhadap Optimalisasi Aset. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 414–425.
Lindawaty, Debora Sanur, Dharmaningtias, Dewi Sendhikasari, Ardiyanti, Handrini, & Katharina, Riris. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Marsudi, Suwanto, & Lufira, Rahmah Dara. (2021). Morfologi Sungai. CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder (Sampel Halaman Gratis). Rajagrafindo Persada.
Pakpahan, Andrew Fernando, Prasetio, Adhi, Negara, Edi Surya, Gurning, Kasta, Situmorang, Risanti Febrine Ropita, Tasnim, Tasnim, Sipayung, Parlin Dony, Sesilia, Ayudia Popy, Rahayu, Puspita Puji, & Purba, Bonaraja. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis.
Priadana, M. Sidik, & Sunarsi, Denok. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Rahardjo, Mudjia. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif.
Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.
Simarmata, Oster Suriani, Armagustini, Yetti, & Bisara, Dina. (2012). Determinan Kejadian Komplikasi Persalinan Di Indonesia (Analisis Data Sekunder Survei Demografi Dan Kesehatan Indonesia Tahun 2007). Indonesian Journal Of Health Ecology, 11(1), 79711.
Suryani, Anih Sri. (2018). Pengaruh Kualitas Lingkungan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Dasar Di Provinsi Banten. Jurnal Aspirasi, 9(1), 35–63.
Tarumingkeng, Ir Rudy C. (2004). Wikanti Asriningrum.
Wattimena, Josina Augusthina Yvonne. (2021). Pemenuhan Hak Atas Air Bersih Dan Sehat, Serta Hak Menggugat Masyarakat. Balobe Law Journal, 1(1), 1–16.
Published
2022-12-26