Pengukuran Kinerja dan Manajemen Pendidikan Agama Kristen

  • Panuturi Sitompul Magister Pendidikan Agama Kristen Universitas Kristen Indonesia (UKI)
  • Bernadetha Nadeak Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Indonesia
  • Lamhot Naibaho Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Indonesia
Keywords: Kinerja, Pengukuran, Manajemen, Pendidikan

Abstract

Sistem pengukuran kinerja diperlukan untuk mengetahui pencapaian organisasi atas tujuan dan misi organisasi/program. Kinerja dan Pengukuran akan diproses dalam managemen. Secara umum, Manajemen kinerja adalah suatu kegiatan manajerial yang bertujuan untuk memastikan bahwa sasaran organisasi sudah tercapai sesuai harapan tentunya melalui cara-cara yang efisien dan efektif. Kinerja merupakan suatu hasil kerja yang diperoleh oleh individu pada syarat pekerjaan tersebut . atau dengan kata lain kinerja sebagai hasil yang baik secara kualitatif dan kuantitas yang telah dicapai oleh individu atau seorang bawahan dalam melakukan tanggung jawabnya terhadap pimpinan tempatnya bekerja. Manajemen kinerja adalah sebuah proses untuk menetapkan apa yang harus dicapai dan pendekatannya untuk mengelola dan pengembangan manusia melalui suatu cara yang dapat meningkatkan kemungkinan bahwa sasaran akan dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu baik pendek maupun panjang. Kinerja adalah karya dan buah dari pekerjaan dan pelayanan juga menjadi sesuatu yang berharga dalam Pendidikan Agama Kristen. Dalam manajemen dan konsep serta penerapannya dapat menggunakan sistim dan manajemen pendidikan umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adis Dwi Rahmawati, Sri Suwitri, M. (2006). Analisis Kinerja Organisasi Publik dengan Metoda Balanced Score. DIALOGUE: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Kebijakan Publik, 3(1), 77–78.

Ambarita, J., & Yuniati, E. (2021). PAK dan COVID-19: Problematika Pembelajaran PAK Daerah Tertinggal. Penerbit Adab.

Cascio, W. F. (1995). Managing Human Resources: Productivity, Quality of Worklife, Profit. Singapore: MC. Graw Hill Inc.

Chan, D., & Schmitt, N. (2002). Situational judgment and job performance. Human Performance, 15(3), 233–254. https://doi.org/10.1207/S15327043HUP1503_01.

Daft, R. L. (2006). Management, terj: Edward Tanujaya dan Shirly Tiolina. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly Jr, J. H. (1997). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses Edisi Kedelapan Jilid 1 (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ismail, I. (2008). Pengaruh budaya organisasi terhadap kepemimpinan dan kinerja karyawan Pemerintah Kabupaten-Kabupaten di Madura. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 12(1), 18–36. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2008.v12.i1.221.

Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulatsih, L. S. (2020). Manajemen Kinerja: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Syarat-syarat. Padang: Universitas Bung Hata.

Nainggolan, J. M. (2011). Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kristiani. Bandung: Bina Media Informasi.

Rivai, V. (2005). Performance Appraisal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schuler, R. S., & Jackson, S. E. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia, Menghadapi Abad Ke-21 Jilid 1. Erlangga.

Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kerja. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Tim Prnyusun Metodik. (1995). Metodik Kurikulum PBM. Jakarta: Pt. Raja Gritimdo Persada.

Tsauri, S. (2014). Managemen Kinerja. Jember Press STAIN.
Published
2023-01-19