Evaluasi Kebijakan Dampak PTM Terbatas terhadap Capaian Belajar Siswa SMP di Kota Mojokerto

  • Galoh Putra Pamungkas Universitas Airlangga Surabaya

Abstract

.....

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, J. E. (1997). Public Policy Making: Third Edition. New York: Rinchart and Winston.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azzahra, N. F. (2020). Addressing Distance Learning Barriers in Indonesia Amid the COVID-19 Pandemic. CIPS.
BPS Kota Mojokerto. (2022, Desember 13). Angka Melek Huruf. Retrieved from BPS Kota Mojokerto: https://mojokertokota.bps.go.id/indicator/26/82/1/angka-melek-huruf.html
BPS Kota Mojokerto. (2022). Kota Mojokerto dalam Angka. Mojokerto: BPS Kota Mojokerto.
Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Creswell, J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dedi Robandi, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPdi Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Denzim, N. (1978). Sociological Methods. New York: McGraw-Hill.
Department of Education USA. (2021). ED COVID-19 Handbook. Department of Education USA.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto. (2019). Profil Pendidikan Tahun 2019 Kota Mojokerto. Mojokerto: PPID Kota Mojokerto.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto. (2022, Januari 3). PTM Siswa SD dan SMP masuk 100 Persen. Retrieved from Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto: https://disdikbud.mojokertokota.go.id/berita/221332140-ptm-siswa-sd-dan-smp-masuk-100-persen.html
Dunn, W. N. (1999). Analisis Kebijakan Publik I (Edisi Kedua). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Elly Fitriyani, H. P. (2022). Evaluasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kasus Pada SMP Negeri 2 Telukjambe Timur, Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Faridha Nurhayati, S. W. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan & Rekreasi.
G20. (2020). Extraordinary G20 Leaders’ Summit Statement on COVID-19.
Hadi, S. P. (1995). Aspek Sosial Amdal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hoffman, K. S. (2021). Cross-National Variation in School Reopening Measures During the COVID-19 Pandemic. AERA Open.
IMF. (2020, November 19). Policy Responses To COVID-19. Retrieved from International Monetary Fund: https://www.imf.org/en/Topics/imf-and-covid19/Policy-Responses-to-COVID-19#I
Jones, C. O. (1984). Public Policy Making. Chicago: Holt, Rinehart and Winston.
Kemdikbud. (2022, Januari 3). Semua Sekolah Wajib Melaksanakan PTM Terbatas pada 2022. Retrieved from Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/semua-sekolah-wajib-melaksanakan-ptm-terbatas-pada-2022
Kemdikbudristek. (2022, Februari 17). Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi. Retrieved from Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tantangan-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi/
Kompas.com. (2020, Maret 3). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Retrieved from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta-lengkap-kasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all
Langbein, L. (1980). Discovering Wether Programs Work: A Guide to Statistical Methods for Program Evaluation. Illinois: Scott: Forestman and Company.
Latane, B. (1981). The Psychology of Social Impact. American Psycologist.
Liu, J. (2021). Bridging Digital Divide Amidst Educational Change for Socially Inclusive Learning During the COVID-19 Pandemic. SAGE Open.
Madhav, N. (2018). Pandemic: Risks, Impact and Mitigation. Disease Control Priorities Improving Health and Reducing Poverty.
Masnur, Aminullah, Haliq, M. I., Elihami, & Rahmat. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Terbatas di Kabupaten Enrekang. Edumaspul.
Matthew B. Miles & Michael Huberman, J. S. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.
Neuman, L. (2000). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Allyn & Bacon.
Nugroho, R. (2003). Kebijakan Publik Formulasi. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Owen, J. (2006). Program Evaluation: Forms and Approaches. Australia: The Guilford Press.
Parson, W. (2005). Pengantar Teori dan Praktik Kebijakan Publik. Jakarta: Perenada Media.
Patton, M. Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pernantah, P. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMA N 1 Kubu. Pedagogi.
Primanita Sholihah Rosmana, d. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran PTM Terbatas. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Radar Mojokerto. (2022, Juli 7). 490 Pelajar Derita Rabun Jauh, Akibat Belajar Daring Terlalu Lama. Retrieved from Radar Mojokerto: https://radarmojokerto.jawapos.com/berita-daerah/mojokerto/07/07/2022/490-pelajar-derita-rabun-jauh-akibat-belajar-daring-terlalu-lama/
Santosa, P. (2012). Administrasi Publik. Bandung: Refika Aditama.
Satgas Covid. (2022, Februari 17). Tahun 2021 menjadi Pembelajaran Penting Menghadapi Pandemi COVID-19. Retrieved from Satgas Covid: https://covid19.go.id/p/berita/tahun-2021-menjadi-pembelajaran-penting-menghadapi-pandemi-covid-19
Satgas COVID-19. (2022, Februari 17). Peta Sebaran Kasus COVID-19. Retrieved November 13, 2020, from https://covid19.go.id/peta-sebaran
Sepehr Ghazinoory, P. A. (2021). Differences between policy assessment & policy evaluation; a case study on supportive policies for knowledge-based firms. Technological Forecasting & Social Change, 4.
Setijaningrum, E. (2011). Analisis Kebijakan Publik. Surabaya: PT Revka.
SMP Negeri 2 Kota Mojokerto. (2022, Desember 17). Profil Sekolah SMP Negeri 2 Kota Mojokerto. Retrieved from SMP Negeri 2 Kota Mojokerto: https://smpn2mojokerto.sch.id/profil-sekolah/
Subarsono. (2013). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Subarsono, A. (2012). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Belajar.
Supriyanto, D. (2007). Perencanaan dan Evaluasi. Surabaya: Airlangga University Press.
SurabayaPagi.com. (2022, Februari 23). Pembelajaran Daring Kota Mojokerto Dimulai Lagi Kamis Besok. Retrieved from SurabayaPagi.com: https://surabayapagi.com/read/pembelajaran-daring-kota-mojokerto-dimulai-lagi-kamis-besok
Taruna Nusa Harapan. (2022, Desember 17). Sejarah Taruna Nusa Harapan. Retrieved from Taruna Nusa Harapan: https://tnh.sch.id/
Triana, R. W. (2011). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Surabaya: Revka Petra Media.
UNICEF. (2020). Framework for Reopening Schools. UNICEF.
United Nations. (2020, Maret 25). Launch of Global Humanitarian Response Plan for COVID-19. Retrieved November 13, 2020, from https://www.un.org/sg/en/content/sg/press-encounter/2020-03-25/launch-of-global-humanitarian-response-plan-for-covid-19
Wahab, A. (1997). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning dalam PTM Terbatas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development.
WHO. (2020a). Coronavirus. Retrieved November 13, 2020, from https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1
WHO. (2020b). Critical preparedness, readiness and response actions for COVID-19.
WHO. (2022, Februari 17). WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard. Retrieved November 13, 2020, from World Health Organization: https://covid19.who.int/
Wibawa, S. (1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widodo, J. (2011). Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.
Winanti, W. M. (2020). Tata Kelola Penanganan COVID-19 di Indonesia: Kajian Awal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus (Edisi & Revisi Terbaru). Yogyakarta: CAPS.
Yosef Hananto, D. L. (2018). Evaluasi Dampak Kebijakan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif jenjang SMP di Kota Pekalongan. Universitas DIponegoro.
Published
2022-10-20