Determinan Penerapan E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

  • Intan Farikha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Endah Susilowati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: Penerapan E-Filling, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, Persepsi Keamanan Dan Kerahasiaan, Persepsi Kemudahan

Abstract

Indonesia sangat gencar untuk meningkatkan pembangunan nasional. Untuk dapat mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana yang memadai, dibutuhkan banyak perhatian, khususnya di sektor pembiayaan. Masalah pembiayaan menjadi sangat krusial, mengingat dana yang dibutuhkan dalam melaksanakan pembangunan nasional sangat besar untuk pemenuhan penerimaan negara. Salah satu pendapatan terbesar negara adalah dari penerimaan dan pendapatan pajak. Penelitian memiliki tujuan Menguji dan membuktikan secara empiris  apakah persepsi keamanan dan kerahasiaan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak melalui penerapan e-filling. Menguji dan membuktikan secara empiris apakah persepsi kemudahan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak melalui penerapan e-filling.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Menurut Sugiyono menyatakan bahwa penelitian kuantitatif adalah metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan e-filling  mampu memediasi pengaruh persepsi keamanan dan kerahasiaan terhadap kepatuhan wajib pajak. Artinya, adanya penerapan e-filling dalam pelaporan pajak dari wajib pajak mempengaruhi hubungan persepsi keamanan dan kerahasiaan dengan kepatuhan wajib pajak. Penerapan e-filling mampu memediasi pengaruh persepsi kemudahan terhadap kepatuhan wajib pajak. Artinya, adanya penerapan e-filling dalam pelaporan pajak dari wajib pajak tidak mempengaruhi hubungan persepsi kemudahan dengan kepatuhan wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhayati, E. R., & Sulistyowati, E. (2021). PENGARUH PENERAPAN SISTEM E-FILLING DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI INTERNET TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PRIBADI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(2).
Adnyana, I. G. A., & Jati, I. K. (2018). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Penggunaan e-SPT, dan Kualitas Pelayanan Fiskus pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, 25(3), 2129-2154.
Agustina, M. A., & Anim, R. (2018). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan kepuasan terhadap penggunaan e-filing wajib pajak (studi pada pegawai negeri sipil di lingkungan IAIN Surakarta). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.
Alfisyah, N. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK DALAM MENGGUNAKAN SISTEM E-FILLING. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 59-68.
Andi, dan N. D. Sari. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Penggunaan E-Filing Pada Kpp Pratama Serang.
Bagus, I. P. P. & Prena D. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem E - Filing , E - Billing Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak KPP Pratama Denpasar Timur. 18, 56–65.
Brata, dkk. (2017). “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak , Pelayanan Fiskus , Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas Di Kota Samarinda The Effect of Taxpayer Awareness , Fiscal Services , and Tax Sanctions On.” Forum Ekonomi 19(1): 69–81.
Daryatno, A. B. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-filling pada wajib pajak orang pribadi di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 97-106.
Dewi, L. P., & Merkusiwati, N. K. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, E-Filing, dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Dewi S. dan M. Nurchamid. (2018). Pengaruh Penerapan E-filing, E-biling dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Tegalsari.
Ernawati, N. dan Zamrud M. D. (2016). “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing” Jurnal Akuntansi Indonesia, Vol. 5 No. 2 Juli 2016, Hal. 163 – 174.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Kusumaningtyas, I., & Sakti, N. C. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Published
2023-01-30