Pengaruh Variasi Parameter Kecepatan Potong Dan Feeding Terhadap Waktu Pemesinan Pada Pembubutan Poros Bertingkat

  • Kevin Tansir Jurusan Teknologi Industri Program Studi Teknik Mesin, Universitas Tarumanagara
  • Edo Sunardi Jurusan Teknologi Industri Program Studi Teknik Mesin, Universitas Tarumanagara
  • M. Sobron Y M. Sobron Y Jurusan Teknologi Industri Program Studi Teknik Mesin, Universitas Tarumanagara
  • Lubis Rosehan Jurusan Teknologi Industri Program Studi Teknik Mesin, Universitas Tarumanagara
Keywords: bubut, waktu pemesinan, parameter, kecepatan potong, feeding

Abstract

Parameter merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembubutan . Parameter yang baik akan memberikan hasil bubut yang baik dan sesuai dengan keinginan sedangkan parameter yang buruk akan memberikan hasil yang kurang memuaskan dan tidak sesuai dengan yang diinginkan . Menemukan parameter yang sesuai atau parameter rekomendasi merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembubutan karena dengan parameter yang sesuai akan didapatkan kualitas hasil bubut yang diinginkan dan proses pembubutan yang paling ekonomis . Salah satu hal yang sangat mempengaruhi biaya dalam proses pemesinan mesin bubut adalah waktu pemesinan . Di mana dengan waktu pemesinan yang singkat dalam pembuatan produk maka produk yang dapat dihasilkan akan menjadi lebih banyak dan biaya pemesinan dapat di kurangi . Oleh karena itu menemukan parameter rekomendasi yang memiliki waktu pemesinan tersingkat dalam pembuatan produk menjadi hal yang sangat penting. Dalam penelitian ini dilakukan varasi kecepatan potong dan feed untuk mengetahui pengaruh kecepatan potong dan feed terhadap waktu pemesinan dan untuk menemukan rekomendasi parameter yang memiliki waktu pemesinan paling singkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyuta Farizi, Z., Sutikno, Endi, & Sulistyo, Erwin. (n.d.). PENGARUH VARIASI SUDUT POTONG MAYOR DAN FEEDING TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN HASIL PROSES BUBUT TIRUS ALUMINIUM 6061.

Akhmadi, Amin Nur. (2017). Studi Komparasi Nilai Kekasaran Bahan Pada Proses Pembubutan dengan Media Pendingin Dromus dan oli SAE 40 Pada Baja St 37. Nozzle: Journal Mechanical Engineering, 6(2).

Barat, Aswinur. (2015). Analisa Perhitungan Waktu dan Biaya Produksi pada Proses Drilling. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana (LJTMU), 2(2), 1–6.

Fauzi, Ahmad, & Sumbodo, Wirawan. (2021). Pengaruh Parameter Pemakanan Terhadap Kekasaran Permukaan ST 40 pada Mesin Bubut CNC. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 6(1), 46–57.

Gusri, Akhyar, & Suryadiwansa, Harun. (2021). PEMODELAN DAN SIMULASI BAUT ULIR UNTUK PENYAMBUNG TULANG RETAK DARI MATERIAL Ti-6Al-4V ELI.

Jaedun, Amat. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Nugraha, Hari Din. (2020). Perancangan Poros Utama Mesin Bubut Kayu. MESA
(Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Arsitektur), 4(1), 7–12.

Patriadicka, Gerry. (2021). STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI BESARAN SUDUT BUANG DAN SUDUT BEBAS MENGGUNAKAN PAHAT TEPI RATA DENGAN MATERIAL PAHAT HSS TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES PEMBUBUTAN BENDA KERJA PRAKTIKUM MAHASISWA POLMAN BABEL DENGAN MATERIAL BENDA KERJA ST 41. Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Pramudito, Aria. (2013). Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran kompetensi kejuruan standar kompetensi melakukan pekerjaan dengan mesin bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 1–12.

Prasetya, MochammadLatif. (2015). Pengaruh Variasi Feed Rate, Geometri Pahat, dan Cutting Fluid Terhadap Surface Roughness Alumunium 6061 Hasil Proses Turning. Universitas Brawijaya.

Priohutomo, Triono, & Prasetyo, Riyan. (2019). OPTIMASI PROSES PEMESINAN SUDU TURBIN FD FAN TERHADAP WAKTU DAN BIAYA PRODUKSI. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 14(2), 56–67.

Purwono, Edi. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN TERHADAP KINERJA OPERATOR MESIN. Jurnal TEDC, 15(1), 15–24.

Rusnaldy, Rusnaldy. (2009). Proses simulasi untuk menentukan besarnya gaya potong pada proses bubut. ROTASI, 11(1), 29–32.

Sidi, Pranowo, & Wahyudi, Muhammad Thoriq. (2013). Aplikasi metoda taguchi untuk mengetahui optimasi kebulatan pada proses bubut CNC. Jurnal Rekayasa Mesin, 4(2), 101–108.

Susarno, Ardiyan. (2012). Studi Pengaruh Sudut Potong Pahat Hss Pada Proses Bubut Dengan Tipe Pemotongan Orthogonal Terhadap Kekasaran Permukaan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Published
2023-01-25