Fenomena Ghosting di Jejaring Media Sosial (Studi Kasus Perspektif Ghoster Pada Perilaku Ghosting di Aplikasi Berbasis Anonim)

  • Yudha Aribowo Universitas Indonesia
Keywords: Ghosting, Aplikasi Anonim, Akun Anonim, Disolusi, Relasi

Abstract

Fenomena Ghosting di jejaring media sosial saat ini sudah terasa sangat biasa, siapa saja bisa menggunakan strategi pelepasan tersebut sebagai langkah disolusi relasi romantisme yang tengah dijalani ketika hubungan yang semula digambarkan dengan menggunakan identitas anonim dalam sebuah aplikasi, berlanjut ke dalam komunikasi yang lebih intens dan intim melalui media aplikasi messaging, dimana pengguna lebih disarankan menggunakan identitas real sebagai gambaran akun mereka berbeda dengan aplikasi anonim yang memungkinkan pengguna untuk berekspresi menggunakan identitas sebagai anonim. Dalam salah satu asumsi dasar yang ada pada teori penetrasi sosial, hubungan yang mudah diprediksi perkembangannya akan memungkinkan mereka yang terlibat untuk memilih menghilang atau mundur begitu saja sebagai langkah disolusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melibatkan 41 narasumber dengan identitas anonim, teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dengan metode pengisian Googledoc. Hasil penelitian ini menggambarkan sebagai seorang anonim sangat memungkinkan pengguna lain untuk menginterpretasikan gambaran diri dari akun anonim tersebut sebagaimana seperti yang mereka idamkan. Maka ketika hubungan yang telah berlanjut ke dalam tahapan romantisme dan dijalani dalam identitas asli tidak sesuai dengan harapan mereka ataupun melewati batasan privasi yang mereka atur, maka menjadi seorang Ghoster dan melakukan Ghostingadalah pilihan yang paling mudah untuk dilakuan sebagai upaya disolusi hubungan romantisme tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Vogels, E. (2020). About Half of Never-Married Americans Have Used an Online Dating Site or App. March 24. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2020/03/24/the-never-been-married-are-biggest-users-of-online-dating/
Altman, Irwin and Taylor, D. A. (1973). Social Penetration : The Development of Interpersonal Relationship. Rinhart & Winston Inc.
Doering, J. (2010). Face, Accounts, and Schemes in the Context of Relationship Breakups. Symbolic Interaction, 33(1), 71–95. https://doi.org/10.1525/si.2010.33.1.71
Field, T., Diego, M., Pelaez, M., Deeds, O., & Delgado, J. (2010). Breakup Distress and Loss of Intimacy in University Students. Psychology, 01(03), 173–177. https://doi.org/10.4236/psych.2010.13023
Furman, Wyndol., E. al. (1999). The Development of Romantic Relationship in Adolesence. Cambrige University Press.
Kaplan, A. & M. H. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media. Bussines Horizons.
LeFebvre, L. E., Allen, M., Rasner, R. D., Garstad, S., Wilms, A., & Parrish, C. (2019). Ghosting in Emerging Adults’ Romantic Relationships: The Digital Dissolution Disappearance Strategy. Imagination, Cognition and Personality, 39(2), 125–150. https://doi.org/10.1177/0276236618820519
Lenhart, A. & M. D. (2014). Couples, The Internet, And Social Media. February 11. https://www.pewresearch.org/internet/2014/02/11/couples-the-internet-and-social-media/
Moore, P. (2014). Poll Results: Ghosting. October 28. https://today.yougov.com/topics/lifestyle/articles-reports/2014/10/28/poll-results-ghosting
Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia (Edisi. Ketiga). LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Smith, A. (2014). These Are the Couples Who Met and Fell in Love on Social Media. Summer 2014. https://www.theknot.com/content/couples-fell-in-love-social-media
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
West, R. & Turner, L, H. (2013). Pengantar Teori Komunikasi. Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika..
Published
2023-01-25