Faktor-Faktor yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Membeli Produk Pada Fitur Tiktok Shop (Study Pada Pelanggan Tiktok Shop Dikalangan Mahasiswa/I Medan)

  • Zulaiha Hasibuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: TikTok Shop, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen

Abstract

TikTok Shop merupakan sebuah fitur dari aplikasi TikTok yang memudahkan para pengguna TikTok untuk berbelanja. TikTok Shop adalah fitur e-commerce yang bisa digunakan untuk menjual dan membeli produk tanpa melibatkan aplikasi lain. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk pada fitur TikTok Shop terkhususnya pelanggan TikTok Shop dikalangan Mahasiswa/i Medan, selain karena trend, fashion, dan harga, serta kualitas produk. Dan bagaimana kepuasan yang dirasakan konsumen dalam membeli produk pada fitur TikTok Shop.  Metode penelitan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara secara langsung dilapangan agar mendapatkan jawaban yang akurat dan tidak diterka-terka. Responden penelitian adalah Mahasiswa/i Medan yang menjadi pelanggan TikTok Shop. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor yang menjadi Pertimbangan dalam Membeli Produk Pada Fitur Tiktok Shop adalah karena Faktor Kredibilitas, Sistem Promosi, Multifungsi, dan Kemudahan. Untuk hasil dari kepuasan konsumen adalah para pelanggan TikTok Shop merasa senang bisa berbelanja di TikTok Shop karena kebutuhan serta keinginannya terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N. (2018). Perkembangan peserta didik. Deepublish.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Faisal, M. (2019). Perilaku Hangout Generasi Milenial Dalam Membuka Peluang Kerja di Kota Medan.

Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 193–200. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5272

Indrajaya, S. (2016). Analisa Pengaruh Kemudahan Belanja, Kualitas Produk Belanja di Toko Online. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 5(2), 134–141.

Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Martins, P. D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Menggunakan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Online Pada PT Benelli Perkasa Motor Pusat Surabaya. Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.

Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). Pengaruh E-Service Quality , Kesadaran Merek , Kepercayaan , Word Of Mouth , Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop) Pendahuluan Perkembangan sistem operasi ios dan android telah membawa perubahan pa.

Nurdiansyah, A., Pratiwi, A. S., & Kaunaini, N. (2022). Literature Review Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kepuasan Terhadap E-Commerce. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 297–303.

Nuryani, S., Pattiwael, W. P., & Iqbal, M. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif pada Pengguna Aplikasi Tiktokshop. 6(September), 444–451.

Pangesti, R. P. (2021). Implementasi Komunikasi Pemasaran Produk Co-Branding Starcross X Anggur Orang Tua. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131–140.

SARI, D., Madyan, M., & Mahendra, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Ajang Eksistensi Diri (Fenomenologi Penggunaan Tik Tok Pada Mahasiswa UIN Shultan Thaha Saifuddin Jambi). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

STEI INDONESIA. (2017). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.

Ulfa, W. S., Islam, P. E., Surabaya, U. N., Fikriyah, K., Islam, P. E., & Surabaya, U. N. (2022). Volume 5 Nomor 2, Tahun 2022 Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di Tiktok Shop. 5(2019), 106–118.
Published
2022-12-20