Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Petani Dalam Usaha Tani Bawang Merah Di Kabupaten Serdang Bedagai

  • Tsarwah Tsarwah Program Studi Magister Agribisnis Universitas Medan Area
  • Buchari Sibuea Program Studi Magister Agribisnis Universitas Medan Area
Keywords: Faktor Intrinstik, Faktor Eksterinstik, Motivasi Petani

Abstract

Motivasi petani dibantu oleh pengaruh internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri individu sedangkan eksternal berasal dari luar individu itu sendiri. Usia, pendidikan formal, pengalaman bertani, skala perusahaan, dan jumlah tanggungan dalam keluarga semuanya menjadi pertimbangan internal. Lingkungan sosial, situasi ekonomi, dan kebijakan pemerintah merupakan contoh variabel eksternal. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 55 orang responden yang terdiri dari laki-laki. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan pemberian kuesioner melalui studi lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis linier sederhana dengan program software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi petani diperoleh nilai tstatistik sebesar 19,370>ttabel 1.67412 dengan nilai P-Values sebesar 0,00<0,05. (2) Faktor Ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi petani diperoleh nilai tstatistik sebesar 0,545 < ttabel 1.67412 dengan nilai P-Values sebesar 0,586 > 0,05. (3) Berdasarkan hasil evaluasi inner model melalui R-Square variabel faktor instrinsik usahatani dan variabel faktor ekstrinsik usahatani memberikan pengaruh sebesar 0,915 atau 91,5% terhadap variabel motivasi petani dan sisanya 8,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model regresi penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, Herve, & Williams, Lynne J. (2013). Partial Least Squares Methods: Partial Least Squares Correlation And Partial Least Square Regression. In Computational Toxicology (Pp. 549–579). Springer.

Abdulgani, Fuad. (2020). Sang Pemburu Dalam Jerat Kerja Upahan: Investigasi Moda Produksi Dalam Proses Industrialisasi Sagu Di Papua Barat. Wacana: Jurnal Transformasi Sosial, 38.

Ardi, Muhammad Ramadhani, & Effendi, Midiansyah. (2018). Faktor-Faktor Yang Memotivasi Petani Dalam Melakukan Usahatani Semangka (Citrullus Vulgaris S.) Di Desa Sumber Sari Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Agribisnis Dan Komunikasi Pertanian, 1(2), 98–103.

Bahua, Mohamad Ikbal. (2016). Kinerja Penyuluh Pertanian. Deepublish.
Bangun, Rita Herawaty. (2020). Determinan Peningkatan Pembangunan Manusia Di Sumatera Utara. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(1), 32–39.

Basmar, Edwin, Purba, Bonaraja, Nugraha, Nur Arif, Purba, Elidawaty, Krisnawati, Lina, Damanik, Darwin, Hariyanti, Anies Indah, Banjarnahor, Astri Rumondang, Elistia, Elistia, & Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Perekonomian Dan Bisnis Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Budiono, Ahmad, Nangameka, Yohanes, & Puryantoro, Puryantoro. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Petani Dalam Berusaha Tani Cabe Rawit Di Desa Selowogo Kecamatan Bungatan. Jpm: Jurnal Purnama Media, 1(2), 78–88.

Fathussyakir, Muhammad, Meutia, Meutia, & Heriani, Heriani. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Smk Kota Bima Dengan Motivasi Sebagai Intervening. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2).

Hendra Nadeak, Tonny Hendra. (2018). Motivasi Petani Terhadap Alih Fungsi Komoditi Padi Gogo Menjadi Tanaman Jagung Di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. Agriprimatech, 2(1), 38–46.

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hidayat, Aziz Alimul. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.

Nuryanti, Sri, & Swastika, Dewa Ketut Sadra. (2011). Peran Kelompok Tani Dalam Penerapan Teknologi Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 29(2), 115–128.

Pratita, Bernadeta Wahyu Astri, Pratikto, Heri, & Sutrisno, Sutrisno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan Di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 497–503.

Putra, Muhammad Rizky Mulyana. (2019). Pengaruh Modernisasi Administrasi Pajak Dan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega). Universitas Komputer Indonesia.

Rachmawati, Rika Reviza. (2021). Smart Farming 4.0 Untuk Mewujudkan Pertanian Indonesia Maju, Mandiri, Dan Modern.

Ramdhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rosyid, Zeinur. (2021). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Petani Dalam Berusahatani Tebu (Studi Kasus Di Desa Kertosari Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo). Agribios, 19(1), 15–28.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.

Tekle, Guesh. (2015). Growth, Yield And Quality Of Onion (Allium Cepa L.) As Influenced By Intra-Raw Spacing And Nitrogen Fertilizer Levels In Central Zone Of Tigray, Northern Ethiopia. Haramaya University.

Tohari, Amin, & No, Jl K. H. Achmad Dahlan. (2018). Pemodelan Derajat Kesehatan Menggunakan Structural Equation Modeling Di Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 10(2), 1–6.

Zikri, Wahyudi. (2020). Analisis Efektivitas Komunikasi Program Sl-Ptt (Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu) Usahatani Padi Di Desa Pulau Birandang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Agribisnis S2.
Published
2022-12-25