Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembudayaan Kerukunan Umat Beragama di SMA Negeri 1 Pemenang Kabupaten Lombok Utara

  • Iwan Suyadi Fakultas Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kerukunan Umat Beragama

Abstract

Tesis ini membahas kepemimpinan kepala sekolah dalam pembudayaan kerukunan umat beragama di SMAN 1 Pemenang. Tujuan penelitian, untuk mengetahui tipologi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembudayaan umat beragama di SMA Negeri 1 Pemenang, Untuk mengetahui bentuk dan strategi pembudayaan umat beragam bagi siswa SMA Negeri 1 Pemenang, untuk mengetahui budaya kerukunan beragama siswa SMAN 1 Pemenang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan data yang dilakukan melalui tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMAN 1 Pemenang sampai saat ini rata-rata masih mempertahankan tardisi kerukunan, strategi yang ditempuh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas budaya kerukunan yaitu menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, mendorong semangat pendidik agar terus meningkatkan budaya kerukunan. Implikasi penelitian ini adalah kepada kepala sekolah agar senantiasa berusaha meningkatkan strategi kepemimpinan, memperbaiki manajemen strategi untuk terus meningkatkan kualitas pendidik agar pendidik menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dalam proses pembelajaran, sehingga dapat tercapai budaya kerukunan yang selalu menjaga keharmonisan antar umat beragama di SMAN 1 Pemenang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran Guru Dan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Sma Negeri 3 Yogyakarta. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123.Goole Scholar

Anwar, S. (2015). Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Lingkungan Sekolah Yang Religius Di Sman 3 Bandung. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Goole Scholar

Arliman, L. (2018). Memperkuat Kearifan Lokal Untuk Menangkal Intoleransi Umat Beragama Di Indonesia. Ensiklopedia Of Journal, 1(1), 85–90. Goole Scholar

Hadi, S., & Bayu, Y. (2021). Membangun Kerukunan Umat Beragama Melalui Model Pembelajaran Pai Berbasis Kearifan Lokal Pada Penguruan Tinggi. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 23–36. Goole Scholar

Harjianto, H., Mukaromah, I. D., & Permana, B. I. (2020). Kehidupan Masyarakat Multi Agama Desa Bulurejo Purwoharjo Banyuwangi Dalam Membangun Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 168–173. Goole Scholar

Harun, H. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pendidikan Berbasis Multikultural Di Smk Negeri 3 Seluma. Iain Bengkulu. Goole Scholar

Janah, N. (2016). Merumuskan Kembali Teologi Hubungan Lintas Agama Di Tengah Pengalaman Kemajemukan (Sebuah Pendekatan Terhadap Ayat Makkiyyah Dan Madaniyyah). Jurnal Tarbiyatuna, 7(1), 119–143. Goole Scholar

Marhaeni, S. S. (2017). Hubungan Pancasila Dan Agama Islam Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jppkn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1). Goole Scholar

Mukhtar, M. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 93917. Goole Scholar

Nopitasari, W. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pluralisme Agama Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Bengkulu. Iain Bengkulu. Goole Scholar

Prabowo, T. R. Y. S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Seorang Perwira Dalam Mengoptimalkan Fungsi Alat Keselamatan Kerja Di Mv. Glovis Desire. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Goole Scholar

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1–228. Goole Scholar

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal Of Teaching And Learning (Cjotl), 1(2), 159–168. Goole Scholar

Tiyan, A. S. (2017). Pemikiran Nurcholish Madjid Tentang Dakwah Inklusif. Al-Qolam: Jurnal Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 27–57. Goole Scholar

Ungirwalu, S. M. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Kampung Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan (Studi Di Kampung Wasur Distrik Merauke). Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial “Societas”, Issn. Goole Scholar

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jmksp (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342. Goole Scholar
Published
2022-12-20