Efektivitas Penerapan Absensi Sidik Jari (Fingerprint) Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMP Negeri 6 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat

  • Andy Kisman Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat
Keywords: Efektivitas, Fingerprint, Disiplin Guru

Abstract

Efektivitas adalah keaktifan, daya guna, adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan orang yang melakukan tugas dengan sasaran yang dituju. Efektivitas pada dasarnya menunjukkan pada taraf tercapainya hasil, saring atau senantiasa dikaitkan dengan pengertian efisien, meskipun sebenarnya ada perbedaan diantara keduanya. Efektivitas menekankan pada hasil yang dicapai, sedangkan efisiensi lebih melihat pada bagaiman cara mencapai hasil yang dicapai itu dengan membandingakan antara input dan output. Efektivitas penerapan absensi sidik jari (fingerprint) dalam meningkatatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 6 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat mendekati efektif disebabkan dapat merubah pola perilaku para guru dalam meningkatkan disiplin kerja yang dilihat dari persentese kehadiran pada hari kerja kendati demikian masih terdapat oknum guru yang melakukan penyelewengan disiplin kerja dengan alasan-alasan tertentu namun diringi juga dengan peningkatan pelayanan pada siswa/siswi maupun wali murid yang berkepentingan ke SMP Negeri 6 Seteluk.  Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 6 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat dengan menggunakan metode penelitian jenis deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sedangkan subjek penelitian adalah para guru di SMP Negeri 6 Seteluk, staf operator absensi sidik jari (fingerprint) SMP Negeri 6 Seteluk, staf operator absensi sidik jari (fingerprint) BKD untuk wilayah Kecamatan Seteluk, serta wali murid atau anggota komite SMP Negeri 6 Seteluk, dengan objek penelitian adalah perilaku maupun peristiwa yang terjadi di SMP Negeri 6 Seteluk yang berkaitan dengan efektivitas penerapan absensi sidik jari (fingerprint). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, sedangkan analisisi data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil temuan di lapangan dapat dilaporkan adalah kriteria atau indikator daripada efektivitas penerapan absensi sidik jari (fingerprint) dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMP Negeri 6 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat sebagai berikut: a) efektifitas pencapaian target, b) kemampuan adaptasi, c) kepuasan kerja, dan d) tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfitri, U. M. (2021). Analisis Karakter Mandiri Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bantan Kab. Bengkalis. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 1018–1035.

Dewi, R. A. (2018). Efektivitas Absensi Finger Print Terhadap Disiplin Aparatur Sipil Negara (Asn). Stia Dan Manajemen Kepelabuhanan Barunawati Surabaya.

Effendi, P. (2016). Netralisasi Pegawai Negeri Sipil Sebagai Aparatur Negara Dalam Sistem Pemerintahan Di Indonesia. Jurnal Pro Hukum: Jurnal Penelitian Bidang Hukum Universitas Gresik, 5(2).

Gandhi, M. A. (2017). Penerapan Absensi Finger Print Dalam Mendisiplinkan Kerja Pegawai Di Sekolah Menengah Kejurujan (Smk) Sekolah Menengah Tekhnik Industri (Smti) Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.

Gifelem, K., Mangantar, M., & Uhing, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penerapan Model Absensi Fingerprint Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Sekretaanalisis Efektivitas Penerapan Model Absensi Fingerprint Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Sekretariat . Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 900–906.

Ilmi, H. M. (2022). Penerapan Fingerprint Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Di Instansi Dkcs Kabupaten Probolinggo. Repository. Upm. Ac. Id, 1–13.

Indriyani, A., Saefulloh, M., & Riono, S. B. (2020). Pengaruh Diklat Kependidikan Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kualitas Guru Di Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7).

Manan, M. A., & Mahmudi, M. (2022). Analisa Fingerprint Dan Implementasi Kebijakan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Smk Ibrahimy 1 Dan Mts. Salafiyah Syafi’iyah Putra Sukorejo. Jppi (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 6(2), 91–100.

Marhendi, M., & Garmayu, P. (2021). Implementasi Disiplin Aparatur Sipil Negara Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Focus: Jurnal Of Law, 1(2), 71–81.

Marpaung, N. L. (2019). Analisis Penggunaan Aplikasi Ams Pada Fingerprint Di Jaringan Lan Lpp–Rri Pekanbaru. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1.1), 45–50.

Pranowo, W. (2020). Efektifitas Penerapan Absensi Finger Print Dalam Mendisiplinkan Pegawai Di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbarupranowo, W. (2020). Efektifitas Penerapan Absensi Finger Print Dalam Mendisiplinkan Pegawai Di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. U. Universitas Islam Riau.

Stpl, A. A. S. R. (2019). Upaya Peningkatan Disiplin Aparatur Sipil Negara (Asn) Menggunakan Sistem Absensi Sidik Jari (Fingerprint) Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Syadiyah, T. N., & Jumino, J. (2020). Arsip Sebagai Dokumen Pendukung Untuk Pengajuan Hak Kekayaan Intelektual Batik Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 189–198.
Syamsuddin, E. (2021). Pengembangan Pembinaan Profesi Dan Kode Etik Perekayasa. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(07), 1–15.

Utari, L. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Disiplin Dan Sikap Jujur Dalam Keterampilan Memecahkan Masalah Pada Siswa. Fkip Unpas.
Published
2022-12-20