Pengaruh Kepemimpinan Pembelajar Dan Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Smk Swasta Pada Masa Pandemi Se-Korwil Iii Kabupaten Bandung

  • Weindiani Weindiani Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kepemimpinan Pembelajar, Kompetensi Pedagogik Guru, Sistem Penjaminan Mutu Internal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran analisis mengenai Pengaruh Kepemimpinan Pembelajar dan Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMK Swasta Pada Masa Pandemi Se-Korwil III Kabupaten Bandung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik survey melalui analisis korelasi dan regresi, terhadap 30 responden guru SMK Swasta Se-korwil wilayah Kabupaten Bandung. Hasil temuan penelitian adalah : kepemimpinan pembelajar kepala sekolah dalam merencanakan mutu pendidikan secara internal untuk mencapai kompetensi pedagogik guru sudah berjalan dengan baik dengan ditunjukkannya kemampuan kepemimpinan kepala sekolah dalam membimbing guru untuk menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas, menjadi narasumber yang baik bagi para staf dan guru, menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif, mengkomunikasikan visi dan misi sekolah terhadap staf begitupun dengan warga sekolah, mendorong guru dan staf dalam meningkatkan profesionalitas dalam siswa dan kegiatan pembelajaran, serta menunjukkan sikap yang menginspirasi bagi warga sekolah. Kepemimpinan pembelajar berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru diperoleh hubungan sebesar 39,9 % termasuk kategori rendah, Sistem Penjaminan Mutu Internal berengaruh terhadap kompetensi pedagogic guru diperoleh hubungan sebesar 89,0% termasuk kategori tinggi, sedangkan pengaruh kepemimpinan pembelajar dan sistem penjaminan mutu internal terhadap kompetensi pedagogik guru diperoleh hubungan sebesar 73% termasuk kategori tinggi. Hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajar dan sistem penjaminan mutu internal berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru untuk mencapai tujuan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui kepemimpinan pembelajar dan pengendalian mutu dengan memberikan motivasi, kompensasi dan tingkat pendidikan yang secara teoritis dapat mempengaruhi kemampuan kompetensi pedagogik guru.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon, R. (2010). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika, Cetakan Kedua. Alfabeta. Bandung.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121–134.

Lunenburg, F., & Irby, B. (2005). The Principalship: Vision To Action. Cengage Learning.

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51.

Muhammad, F. I., & Aziz, Y. M. A. (2020). Implementasi Kebijakan Dalam Mitigasi Bencana Banjir Di Desa Dayeuhkolot. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(1), 52–61.

Muliawati, T. (2020). Pengaruh Dimensi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Kompetensi Guru Sma Swasta Di Sma Istiqamah Margacinta Bandung. Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). Kinerja Kepala Sekolah Kinerja Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 634–644.

Rahmi Maulida, H. (2022). Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Di Sdn Pangarangan Iii Kec. Kota Sumenep Kab. Sumenep. Jurnal Magister, 9(21), 1–9.

Siagian, S. P. (1978). Filsafat Administrasi. Gunung Agung.

Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Cv. Alvabeta.

Sukardi, H. M. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 157.

Sukmawati, C., & Herawan, E. (2016). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Komitmen Guru Dan Mutu Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Suryana, S. (N.D.). Kepemimpinan Pembelajaran Dan Capacity Building Dalam Mutu Kinerja Mengajar Guru Sd. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 198–213.

Usman, H. (2013). Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan Edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
2023-01-27