Pola Sebaran Reservoir Tikus dan Deteksi Serotipe Bakteri Leptospira di Kota Kendari

  • Andy Arasy Jurusan Kesehatan Lingkungan, Universitas Dipenogoro
Keywords: Leptospira, zoonosa, demam tikus

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang berada di Posisi Asia Tenggara yang sampai saat ini masih bermasalah dengan penyakit tular vector, atau yang kita kenal dalam istilah Vektor Borne Disease. Tidak jarang kejadian penyakit ini pada daerah tertentu masih terjadi secara tiba tiba dan paling buruk dapat mengakibatkan kematian dengan jumlah kasus yang tinggi. Hal ini merupakan imbas dari belum baiknya upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Leptospirosis merupakan  penyakit zoonosa yang disebabkan oleh infeksi bakteri berbentuk spiral dari genus Leptospira yang pathogen, yang ditularkan secara langsung dan tidak langsung dari hewan ke manusia. Definisi penyakit zoonosa (zoonosis) adalah penyakit yang secara alami dapat ditularkan dari hewan vertebrata ke manusia atau sebaliknya, yang diduga paling luas penyebarannya di dunia di dikenal dengan istilah “demam tikusâ€, Karena  mahalnya alat pemeriksaan dan sulitnya diagnosis klinis sehingga penyakit leptospirosis banyak yang tidak dilaporkan. Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui analisis spasial sebaran reservoir tikus yang positif bakteri leptospira dan jenis serotipenya di di Kelurahan Sanua,  Kelurahan Sedoa  dan Kelurahan Dapu-Dapura dI Kota Kendari Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, I. Gusti Ngurah Handre Ari. (2021). Aplikasi Multimedia Pengenalan Penyakit Leptospirosis Berbasis Android.

Amien, Muhammad Firdaus Noor. (2017). PERILAKU PENCEGAHAN RESIKO LEPTOSPIROSIS PADA PETANI DI KELURAHAN PENGGARON LOR SEMARANG. Muhammadiyah University of Semarang.

Anwar, Muhammad Rifaldi. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERADAAN BAKTERI LEPTOSPIRA PADA AIR DAN TIKUS DI DAERAH RAWAN BANJIR KOTA MAKASSAR. Universitas Hasanuddin.

Ardanto, Aryo, Yuliadi, Bernadus, Martiningsih, Ika, Putro, Dimas Bagus Wicaksono, Joharina, Arum Sih, & Nurwidayati, Anis. (2018). Leptospirosis pada tikus endemis Sulawesi (Rodentia: Muridae) dan potensi penularannya antar tikus dari Provinsi Sulawesi Selatan. BALABA: JURNAL LITBANG PENGENDALIAN PENYAKIT BERSUMBER BINATANG BANJARNEGARA, 135–146.

Asril, Muhammad, Ginting, Makhrani Sari, Suyono, Suyono, Arsi, Arsi, Septariani, Dwiwiyati Nurul, Risnawati, Risnawati, Joeniarti, Elika, Adiwena, Muh, Pradana, Ankardiansyah Pandu, & Susanti, Yuliana. (2022). Pengantar Perlindungan Tanaman. Yayasan Kita Menulis.

Ginting, Grace Karina Rim Br. (2022). FAKTOR LINGKUNGAN, PERILAKU PERSONAL HYGIENE DAN PEMAKAIAN APD TERHADAP KEJADIAN LEPTOSPIROSIS. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 6(2).

Kesuma, A. P., Mulyono, A., & Rokhmad, M. F. (2022). POTENSI PENULARAN LEPTOSPIROSIS DAN HANTAVIRUS PADA MANUSIA DI KALIMANTAN BARAT. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 66–72.

Musbir, Ardalif Lulhaq. (2022). Identifikasi Bakteri Leptospira. Sp dan Analisis Spasial Keberadaan Tikus pada Tiga Area Pemondokan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Kota Makassar= Identification Leptospira Sp Bactery and Spatial Analysis of the Presence of Rats in Three Student Housing. Universitas Hasanuddin.

Nugroho, Arief, Martiningsih, Ika, Hidayati, Nur, Muhidin, Muhidin, & Ristiyanto, Ristiyanto. (2019). Analisis Spasial Tikus Positif Leptospira Patogenik dan Jenis Habitatnya di Provinsi Papua Barat. BALABA: JURNAL LITBANG PENGENDALIAN PENYAKIT BERSUMBER BINATANG BANJARNEGARA, 23–32.

Pertiwi, Bdan Maisyaroh S. (2014). Faktor Lingkungan yang Berkaitan dengan Kejadian Leptospirosis di Kabupaten Pati Jawa Tengah Tahun 2014. Tesis.

Rejeki, Dwi Sarwani Sri. (2005). Faktor Risiko Lingkungan Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Leptospirosis Berat. Universitas Diponegoro Semarang, 1–129.

Rohman, Ahmad Furqon Nur, Utomo, Budi, & Firdaust, Mela. (n.d.). EKSPLORASI BAKTERI LEPTOSPIRA PADA TIKUS DI DAERAH LEPTOSPIROSIS DI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.

Sumampouw, Oksfriani Jufri. (2017). Pemberantasan Penyakit Menular. Deepublish.

Sumunar, Dyah Respati Suryo. (2009). Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Perkiraan Kejadian Luar Biasa Penyakit Demam Berdarah Dengue di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 14(2).

Wahyuni, Denai, Makomulamin, S. K. M., & Sari, Nila Puspita. (2021). Buku Ajar Entomologi Dan Pengendalian Vektor. Deepublish.

Yudhastuti, Ririh. (2020). Pengendalian Penyakit yang Ditularkan Binatang. Zifatama Jawara.
Published
2023-01-27