Pengaruh Intellectual Capital dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan

  • Rizqita Nur Fadhilah Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Zulfikar Zulfikar Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Modal Intelektual, Tata Kelola Perusahaan, Kinerja Keuangan

Abstract

Pada era saat ini perekonomian dunia berkembang sangat pesat, ditandai dengan kemajuan teknologi informasi, persaingan yang ketat, dan pertumbuhan inovasi yang menyebabkan banyak perusahaan mengubah cara berbisnis. Perusahaan di bidang perbankan harus mampu bertahan menghadapi para pesaing sehingga dituntut untuk mengubah bisnisnya dari bisnis berbasis tenaga kerja menjadi bisnis berbasis pengetahuan. Seiring dengan perubahan ekonomi yang memiliki ciri-ciri berbasis ilmu pengetahuan ekonomi dengan penerapan manajemen pengetahuan, kemakmuran perusahaan tergantung pada penciptaan transformasional dan kapitalisasi pengetahuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan deskriftif. Metode deskriptif adalah metode dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan karakteristik variabel yang diteliti dalam suatu situasiJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan deskriftif. Metode deskriptif adalah metode dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan karakteristik variabel yang diteliti dalam suatu situasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka kesimpulan pada penelitian ini adalah Intellectual capital tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan Perbankan Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2016-2021. Kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan Perbankan Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2016-2021. Kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan Perbankan Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2016-2021. Proporsi dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan Perbankan Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2016-2021. Komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan Perbankan Syariah yang terdaftar di OJK tahun 2016-2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiouni, Fida. (2007). Human resource management and knowledge management: a road map toward improving organizational performance. Journal of American Academy of Business, 11(2), 124–130.

Chen, Ming‐Chin, Cheng, Shu‐Ju, & Hwang, Yuhchang. (2005). An empirical investigation of the relationship between intellectual capital and firms’ market value and financial performance. Journal of Intellectual Capital.

Eksandy, Arry. (2018). Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan pada perbankan syari’ah Indonesia. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 5(1), 1–10.

Garcia, Rosanna, & Calantone, Roger. (2002). A critical look at technological innovation typology and innovativeness terminology: a literature review. Journal of Product Innovation Management: An International Publication of the Product Development & Management Association, 19(2), 110–132.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Octosiva, Feilicia, Theresia, Meilisa, & Hidayat, Athalia Ariati. (2015). Pengaruh independensi, kompetensi, dan partisipasi dewan komisaris terhadap kinerja keuangan perusahaan. Studi Akuntansi & Keuangan Indonesia, 210–231.

Pulic, Ante. (1998). Measuring the performance of intellectual potential in knowledge economy. 2nd McMaster Word Congress on Measuring and Managing Intellectual Capital by the Austrian Team for Intellectual Potential, 1–20. McMaster University, Hamilton.

Rahman, Md Musfiqur, Sobhan, Raihan, & Islam, Md Shafiqul. (2019). Intellectual capital disclosure and its determinants: Empirical evidence from listed pharmaceutical and chemical industry of Bangladesh. Asian Journal of Business Environment, 9(2), 35–46.

Situmorang, Christina Verawaty, & Simanjuntak, Arthur. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 5(2), 160–169.

Sugiyono, Dr. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sulistyanto, Sri, & Lidyah, Rika. (2002). Good Governance: antara idealisme dan kenyataan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis FE UAJY, 14.

Ulum, Ihyaul, Ghozali, Imam, & Purwanto, Agus. (2014). Konstruksi model pengukuran kinerja dan kerangka kerja pengungkapan modal intelektual. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (JAMAL), 5(3), 380–392.

Usman, Halim, & Mustafa, Sri Wahyuni. (2019). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Pasar Perusahaan yang Listed di Jakarta Islamic Index. AkMen Jurnal Ilmiah, 16(4), 529–535.

Wibowo, Eko, & Sabeni, Arifin. (2013). Analisis value added sebagai indikator intellectual capital dan konsekuensinya terhadap kinerja perbankan. Diponegoro Journal of Accounting, 27–40.

Zhuang, Juzhong, Edwards, David, & Capulong, Ma Virginita A. (2001). Corporate Governance & Finance in East Asia: A Study of Indonesia, Republic of Korea, Malaysia, Philippines and Thailand. Asian Development Bank.
Published
2023-01-30