Kemandirian Belajar Orang Dewasa Peserta Pelatihan Penguji Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan di Bapelkes Dinas Kesehatanprovinsi Riau

  • Devi Susanti Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Indonesia
  • Tin Gustina Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Indonesia
Keywords: Dewasa, experiential learning, pembelajaran

Abstract

Di tengah arus globalisasi dan informasi serta kemajuan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, ada hal yang perlu mendapat perhatian adalah mengenai konsep pendidikan untuk orang dewasa.  Tidak sedikit orang dewasa yang harus mendapat pendidikan, baik pendidikan informal maupun non formal, misalnya dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), ketrampilan, kursus- kursus, penataran dan sebagainya. Masalahnya yang sering muncul adalah bagaimana kiat dan strategi membelajarkan orang dewasa. Penelitian ini dilakukan dengan Experiential learning  yang didefinisikan sebagai proses belajar yang pengetahuannya diperoleh dari sebuah bentuk pengalaman, yang menggabungkan pemahaman dengan kegiatan yang dilakukan. Pada metode experiential learning ini, media pembelajaran yang digunakan adalah pengalaman tiap-tiap individu yang menjalankannya. Dari penelitian ini diketahui bahwa, pembelajaran orang dewasa merupakan suatu proses penemuan (pengetahuan, ketrampilan, dan sikap) spanjang hayat terhadap sesuatu yang dibutuhkan dan diperlukan untuk keprofesionalannya dalam bekerja dibidang kesehatan, prosesnya tidak di dasarkan pada pertimbangan fasilitator, akan tetapi didasarkan pada kepentingan peserta pelatihan sebagai orang dewasa yang sedang belajar. Karakteristik pembelajaran orang dewasa adalah konsep untuk mengembangkan 4 hal pokok antara lain, konsep diri, peranan pengalaman, kesiapan belajar dan orientasi belajar. Implikasinya dalam proses pembelajaran antara lain diperlukan pengaturan lingkungan fisik, lingkungan sosial dan psikologis, diagnosis kebutuhan belajar, perencanaan yang matang, tujuan belajar yang jelas, model belajar yang partisipatif, materi dan tehnik pembelajaranya disesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan fisiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, Rahmi Dwi, Indrawati, Indrawati, & Mahardika, I. Ketut. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery (GD) disertai Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPA (Fisika) di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 397–403.

Bartin, Tasril. (2006). Pendidikan orang dewasa sebagai basis pendidikan non formal. Jurnal Teknodik, 156–173.

DARMADI, D. R. HAMID, & Pd, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.

Ginting, Monika Nina K., & Azis, Azhar. (2014). Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Manajemen Waktu dengan Motivasi Menyelesaikan Studi. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 91–97.

Hendri, Nofri. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–29.

Karwati, Lilis. (2016). Prinsip Andragogi Pada Performasi Tutor Program Pendidikan Luar Sekolah. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 1(1).

Kurniati, Ike, Malik, Amit Saepul, Maslachah, Arum, Muchtar, Hendi Suhendraya, & Sulastini, Rita. (2022). Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran Di Institut. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(1), 46–51.

Latipah, Eva. (2017). Pengaruh strategi experiential learning terhadap self regulated learning mahasiswa. Humanitas, 14(1), 41.

Malik, Halim. (2008). Teori belajar andragogi dan aplikainya dalam pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).

Mu’minin, Himayatul. (2017). Andragogi; Pendidikan Seumur Hidup. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–27.

Murwati, Hesti. (2012). Pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap motivasi kerja dan kinerja guru di smk negeri se-Surakarta.

Ramadhani, Yulia Rizki, Tanjung, Rahman, Saputro, Agung Nugroho Catur, Utami, Nisa Rahmaniyah, Purba, Pratiwi Bernadetta, Purba, Sukarman, Kato, Iskandar,

Gumelar, Ganjar Rahmat, Cecep, H., & Darmawati, Darmawati. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sihombing, Erlina. (2019). Konsep dan Strategi Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6(2).

Sunhaji, Sunhaji. (2013). Konsep pendidikan orang dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–11.

Suryana, Dadan. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Published
2023-01-30