Analisis Waktu dan Umur Pahat Karbide Pembubutan Pembuatan Tool Holder Material Mild Steel

  • Septian Calvin Sasiang Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara
  • Sobron Lubis Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara
  • Rosehan Rosehan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara
Keywords: CNC Bubut, Mild Steel S45c, Waktu Permesinan CNC Bubut, Umur Pahat

Abstract

Mesin CNC Bubut merupakan mesin yang digunakan dalam industri manufaktur untuk menghasilkan komponen untuk sektor teknik dalam jumblah besar dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu proses pembuatan tool holder dan juga untuk mengetahui waktu dari umur pahat. Penelitian ini menggunakan cutting speed 190 m/menit, 180 m/menit, dan 170 m/menit, feed rate 0,3 mm/putaran, depth of cut 0,7 mm. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan untuk waktu pembuatan tool holder adalah 7:25 dan penggunaan pahat yang diperlukan untuk pembuatan satu tool holder adalah 1 buah. Nilai Ra yang didapatkan juga sangat berpengaruh dengan umur pahat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris Munandar, M. Tantowi. (2020). Efektifitas Kinerja Mesin Cnc 5 Axis Portable Karya Mahasiswa Terhadap Mesin Milling Konvensional. Universitas Pancasakti.

Budiyanto, Eko, & Yuono, Lukito Dwi. (2021). Proses Manufaktur. Eko Budiyanto.

Bukhori, Imam. (2020). Perawatan Mesin Cnc Tipe Intermato Seri Wn20-T4 Untuk Menekan Downtime Yang Berpengaruh Pada Produktifitas Hasil Produksi Velg Di Pt. Prima Alloy Steel Universal Tbk. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Indriastiningsih, Erna, & Nugroho, Muhammad Hafid Ridlo. (2017). Analisis Perbaikan Kinerja Mesin Cnc Haas Tm-3 Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness Pada Departemen Workshop Pt. Xyz. Tekinfo: Jurnal Ilmiah Teknik Industri Dan Informasi, 6(1), 23–36.

Lubis, M. Sobron Yamin, & Rosehan, Yoel Budiman. (N.D.). Studi Kinerja Mata Pahat Keramik Pada Pemesinan Kering Baja Karbon Tinggi (Aisi 4340).

Lubis, Sobron. (N.D.). Keausan & Umur Pahat Keramik Alumina Pada Proses Pembubutan Baja Aisi D2.

Maulida, Indriani. (2016). Peran Tenaga Kerja Indonesia Dalam Pembangunan Ekonomi Gema Keadilan Edisi Jurnal. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, Vol. 3, No, Pp. 74-85.

Maulidana, Muhammad Arif. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Daging Ayam (Studi Pada Konsumen Toko H. Budi Di Lumajang).

Nurlina, Nila, Bisono, Rahayu Mekar, & Irawan, Dani. (2020). Pengaruh Variasi Temperature Dan Holding Time Pack Carburizing Menggunakan Media Arang Serbuk Gergaji Kayu Jati Terhadap Peningkatan Sifat Mekanis Baja Karbon Rendah Untuk Material Pisau. Jurnal Technopreneur (Jtech), 8(2), 129–134.

Poul, Keven, Lubis, M. Sobron Y., & Ariyanti, Silvi. (2022). Analis Numerik Sifat Mekanik Bahan Abs & Komposit Serat Bambu Aplikasi Pada Komponen Adjuster Seat Mobil. Jurnal Penelitian Dan Aplikasi Sistem Dan Teknik Industri (Pasti), 16(1), 14–26.

Rasmikayati, Elly, Pardian, Pandi, Hapsari, Hepi, Ikhsan, Risyad M., & Saefudin, Bobby Rachmat. (2017). Kajian Sikap Dan Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk Dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117–133.

Sastal, Angga Zeptiawan, Gunawan, Yuspian, & Sudia, Budiman. (2018). Pengaruh Kecepatan Potong Terhadap Perubahan Temperatur Pahat Dan Keausan Pahat Bubut Pada Proses Pembubutan Baja Karbon Sedang. Enthalpy-Jurnal Ilm. Mhs. Tek. Mesin, 3(1), 1–11.

Siregar, Nurhayani, Sahirah, Rafidatun, & Harahap, Arsikal Amsal. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal Of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Valentino, Rivando, & Lubis, Shobron. (2021). Analisis Korelasi Parameter Pemotongan Proses Pembubutan Grey Cast Iron Menggunakan Metode Anova. Jurnal Syntax Admiration, 2(2), 316–330.
Published
2023-01-30