Mini Project Analisis Tingkat Pengetahuan Kader Kesehatan Tentang Pendampingan Ibu Hamil Dengan Pre Eklampsia di Kabupaten Lumajang

  • Hani Setiawati Fakultas Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember
  • Bayu Sukma Fakultas Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember
Keywords: Angka Kematian Ibu, Pre Eklampsia, Ibu Hamil Resiko Tinggi

Abstract

Menurut WHO (2019) Angka Kematian Ibu (maternal mortality rate) merupakan jumlah kematian ibu akibat dari proses kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan yang dijadikan indikator derajat kesehatan perempuan. Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu target global Sustainable Development Goals (SDGs) dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) menjadi 70 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2030. Pemerintah dalam upaya menurunkan angka kematian ibu selalu berproses untuk mencari solusi efektif dengan melibatkan peranan kader. Jika kita telusuri kematian ibu dengan Pre Eklampsia biasanya disebabkan deteksi dini yang tidak tepat, minimnya pengetahuan tata laksana penanganan ibu hamil dengan Pre Eklampsia, perencanaan persalinan yang kurang baik serta keputusan rujukan yang terlambat. Dari penyebab di atas perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanganan komprehensif antara tenaga kesehatan, kader, ibu hamil yang selalu beriringan dan kolaboratif. Bentuk inovasi yang efektif dalam pelibatan semua unsure ini disebut pendampingan Ibu Hamil Resiko Tinggi (Bumil Resti). Tujuan penelitian ini ialah ntuk mengetahui tingkat pengetahuan kader kesehatan tentang pendampingan dan upaya penanganan ibu hamil dengan Pre Eklampsia di Kabupaten Lumajang di Kabupaten Lumajang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Airlangga, RS. (2018). Gawat Darurat Medis dan Bedah. In Alfian Nur Rosyid Afif Nurul Hidayati, Muhammad Ilham Aldika Akbar (Ed.), Buku Gawat darurat Medis dan Bedah. Surabaya: Rumah Sakit Airlangga.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2020. In Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.,. Surabaya.

Harahap, Reni Agustina, & Putra, Fauzi Eka. (2017). Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. In Prenadamedia Grup Divisi Kencana (Cetakan Ke). Jakarta: Prenadamedia Grup.

Nursal, Dien Gusta Anggraini, Tamela, Pratiwi, & Fitrayeni, Fitrayeni. (2017). Faktor Risiko Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil Di Rsup Dr. M. Djamil Padang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 10(1), 38. https://doi.org/10.24893/jkma.10.1.38-44.2015

Setyaningsih, Reni Dwi, Adriyani, Prasanti, & Ulfah, Maria. (2016). Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil dan Kader Posyandu Balita tentang Pengenalan Tanda Bahaya Kehamilan Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(3), 135–139.

Udin, Khoiril Anwar. (2010). Hubungan antara tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan dengan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar tahun 2009/2010 (Vol. 0). Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Published
2023-01-30