Peranan Attaralu Dalam Sistem Pernikahan Masyarakat Desa Bontolempangan Kecamatan Bukit Kabupaten Kepulauan Selayar
Abstract
Desa Bontolempangan Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai desa adat memiliki sistem pernikahan yang sampai sekarang di era globalisasi masih tetap eksis yaitu adat attaralu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis fungsi adat attaralu di Desa Bontolempangan Kecamatan Bukit Kabupaten Kepulauan Selayar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan analisis deskriptif diantaranya melakukan pengumpulan data penyajian, display data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adat attaralu hanya hanya dilaksanakan oleh masyarakat yang memiliki garis keturunan bangsawan hal ini menunjukkan bahwa adat attralu berfungsi memberikan gambaran adanya pelapisan sosial di dalam masyarakat desa bontolempangan kecamatan bukit kabupaten kepulauan Selayar.
Downloads
References
Amran, Arfani Febriani. 2018. Tari silonreng dalam acara attaralu di kecamatan bentengKabupaten Kepulauan Selayar. Makassar. UNM
Arisandi, Herman. 2014. Buku Pintar Pemikiran Tokoh- TokohSosiologiDari KlasikSampai Modern. Jakarta: IRCiSoD
Binus. 2015. Teori Konstruksi Realitas Sosial. Dipetik Juli 13, 2022, dari HumanioraBinus: https//dkv.binus.ac.id/2015/05/18/teori- konstruksi-realitas-sosial
Berger, P. L, & Thomas Luckman. 2018. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentangSosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction ofReality oleh Hasan Basari). Jakarta: LP3ES
Berger, P. L, & Thomas Luckman. 1996. The Social Construction ofReality.
Inggirs. Penguin Group
Carter J Michael & Fuller Celene. 2015. Symbolic interactionism.
California:California State University
Creswell, J. W., & Poth, C. N. 2016. Qualitative inquiry and research design: Choosingamong five approaches. Sage publications
Derung, Teresi Noiman. 2017. Interaksionisme Simbolik Dalam Kehidupan Bermasyarakat.Malang: Penulis Dosen Prodi Pelayanan Pastoral STP IPIMalang.
DetikSulsel. 2022. 8 Suku Bangsa di Sulawesi Selatan Beserta Sebarannya di24 Kabupaten-Kota. Dipetik Agustus 25,
2022, dari AL Khoriah Nurgraha.https://www.detik.com/sulsel/budaya/d-6029427/8-suku- bangsa-di- sulawesi-selatan-beserta-sebarannya-di-24- kabupaten- kota.di
Fadillah,Nor. 2017. Tradisi “Maantar Jujuran’ Dalam Perkawinan AdatBanjar PerspektifKonstruksi Sosial. Malang: Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Gunawan , Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Cet. Pertama. Jakarta: RinekaCipta.
Hasymy, A. Ed. 1989. Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia. Bandung:Almaarif
Hudgson, Marshal G. 2002.The Venture of Islam: Conscience and Historyin a WorldCivilization, Diterjemahkan oleh Mulyadi Kartanegara dengan Judul Venture ofIslam: Iman dan Sejarah dalam Peradaban Dunia (Buku Pertama). Jakarta: Paramadina.
Kadir, Ahmad. 2006. Sistem Perkawinan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Makassar: Indobis.
Kitzinger, J. 1994. The methodology of focus group interviews: theimportance of.
interaction between research participants.
Lektur.id .2 Arti Pernikahan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (lektur.id).DipetikAgustus 19, 2022, PT. Pustaka digital Indonesia
Maleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.Marzuki. 1991. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE- UII.
March J.G & Olsen J.P. 2004. The logic of appropriateness. Eropa.
ArenaCentre for European Studies, University of Oslo Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Noor, J. (2013). Metedologi Penelitian Skripsi, Tesisi, Disertasi dan Karya Ilmiah.Jakarta: Kencana.
Sabara. 2018. Islam dalam tradisi masyarakat lokal di sulawesi selatan. Makassar:Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.
Samsudin. 2020. Peran Lembaga Sosial Keagamaa Di Kota Bengkulu Dalam Penguatan Fungsi Keluarga. Bengkulu : Indonesian Journal of Social Science Education.
Saat, Sulaiman. 2016. Agama sebagai institusi (lembaga) sosial (Kajian sosiologi agama. Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Sembiring, br sri alem. 2012. tradisi masyarakat parmalim di toba samosir . SumatraUtara: Balai pelestarian
Copyright (c) 2023 Yuliana Yuliana, Ramli Ramli, Radjab Mansur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.