Pengaruh Kualitas Produk dan Pengalaman Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas

  • Firdatun Nisa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang
  • Endang Tjahjaningsih Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang
Keywords: kualitas produk, pengalaman, kepuasan dan loyalitas pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan pengalaman terhadap kepuasan serta pengaruh loyalitas pelanggan lipstik merek Wardah di kota Semarang. Sampel  penelitian ini adalah 100  pelanggan yang menggunakan lipstik merek Warda di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis memungkinkan: Kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Pengalaman pelanggan memiliki dampak positif pada kepuasan pelanggan. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Pengalaman pelanggan memiliki dampak positif pada loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, M. I., Fanani, D., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan KFC Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 143–148.
Filiantari, M., Suharto, & Mazni, A. (2021). Pengaruh Pengalaman Pelanggan (Customer Experience), Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen (Customer Satisfaction) pada PT. Dahlia Dewantara Unit Metro Lampung. Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadyah Metro.
Haris, D., & Welsa, H. (2018). Kualitas dan Desain Produk dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Upajiwa Dewantara, 2(2), 125–139.
Hasfar, Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). Effect of Customer Value and Customer Experience on Customer Satisfaction and Loyalty Pt Meratus Samarinda. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(01), 84–94. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i01.909
Kotler. (2014). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Prenhalindo.
Kotler, & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (Kesembilan). Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing (12th Editi). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Prentice-Hall Published.
Kususmasasti, I., & Andarwati, & H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Ekonomi Bisnis, 22(2), 123–129.
Maharani, O. R., Wijayanto, H., & Abrianto, T. H. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus pada Lipstcik Wardah). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1).
Monica, I., & Maharani, A. (2020). The Effect Of Cyberloafing On Employee Performance Through Job Satisfaction And Work Commitment. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(4), 491–502. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
Priliandani, Mutiara, S., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan merek dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan dalam Meningkatkan Loyalitas (Studi Pada Konsumen Mie Lemonilo di Semarang). C, 9(2), 463–476.
Prinoya, R. W., & Idris. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Prmosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Paparabun Perfume. E-Journal UNP.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Tjahjaningsih, E., Maskur, A., & Widyasari, S. (2021). The Effect of Customer Experience and Service Quality on Satisfaction in Increasing Loyalty. 169(Icobame 2020), 395–399.
Zaid, S., & Patwayati, P. (2021). Impact of Customer Experience and Customer Engagement on Satisfaction and Loyalty: A Case Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 983–992. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no4.0983
Zulher. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan BA (Beauty Advisor) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen Produk Wardah (Studi Kasus Konsumen Lottemart Kuningan City). Manajemen, 07(2), 126–142. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Bagus, Y., Fakultas Ekonomika, P., Bisnis, D., Semarang, S., & Tjahjaningsih, E. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK, GAYA HIDUP, DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA LIPAT DI KOTA SEMARANG. https://iprice.co.id/
Stikubank, U., Tjahjaningsih, E., Anindita Hayuningtias, K., & Laili, S. (2019). Proceeding Seminar Nasional dan Call for Papers 2019 Isu-isu Riset Bisnis dan Ekonomi di Era Disrupsi: Strategi Publikasi di Jurnal Bereputasi PERAN KUALITAS LAYANAN DAN CITRA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS.
Published
2022-12-20