Analisis Scaffolding Dalam Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Sosiologi
Abstract
Pembelajaran berbasis Student Center menekankan pada tingkat partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi adalah dengan menyediakan teknik scaffolding dan project based learning (Project Based Learning). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang implementasi scaffolding dan project based learning (PjBL) secara terpisah dan bagaimana kombinasi scaffolding dan PjBL secara kombinasi dapat diterapkan dalam pembelajaran sosiologi. Metode dalam penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka yang sistematis. Berdasarkan proses kajian pustaka, peneliti menggunakan 3 sumber buku, 16 artikel bereputasi nasional, dan 4 artikel bereputasi internasional. Kata kunci dalam pencarian literatur adalah scaffolding, project based learning, dan sociology learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding dapat diberikan pada proses sintaksis pembelajaran di PjBL sehingga kedua hal tersebut dapat mengoptimalkan kemandirian belajar dan meningkatkan keterampilan abad 21 lainnya seperti kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis.
Downloads
References
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (Pjbl) BERPENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. Https://Doi.Org/10.24176/Re.V7i2.1225
Buchari, A. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. 12, 106–124.
Castelli, D. M., & Beighle, A. (2007). The Physical Education Teacher As School Activity Director. Journal Of Physical Education, Recreation & Dance, 78(5), 25–28. Https://Doi.Org/10.1080/07303084.2007.10598020
Efstratia, D. (2014). Experiential Education Through Project Based Learning. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 152, 1256–1260. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2014.09.362
Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2015.V5.I1.P24-38
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1-9.
Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2020). Tinjauan Sistematis: Strategis Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 102–117. Https://Doi.Org/10.21580/Phen.2020.10.1.6114
Liawati, L., Handayani, S., & Rahayu, D. L. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Pjbl) PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN DASAR PENGAWETAN PADA OLAHAN SUSU SEGAR. Edufortech, 2(2). Https://Doi.Org/10.17509/Edufortech.V2i2.12441
Marginson, S., & Dang, T. K. A. (2017). Vygotsky’s Sociocultural Theory In The Context Of Globalization. Asia Pacific Journal Of Education, 37(1), 116–129. Https://Doi.Org/10.1080/02188791.2016.1216827
Maulana. (2020). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA SIAPKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK The Implementation Of STEM-Based Project Based Learning In Physic Learning. Jurnal Teknodik, 24, 37–48.
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatan Kinerja Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. Https://Doi.Org/10.21831/Jptk.V22i4.7836
Mustofa, H., Jazeri, M., Mu’awanah, E., Setyowati, E., & Wijayanto, A. (2021). Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Al Fatih, 1(1), 42–52.
Nurhayati, E. (2016). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(2), 107–112. Https://Jurnal.Unsil.Ac.Id/Index.Php/Jp3m/Article/View/Eli22
Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 21–26.
Ravi, S. S. (2015). Philosophical And Sociological Bases Of Education. PHI Learning.
Rusilowati, A., Taufiq, M., & Astuti, B. (2019). Jurnal Profesi Keguruan. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.
S, N. R., Efgivia, M. G., & Herawati. (2021). Monograf Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Motivasi Belajar. Penerbit Widina. Https://Www.Ptonline.Com/Articles/How-To-Get-Better-Mfi-Results
Suprihatin, E., & Rosita, D. (2020). Penerapan Teknik Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kristen Kadasituru Terpadu. EDULEAD: Journal Of Christian Education And Leadership, 1(1), 34–55. Https://Doi.Org/10.47530/Edulead.V1i1.17
Van De Pol, J., Volman, M., Oort, F., & Beishuizen, J. (2015). The Effects Of Scaffolding In The Classroom: Support Contingency And Student Independent Working Time In Relation To Student Achievement, Task Effort And Appreciation Of Support. Instructional Science, 43(5), 615–641. Https://Doi.Org/10.1007/S11251-015-9351-Z
Wulandari, S., & Hayati, I. (2022). Studi Literatur : Peran Questioning Sebagai Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogik Matematika, 5(2), 43–52.
Yunaida, H., & Rosita, T. (2018). OUTBOUND BERBASIS KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus Di TK Aisyiyah 6 Kota Bandung). Comm-Edu, 1(1), 30–37.
Yunipiyanto, Trisaningsih, & Pujiati. (2020). Jurnal Studi Sosial Vol 8, No 1 (2020). Jurnal Studi Sosial, 8(1), 1–15.
Copyright (c) 2023 Rizki Amaliya, Safhirah Wulandah, Achmad Hufad, Eko Sulistiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.