Media Sebagai Sarana Dakwah Dalam Konteks Islam (Study Tentang Etika Dakwah Di Media Sosial)

  • Idawati Idawati Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, Pekanbaru Riau Indonesia
  • Imam Riauan Universitas Islam Riau
Keywords: Media, Sarana Dakwah, Konteks Islam

Abstract

Media sosial sebagai sarana dakwah, dinilai cukup efektif, dengan perkembangan media dakwah bisa disampaikan hingga ke penjuru dunia. Etika dalam dakwah berupa kode etik yang digunakan dalam menyampaikan pesan dakwah, bisa dikatakan kode etik dakwah, yaitu sebuah aturan main seorang da’i tekait nilai etis yang digunakan dalam penyampaian pesan dakwahnya. Media sosial memiliki peran penting sebagai sebuah sarana dalam menyampaikan isi pesan kepada khalayak, dengan media maka akan membantu seorang da’i dalam menyebarkan pesan dakwahnya hingga ke penjuru dunia.penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana etika da’i dalam penyampaian dakwah dimedia massa (perspektif komunikasi. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat pelanggaran etika dalam dakwah yang disampaikan oleh da’i, seperti dalam penyampaian pesan dakwah dimedia sosial masih menggunakan kata-kata yang kurang benar/kurang tepat untuk digunakan, menggunakan kata-kata yang berlebihan, masih ada da’i dalam dakwahnya, menggunakan kata-kata kasar, mencaci, dan bahkan terkesan memaksa. Pelanggaran terhadap etika bukan hanya berdampak terhadap individu da’i namun akan berdampak tehadap masa depan dakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ace, Toyib Bahtiar. (2021). MANAJEMEN DAKWAH MUHAMADIYAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN GARUT JAWA BARAT. UIN Raden Intan Lampung.

Al-Zauqi, Marwah Nur, & Setiawan, Iwan. (2020). Kinerja Pembiayaan UMKM Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 1(1), 152–159.

Cahyono, Anang Sugeng. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157.

Dyatmika, Teddy. (2021). Ilmu komunikasi. Zahir Publishing.

El Ishaq, Ropingi. (2013). Dakwah di tengah industrialisasi media. Jurnal Komunikasi Islam, 3(1), 137–151.

Fuadi, Nurul. (2020). Etika Berdakwah Melalui Media Cetak/Surat Kabar. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(1), 32–39.

Hadisaputra, Samian. (2019). ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AKSIOLOGI KOMUNIKASI. AdZikra: Jurnal Komunikasi & Penyiaran Islam, 10(1), 38–49.

Mahdaniar, Fenny, & Surya, Alan. (2022). Perumusan Etis Humor dalam Desain Pesan Dakwah. INTELEKSIA-Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 3(2), 291–312.

Pringgar, Rizaldy Fatha, & Sujatmiko, Bambang. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329.

Ritonga, Muslimin. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 3(1), 60–77.

Sumarlan, Iman. (n.d.). CYBER PUBLIC RELATIONS MUHAMMADIYAH MELALUI MEDIA SOSIAL. DAKWAH MUHAMMADIYAH DALAM MASYARAKAT DIGITAL: PELUANG DAN TANTANGAN, 157.

Suryadi, Rudi Ahmad. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish.
Susanto, Joko. (2016). Etika Komunikasi Islami. Waraqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 24.

Syaikh, Kajian Kitab Sirrul Asrar Karya, & Jailani, Abdul Qadir. (n.d.). AKHLAK SUFI.
Watie, Errika Dwi Setya. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–74.

Wulandari, Cantika, Hardivizon, Hardivizon, & Fitmawati, Fitmawati. (2018). Pengaruh Prinsip Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Kepuasan Muzakki Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Zakariah, M. Askari, Afriani, Vivi, & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Published
2023-02-01