Strategi Pemasaran Kedai Kopi Dalam Menghadapi Persaingan di Kota Bekasi

  • Amylia Meilani Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
  • Catur Nugroho Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom
Keywords: strategi, pemasaran, kedai kopi, komunikasi pemasaran

Abstract

Di Indonesia, kedai kopi biasa disebut coffee shop atau kedai kopi. Dari desa terpencil hingga pusat kota, kafe bermunculan di tengah-tengah kita. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari cara untuk meningkatkan kinerja kedai Kopi`N Dialog dan membuatnya lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan bisnis kedai kopi. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini didasarkan pada kondisi yang terjadi di lapangan, khususnya Dialog Kedai Kopi`N. Peneliti membahas strategi dan upaya peningkatan usaha kopi dalam menghadapi persaingan di sektor kopi. Persaingan bisnis adalah kondisi dimana keduanya menunjukkan keunggulan kompetitif masing-masing untuk menjangkau pelanggannya. Semakin tinggi tingkat persaingan dalam bisnis, semakin pemilik bisnis harus meningkatkan strategi pemasaran mereka. Bauran pemasaran merupakan strategi yang sangat penting, dampak yang diberikan memberikan dampak yang besar dalam menghadapi persaingan bisnis.Strategi pemasaran adalah proses menciptakan nilai di mata pelanggan dan membangun hubungan yang menguntungkan. Tujuan dari pemasaran itu sendiri adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan agar produk yang dijual memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi dalam rangka meningkatkan bisnis Kedai Kopi`N Dialog dalam menghadapi persaingan bisnis, Kedai Kopi`N Dialog menerapkan bauran pemasaran yang meliputi strategi produk

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anik, L., Aknin, L. B., Norton, M. I., & Dunn, E. W. (2009). Feeling Good About Giving: The Benefits (And Costs) Of Self-Interested Charitable Behavior. Harvard Business School Marketing Unit Working Paper, 10–012.
Iskamto, D. (2020). The Role Of Leadership And Influence On Employee Performance In Digital Era. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(4), 470–484.
Istifarroh, I., & Nugroho, W. C. (2019). Perlindungan Hak Disabilitas Mendapatkan Pekerjaan Di Perusahaan Swasta Dan Perusahaan Milik Negara. Mimbar Keadilan, 12(1), 21–34.
Kamaluddin, R. (2010). Pertimbangan Dan Alasan Pasien Hipertensi Menjalani Terapi Alternatif Komplementer Bekam Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Keperawatan Soedirman, 5(2), 95–104.
Kartika, E. W., & Kaihatu, T. S. (2008). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Laundry 5ASEC Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 4(2), 45–57.
Meyer, C. M., & Gurevych, I. (2010). Worth Its Weight In Gold Or Yet Another Resource—A Comparative Study Of Wiktionary, OpenThesaurus and GermaNet. International Conference on Intelligent Text Processing and Computational Linguistics, 38–49.
Musfar, T. F., & SE, M. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Nugroho, C., & Widya, I. P. H. (2019). The Movement of Bali Reject Recalamation (The Phenomenological Study Of Balinese Society Movement Rejects Benoa Bay Reclamation Among #ForBALI Alliances). Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 21–29. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i1.1541
Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Prenada Media.
Putri, E. D. H. (2018). Pengantar akomodasi dan restoran. Deepublish.
Ramadhan, A. (2021). Konstruksi Makna Ngopi Bagi Remaja (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Makna Ngopi Bagi Remaja Di Kopi Pekanbaru Keliling (Kopling). Universitas Islam Riau.
Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.
Sembiring, S., & Supriyanto, I. (2021). Strategi Program Marketing PR PT Coffee Sekawan (Sia Coffee) Dalam Memperkuat Positioning dan Brand Awareness. Jurnal Public Relations (J-PR), 2(2), 137–141.
Soegianto, M. Y. (2013). Penerapan Strategi Alih Daya (Outsourcing) Di UD. Puyuh Plastik Ditinjau Dari Ketentuan Perundangan Dan Etika Bisnis. Agora, 1(1), 26–34.
Sujana, A. S. T. (2012). Manajemen minimarket. Penebar PLUS+.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus.
Supriadi, D., & Supriyoso, P. (2022). Studi Kelayakan Bisnis Kafe Excelso Kedai Kopi Asal Indonesia. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8), 3390–3396.
Published
2023-02-02