Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga Terhadap Penggunaan Kantong Plastik di Kecamatan Lubuk Pakam

  • Restu Auliani Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Medan
  • Restiwi Zalukhu Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Medan
  • Desy Ari Apsari Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Medan
  • Julietta Br Girsang Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan
  • Risnawati Tanjung Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Medan
  • Deli Syaputri Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Medan
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Penggunaan Kantong Plastik

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat selaras dengan kebutuhan masyarakat akan penggunaan plastik secara konsumtif. Penyebaran sampah plastik yang tidak terorganisir dari tahun ke tahun dapat merusak lingkungan seperti tempat tinggal, tanah, laut hingga menjadi polutan udara. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga terhadap penggunaan kantong plastik di Lubuk Pakam. Jenis penelitian adalah analisis observasional analitik, desain penelitian cross sectional, yang dilakukan di kecamatan Lubuk Pakam. Populasi penelitian adalah ibu rumah tangga dengan sampel sebanyak 100 ibu rumah tangga, metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Data diolah dengan menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penggunaan kantong plastik pada ibu rumah tangga menunjukkan bahwa ibu rumah tangga dengan tingkat pengetahuan pada kategori baik sebesar 39%, ibu rumah tangga dengan tingkat sikap pada kategori sikap sedang sebesar 54%, dan ibu rumah tangga dengan tingkat penggunaan kantong plastik pada kategori sedang sebesar 52%. Diperoleh hasil analisis uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan penggunaan kantong plastik pada ibu rumah tangga dengan P value 0,000, dan terdapat hubungan yang bermakna antara sikap dan penggunaan kantong plastik pada ibu rumah tangga dengan P value 0,000. Pengetahuan dan sikap pada masyarakat khususnya ibu rumah tangga dapat ditingkatkan dengan adanya pemberian informasi dan memberikan pemahaman yang positif terhadap pemanfaatan dan penggunaan kantong plastik melalui penyuluhan yang diberikan oleh pemerintah serta pembuatan iklan di sosial media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustino, A. (2020). Sanksi Hukum Pabrik Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Dikalangan Masyarakat Dalam Analisis Hukum Pidana Islam Dan Undang-Undang Lingkungan (Studi Kasus Pabrik Dikecamatan Besitang Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Arifin, Mz. (2017). Dampak sampah plastik bagi ekosistem laut. Buletin Matric, 14(1), 44–48.

Astuti, W. (n.d.). Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah Plastik (Studi Kasus Bank Sampah Desa Jatilaba Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Auliani, R. (2020). Peran bank sampah induk dalam pengelolaan sampah Kota Medan. Jurnal Abdidas, 1(5), 330–338.

Auliani, R., Maha, J. H. B., Apsari, D. A., Tanjung, N., Rusli, M., Syaputri, D., Tarigan, K. B., & Girsang, J. B. (2022). Perbedaan Pengetahuan Siswa terhadap Penggunaan Plastik di Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Kabanjahe dan SMP RK Budi Murni Lau Baleng). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5122–5126.

Budiman, R. A. (2013). Kapita selekta kuesioner: pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika, 2013, P4-8.

Damanik, E. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Plastik Kresek Hitam Daur Ulang Sebagai Wadah Makanan Siap Santap Di Pusat Pasar Tavip Binjai. Pre Cure, 1.

Hakim, M. Z. (2019). Pengelolaan dan pengendalian sampah plastik berwawasan lingkungan. Amanna Gappa, 111–121.

Justicia, I. P. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Urban Farming Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Kelurahan Maharatu Kota Pekanbaru). Universitas Islam Riau.

Lubis, M. G. (2015). Hubungan Karakteristik Pengetahuan Sikap pada Pembeli dan Pedagang dengan Penggunaan Kantong Plastik di Pasar Tradisional Firdaus Kecamatan Medan Tembung Tahun 2014. Lingkungan Dan Keselamatan Kerja, 3(3), 14546.

Nasution, B. N. M. (2013). Pemberdayaan Masyarakat: Studi Kasus Kegiatan Bank Sampah Di Perumahan Bukit Pamulang Indah Rw 09 Dan 13 Tangerang Selatan.

Nasution, N. H., & Harahap, Y. W. (2019). HUBUNGAN SIKAP KARYAWAN STIKES AUFA ROYHAN DENGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK. Parapemikir: Jurnal Ilmiah Farmasi, 8(1), 26–30.

Novianti, A. I., & Kartika, L. (2017). Pengaruh green marketing kebijakan kantong plastik berbayar terhadap green behaviour masyarakat Kota Bogor. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(1), 81–94.

Nurulisari, D. (2021). Perlindungan konsumen terhadap penggunaan kantong plastik berbayar pada industri ritel di Kota Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.

Octaviany, L. A. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Program Studi Tata Boga Universitas Negeri Jakarta Dengan Tindakan Penggunaan Plastik Untuk Minuman Panas. Risenologi, 6(1), 70–76.

Ramadhani, R. S. (2020). ANALISIS TEKNO EKONOMI PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BATA PLASTIK. universitas islam negeri sultan syarif kasim riau.

Rambe, T. R. (2021). Sosialisasi dan aktualisasi eco-enzyme sebagai alternatif pengolahan sampah organik berbasis masyarakat di lingkungan Perumahan Cluster Pondok II. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 36–40.

Surono, U. B. (2013). Berbagai metode konversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak. Jurnal Teknik, 3(1), 32–40.

Published
2023-02-02