Strategi Pemasaran Melalui Analisis Swot Pada Toko Bangunan Enggal Family Karawang

  • Kiki Noviadi Program Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Program Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dini Yani Program Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Faktor Internal-Eksternal

Abstract

Perkembangan teknologi digital semakin berkembang dengan luas, dimana perusahaan diberikan tuntutan bersaing semakin ketat. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pemasaran Toko Bangunan Enggal Family Karawang dan mengetahui serta menganalisis SWOT sebagai dasar penerapan strategi pemasaran Toko Bangunan Enggal Family Karawang. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini pertanyaan yang mewakili variabel kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Teknik pengumpulan data adalah penelitian lapangan, serta teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. pembahasan ini menunjukkan Toko Bangunan Enggal Family Karawang memiliki analisis lingkungan internal dengan kekuatan berupa harga yang terjangkau, ketersediaan produk yang lengkap, memiliki pelanggan yang loyal, pelayanan yang baik, dan memiliki tempat strategis dengan lokasi yang berada di pusat kota. Kelemahan yang dimiliki berupa pemasaran yang kurang efektif, tidak terdapatnya karyawan khusus yang menangani bagian pemasaran, tata letak produk yang kurang menarik, kurang inovasi dan tidak memiliki laporan keuangan. Peluang bagi Toko Bangunan Enggal Family Karawang dengan indikator penelitian adalah berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, banyaknya pembuatan rumah dan ruko baru, produk yang selalu di butuhkan dari waktu ke waktu, Pasarnya yang luas, serta semakin banyaknya e-commerce yang bisa dimanfaatkan. Ancaman yang dihadapi usaha ini dengan indikator penelitian adalah konsumen terkadang membandingkan harga dengan pesaing, promosi dari pihak lain dapat menarik konsumen, semakin banyaknya pesaing usaha dalam bidang sejenis, harga barang yang fluktuatif, dan Pesaing menyediakan produk yang lebih bervariasi. Dari hasil perhitungan matriks, diketahui Toko Bangunan Enggal Family berada pada kuadran I yaitu strategi agresif yang didesain untuk mencapai pertumbuhan baik dalam keuntungan, aset, penjualan, atau campuran dari ketiganya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandrianti Maulida, Y., & Habiburahman, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Pisang Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Pada Umkm Keripik Sumber Rezeki). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 303–314. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.34

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi (cetakan 7). PT. Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofjan. (2016). Strategic Management: Sustainable Competitive Advantage (Edisi Kedu). Kharisma Putra Utama Offset.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

DR. Ir. Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Nas Media Pustaka.

Elyarni, R. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris, 17, 81–88.

Frans, S., & Tiara Narundana, V. (2022). Strategi Pemasaran Robusta Coffee Bunga Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1109–1120. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.132

Hidayat, R., & Setyawan, I. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT pada UD. Erni Jaya Bangunan Kediri. Revolusi Indonesia, 1(10), 1123–1132.

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Nurjannah, N., & Sari, R. I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Bahan Bangunan Pada Toko Sri Rejeki Di Kecematan Lamasi Kabupaten Luwu. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 1(1), 102. https://doi.org/10.35914/jemma.v1i1.85

Pasaribu, H. F. (2018). Strategi Pemasaran. Manajemen Bisnis.

Rangkuti, F. (2015). Personal SWOT Analysis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rantelino, H. (2015). Analisis SWOT. Analisis Jitu Bagi Para Pelaku Bisnis.

Sedjati, R. S. (2018). Manajeman Pemasaran. Deepublish.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif : (untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). Alfabeta.

Suhartini, S. (2018). Analisa Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. MATRIK (Jurnal Manajemen Dan Teknik), 12(2), 82. https://doi.org/10.30587/matrik.v12i2.394

Wicaksono, A. P., Rachma, N., & Khoirul, M. (2019). Pengaruh Kepuasaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Di Toko Distortion Merch Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 8(3), 130–139.
Published
2022-12-20