Variasi Gender dan Penggunaan Media Sosial Dalam Menyebarkan Berita Palsu Selama Pademi Covid 19 Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa

  • Tessa Shasrini Universitas Islam Riau
  • Al Sukri Universitas Islam Riau
  • Yudi Daherman Universitas Islam Riau
Keywords: Gender, Media Sosial, Prestasi Akademik

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan setiap individu di dunia abad ke 21. Kecanduan media sosial pada kelompok usia yang lebih muda adalah menjadi permasalahan utama. Penggunaan media sosial dianggap sebagai salah satu kegiatan yang paling umum di kalangan para mahasiswa yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Ada variasi yang bagus dari tingkat dampak ini tergantung pada jenis kelamin dan beberapa faktor lain. penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan gender di antara mahasiswa di Universitas yang ada di Riau baik negeri maupun swasta untuk memprediksi dampak dari penggunaan media sosial dalam menyebarkan kepanikan selama pandemic yang berpengaruh terhadap hasil akademik mahasiswa. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk penelitian ini dengan menggunakan studi cross-sectional dilakukan pada 650 sampel mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Riau selama 3 bulan dengan menggunakan Skala peringkat Linkert Uji chi-kuadrat menggunakan SPSS (v 20) digunakan untuk analisis data. Penelitian ini menunjukkan perbedaan gender yang signifikan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa dalam penggunaan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiarsi, Gracia Rachmi, Stellarosa, Yolanda, & Silaban, Martha Warta. (2015). Literasi media internet di kalangan mahasiswa. Humaniora, 6(4), 470–482.

Amarulloh, Sandy Ihsan, Sahida, Nurahmi Mutia, Apriliani, Leni, & Muhtadi, Dedi. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 66–78.

Damayanti, Adin, Mahadib, Almas Fariq, Arlianti, Dewi Novita, Rizki, Erika, Hidayat, Faisal, Fadilah, Gusti Ghitha Haifa, Muhammad, Irfan, Jayanty, Julia Nur, Yuniasti,
Karmila Rahma, & Khuluq, Kevin Sahlul. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya (Vol. 2). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan ….

Dewi, Oki Setiana. (2020). Pengajian selebritas hijrah kelas menengah muslim (2000-2019): respons atas dakwah Salafi dan Jamaah Tabligh.

Gusty, Sri, Nurmiati, Nurmiati, Muliana, Muliana, Sulaiman, Oris Krianto, Ginantra, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu, Manuhutu, Melda Agnes, Sudarso, Andriasan, Leuwol, Natasya Virginia, Apriza, Apriza, & Sahabuddin, Andi Arfan. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hoerudin, Cecep Wahyu. (2022). IMPLEMENTASI MODEL TIPOLOGI INTERAKSI UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS ONLINE. Research and Development Journal of Education, 8(1), 242–255.

Monica, Elina. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 141–149.

Mu’ammar, M. Arfan. (2019). Literasi di Era Disrupsi.

Ningsih, Sulia. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132.

Pakpahan, Andrew Fernando, Ardiana, Dewa Putu Yudhi, Mawati, Arin Tentrem, Wagiu, Elmor Benedict, Simarmata, Janner, Mansyur, Muhamad Zulfikar, Ili, La, Purba, Bonaraja, Chamidah, Dina, & Kaunang, Fergie Joanda. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Panuju, Redi. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan Komunikasi sebagai Ilmu. Kencana.

Ratnawati, Etty. (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 2(1).

Sabekti, Ria. (2019). Hubungan intensitas penggunaan media sosial (jejaring sosial) dengan kecenderungan narsisme dan aktualisasi diri remaja akhir. Universitas Airlangga.

Scognamiglio, Francesca. (2016). Nano-engineered adhesive biomaterials for biomedical applications.

Setiawan, M. Andi. (n.d.). Dr. Laksminarti, SH, MH Karyanti, M. Pd. Mita Sari, S. Sos., MAP.

Tasnim, Samia, Hossain, Md Mahbub, & Mazumder, Hoimonty. (2020). Impact of rumors and misinformation on COVID-19 in social media. Journal of Preventive Medicine and Public Health, 53(3), 171–174.

Ul’fah Hernaeny, M. Pd. (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika, 1, 33.
Warjio, Warjio. (n.d.). Demokrasi di Era Covid-19.

Yuliani, Meda, Simarmata, Janner, Susanti, Siti Saodah, Mahawati, Eni, Sudra, Rano Indradi, Dwiyanto, Heri, Irawan, Edi, Ardiana, Dewa Putu Yudhi, Muttaqin, Muttaqin, & Yuniwati, Ika. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Published
2023-02-03