Pengaruh Workplace Spirituality dan Workforce Agility Terhadap Innovative Work Behaviour Dimediasi Oleh Readiness For Change Guru di Sekolah XYZ Jakarta

  • Sri Widiyati Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Keywords: Pendidikan, workplace spirituality, workforce agility

Abstract

Dunia pendidikan dihadapkan pada tantangan yang sangat sulit saat ini. Salah satu faktor yang menentukan mutu pendidikan yang juga menjadi tokoh penting dalam proses belajar adalah guru. Guru berperan sebagai pendidik, pengajar, dan pelatih anak didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dan visi Pendidikan Indonesia 2025 yakni menciptakan penerus bangsa Indonesia yang cerdas serta kompetitif. Penelitian yang dilakukan ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif. Untuk penelitian ini berupa penelitian kuantitatif non-eksperimental. Penelitian ini merupakan penelitian yang berkaitan dengan workplace spirituality, workforce agility, readiness for change, dan innovative work behaviour dari guru-guru di Sekolah XYZ Jakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mulai dengan pengumpulan data, analisis data, dan pembahasan, maka hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif workplace spirituality terhadap readiness for change guru di Sekolah XYZ Jakarta. Dengan perbaikan workplace spirituality guru di Sekolah XYZ Jakarta, maka readiness for change guru juga akan meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adindo, Apri Winge. (2021). Kewirausahaan dan Studi Kelayakan Bisnis Untuk Memulai dan Mengelola Bisnis. Deepublish.
Andriyanti, Renika Mila. (2022). Implementasi pelayanan sertifikasi guru melalui Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (simpatika) di Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Chang, William. (2016). SPIRITUALITAS TEMPAT KERJA DAN DAMPAKNYA BAGI KEEFEKTIFAN ORGANISASI. Jurnal Ledalero, 15(1), 119–133.
Hanafi, Yusuf, Ikhsan, M. Alifudin, Saefi, Muhammad, Diyana, Tsania Nur, & Arifianto, Muhammad Lukman. (2021). Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Respon. Delta Pijar Khatulistiwa.
Hanivah, Nisa Dwi, & Azizah, Siti Nur. (2021). Kerja dan Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Pegawai UPTD Puskesmas Gombong II. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 154–168.
Hidayat, Saleh. (2018). Peningkatan Mutu Penelitian di Indonesia dalam Mengatasi Masalah Pendidikan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(2), 34–44.
Japar, Muhammad, Fadhillah, Dini Nur, & HP, Ganang Lakshita. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. Jakad Media Publishing.
Jaya, Wayan Satria. (2022). Kinerja guru ditinjau dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286–1294.
Mbato, Concilianus Laos. (2022). Pendidikan Indonesia Masa Depan: Tantangan, Strategi, Dan Peran Universitas Sanata Dharma. Sanata Dharma University Press.
Mulianti, Annisa Ratu. (2019). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Spiritualitas di Tempat Kerja terhadap Kinerja Karyawan Perum Bulog Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. INOVATIF, 1(1).
Mulyasa, H. Enco. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Muntaqo, Rifqi, & Al Halim, A. Adibudin. (2017). Peningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Budaya Organisasi Di Madrasah Aliyah Ali Maksum Yogyakarta. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 1(1).
Murniati, A. R. (2008). Manajemen Stratejik: Peran kepala sekolah dalam pemberdayaan. Perdana Publishing.
Musa, Safuri, Nurhayati, Sri, Jabar, Reny, Sulaimawan, Deddy, & Fauziddin, Mohammad. (2022). Upaya dan tantangan kepala sekolah PAUD dalam mengembangkan lembaga dan memotivasi guru untuk mengikuti program sekolah penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254.
RIYANDA, FASA YOGI. (2022). PENINGKATAN EMPLOYEE PERFORMANCE MELALUI KNOWLEDGE DONATING, WORK EXPERIENCE DAN WORKPLACE SPIRITUALITY DENGAN INNOVATION BEHAVIOUR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Karyawan Nasmoco Jateng & DIY). Universitas Islam Sultan Agung.
Rusmawati, Vivi. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru pada SDN 018 Balikpapan. Jurnal Administrasi Negara, 1(2), 1–19.
Shabuur, Muchammad Ishak, & Mangundjaya, Wustari L. (2020). Pengelolaan stres dan peningkatan produktivitas kerja selama work from home pada masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 93–109.
Sutrisno, H. Edy. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media.
WHS, Sutan Rachman, Zauhar, Soesilo, & Saleh, Choirul. (2014). Workplace spirituality tenaga kependidikan Universitas Brawijaya (studi pada fakultas ilmu pengetahuan alam dan matematika serta fakultas ilmu sosial dan ilmu politik). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 17(3), 171–182.
Yoni, Efri. (2020). Pentingnya Minat Baca Dalam Mendorong Kemajuan Dunia Pendidikan. Inovasi Pendidikan, 7(1).
Published
2023-02-11