Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Laparatomi Di RSUD Cileungsi

  • Leni Setyowati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara
  • Eli Indawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara
Keywords: Faktor Pempengaruh, Kecemasan, Laparatomi Pra Operasi

Abstract

Pembedahan adalah semua perawatan yang menggunakan metode invasif dengan membuka atau menunjukkan bagian tubuh yang akan dirawat. Salah satu respons psikologis pasien yang menjalani operasi besar adalah kecemasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik dengan metode cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 responden dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan faktor kecemasan berupa usia, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman operasi dan dukungan keluarga bagi pasien. Dari 31 responden tersebut, nilai p <0,05 yaitu p = 0,000, hasil dimana p <0,05 yaitu 0,003 <0,05, sehingga H1 diterima, H0 ditolak, yang artinya ada hubungan antara usia dengan tingkat kecemasan pasien yang akan menghadapi operasi, dan ada hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat kecemasan pasien yang akan menghadapi operasi, lalu ada hubungan antara pendidikan dengan tingkat kecemasan pasien yang akan menghadapi operasi, serta ada hubungan antara pengalaman operasi dengan tingkat kecemasan pasien yang akan menghadapi operasi, lalu ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien yang akan menghadapi operasi. Penelitian ini dapat menambah pengetahuan di bidang keperawatan khususnya keperawatan bedah medik untuk dijadikan sumber belajar asuhan keperawatan pada pasien laparotomi pra operasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Tasbihul, Warongan, Anwar Wardi, & Rayasari, Fitrian. (2020). Pengaruh Kinesio Taping Terhadap Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Laparatomi Di Rumah Sakit Umum Dr Darajat Prawiranegara, Serang-Banten Tahun 2019. Journal of Holistic Nursing Science, 7(1), 71–87.

Azis, Muhammad Dirham. (2018). Pengaruh motivasi kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 1–11.

FIVI NOVITA, FIVI NOVITA, Andriani, Ns Yessi, Mat, M. Kep Sp Kep, Andriani, Ns Yessi, Mat, M. Kep Sp Kep, Yosefina, Ns, & Yosefina, Ns. (2019). Asuhan keperawatan pada Ny N post partum perpaginam+ episiotomi dalam pemenuhan kebutuhan dasar nyeri dengan kompres dingin (NACL 0.9%) di ruangna KB IGD RSAM Bukittinggi tahun 2019. STIKes PERINTIS PADANG.

Haniba, Septiana Wulandari. (2018). Analisa Faktor-Faktor Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien yang Akan Menjalani Operasi (di Ruang Rawat Inap Melati RSUD Bangil Tahun 2018). STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

Hasanah, Nur. (2017). Hubungan Pengetahuan Pasien Tentang Informasi Pre Operasi Dengan Kecemasan Pasien Pre Operasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(1).

Hawari, Dadang. (2013). Manajemen Stres Cemas dan Depresi: Jakarta Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Indriyani, Putri, & Faradisi, Firman. (2021). Literature Review: Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Peningkatan Peristaltik Usus Pasien Post Pembedahan Laparatomi. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 2220–2223.

Maendra, I. Ketut. (2014). Prevalensi Tingkat Kecemasan Pada Pasien Infark Miokard Lama di Poliklinik Jantung RSUP Prof. Dr. RD KANDOU. E-CliniC, 2(3).

Mulyawati, Isti, Kuswardinah, Asih, & Yuniastuti, Ari. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Keamanan Jajanan terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak. Public Health Perspective Journal, 2(1).

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 200, 26–35.

Nursalam, S. (2013). Metodologi penelitian ilmu keperawatan pendekatan praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Puspitasari, Betristasia. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Wanita Premenopause dalam Menghadapi Masa Menopause. Jurnal Kebidanan, 9(2), 115–119.

Ramdhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sari, Yuli Permata. (2019). Pengaruh Latihan Lima Jari terhadap Kecemasan pada Pasien Pre Operasi Laparatomi di Irna Bedah RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Menara Ilmu, 13(10).

Stuart, Gail W. (2019). Buku saku keperawatan jiwa. EGC.
Wigatiningsih, Yunita, Hermawan, Hermawan, & Elisa, Elisa. (2020). Pengaruh Pemberian Terapi Musik (Murottal) terhadap Kecemasan pada Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea di Ruang Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD KRMT Wongsonegoro. JURNAL KEPERAWATAN MERSI, 9(1), 19–22.
Published
2022-12-04