Pembacaan Surah Yusuf, Muhammad dan Al-Jin dalam Tradisi Rokat Rumah di Dusun Brumbung, Desa Bicorong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan

  • Mohammad Farah Ubaidillah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Samsul Arifin Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Misnawi Misnawi Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Sya’roji Sy Institut Agama Islam Negeri Madura
Keywords: Rokat, Tradisi, Fenomenologi

Abstract

Tradisi atau kebiasaan merupakan bentuk kegiatan yang dilaksanakan berulang-ulang dengan cara yang sama. Dalam kegiatan pembacaan urah Yusuf, Muhammad dan Al-Jinn dalam tradisi rokat rumah di Dusun Brumbung, Desa Bicorong untuk melaksanakan tradisi tersebut ketika diberikan rezeki oleh Allah untuk membuat atau membeli rumah baru dan rumah tersebut mu ditempati maka wajib melaksanakan rokat rumah dengan tujuan memohon atau meminta keselamatan kepada Allah untuk orang yang menempati rumah tersebut entah keselamatan dari bencana, keharmonisan keluarga bahkan godaan setan. penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Makna surah Yusuf, Muhammad dan Al-jinn dan untuk mengetahui bagaimana prosesi rokat rumah di Dusun Brumbung Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Penelitian termasuk penelitian living Qur’an. Untuk mengungkap makna dari kegiatan pembacaan surah Yusuf, Muhammad dan Al-jinn pada tradisi rokat rumah di Dusun Brumbung Desa Bicorong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, penulis menggunakan pendekatan fenomenologi milik Edmund Husserl yang menggunakan 3 reduksi yaitu reduksi fenomenologis, reduksi edetic, dan reduksi transendental

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (jakarta: Renika Cipta, 2020).

Aslan, “Nilai Nilai Kearifan Local Dalam Budaya Pantang Larang Suku Melayu Sambas” Ushuluddin, Vol.16, No.1, (2017)

Atabik, Ahmad. “The Living Quran: Potret Budaya Tahfidz Al-Quran Di Nusantara, “Penelitian, Vol. 8, No. 1, (2014)

Aqli, M. Rosyiful. Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan, (Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi, Januari 2020)

Dahlan, Moh. “Pemikiran Fenomenologi Edmund Husserl dan Aplikasinya dalam Dunia Sains dan Studi Agama”, Vol. 13, No. 1, (2010)

Habiansyah, “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial Dan Komunikasi”, Mediator, Vol. 9, No. 1, (2008)

Junaedi, Didi. “Living Quran: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Kajian Al-Quran”, Quran And Hadith, Vol. 4, No. 2, (2015),

Lorens Bagus, Kamus Filsafat (Jakarta:Pustaka Utama, 2002)

Ma’arif, Samsul. The History of Madura: Sejarah Panjang Madura dari Kerajaan, Kolonialisme sampai Kemerdekaan (Yogyakarta: Askara, 2015)

Muhtador, Mohammad. “ Pemaknaan Ayat Al-Quran Dalam Mujahadah”, Penelitian, Vol. 8, No. 1, (2014)

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Quran Dan Tafsir, (Yogyakarta: Idea Press, 2018),

Nella. Ramadhani, Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi, Vol. 19, No. 2, (2011)

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah , (Jakarta: Lentera Hati, 2002)

Soegianto, Kepercayaan, Magi dan Tradisi Dalam Masyarakat Madura. (Jember: Tapal Kuda, 2003) Kuper, Adam Kuper dan Jessica Esiklopedi Ilmu-Ilmu Sosial. Terj. Haris Munandar, Aris Aanda, Meri J. Binsar, Yanto Mustof, dan Tri Wibowo Budi Santoso. Edi- tor Zubaidi. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 1996),

Sudarman, “Fenomenologi Husserl Sebagai Metude Filsafat Eksistensia”, al-Adyan, Vol. 9, (2014)

Suprayogo, Imam. dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama.(Bandung: Remaja Rosdakarya. 2003)

Sztompka, Piotr. Sosiologi Perubahan Sosial (Jakarta: Prenada Media, 2007)

Tim Penyusun Ensiklopedi Pamekasan. 2010. Insiklopedi Pamekasan: Alam, Masyarakat dan Budaya. Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Pamekasan Bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Van Peursen, C.A. Strategi Kebudayaan, (Yogyakarta: Kanisisus, 1988)
Published
2022-12-04