Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Kasus Pada Ud.Keripik Pakde)

  • Ditha Liestya Rini Program Studi Manajemen Pemasaran, Sekolah Tinggi Manajemen Sukma
  • Diana Suksesiwaty Lubis Program Studi Manajemen Pemasaran, Sekolah Tinggi Manajemen Sukma
Keywords: Strategi Pemasaran, UMKM, Daya Saing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaranUD. Keripik Pakde dalam meningkatkan daya saing UMKM, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran UD. Keripik Pakde dalam meningkatkan daya saing UMKM dan mengetahui mengetahui efektifitas penerapan strategi pemasaran UD. Keripik Pakde dalam meningkatkan daya saing UMKM. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan strategi pemasaran yang digunakan menggunakan strategi marketing mix (7P). Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Keripik Pakde telah menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari, Product, Price, Promotion, Proces, people, Place dan physical evidence, Produk yang dihasilkan oleh UD.Keripik Pakde memilik jumlah variasi yang beragam sehingga dapat menyesuaikan dengan selera setiap konsumen. penerapkan strategi harga, UD.Keripik Pakde mampu menembus pasar dan bersaing dengan pelaku usaha produk serupa karena memberikan harga yang relatif terjangkau bagi masayarakat. UD.Keripik Pakde cukup efekti dalam memasarkan produknya seperti dalam hal peningkatan jumlah produksi serta penjualan setiap tahunnya dengan mejaga kualitas produk, harga, serta dalam hal pengembangan inovasi variasi produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasia, Mahilda, & Oktafia, Renny. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 431–444. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773

Bismala, Lila, Andriany, Dewi, Susihandaya, & Hafsa. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing UKM. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

fitria, Ida Lailatul. (2020). Strategi Bauran Pemasaran Industri Batik Untuk Meningkatkan Daya Saing (Study pada Gotin Batik Warlami Karangan Trenggalek). In Landasanteori.Com.

Helena, Sembiring, & Ima, Rohima. (2018). Daya Saing Indonesia Melemah. Malang: MNC (Media Nusa Creative).

Mardani, Anggi Alvionita. (2018). Analisis Eksploitasi Sumber Daya Alam Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Penambang Batu Di Gunung Kunyit Kelurahan Bumi Waras Kecamatan Bumi Waras). UIN Raden Intan Lampung.

Musfar, Tengku Firly. (2020). Buku Ajar Manajemen pemasaran Bauran pemasaran sebagai materi pokok dalam manajemen pemasaran. CV.Media Sains Indoneia.

Novitasari, Anindita Trinura. (2022). Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi. Deepublish.

Priansa, Donni Juni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: ALFABETA.

Pujaastawa, Ida Bagus Gde. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4.

Romindo, Romindo, Muttaqin, Muttaqin, Saputra, Didin Hadi, Purba, Deddy Wahyudin, Iswahyudi, M., Banjarnahor, Astri Rumondang, Kusuma, Aditya Halim Perdana, Effendy, Faried, Sulaiman, Oris Krianto, & Simarmata, Janner. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Saleh, Muhammad Yusuf, & Said, Miah. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: Sah Media.

Sofjan Assauri. (2018). Manajemen Perusahaan Dasar, Konsep dan Startegi (1st ed.). Jakarta.

Sunyoto, Danang. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Center of Akademic Publishing Service (CAPS).

Timbuleng, S., Tumbel, A. L., & Lintong, D. C. A. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM ( Studi Kasus Pada Friska Beauty Studio Tomohon ) Analysis Of Marketing Mix Strategy To Increase Competitiveness UMKM ( Study Case Of Friska Beauty Studio Tomohon ) Jurnal EMBA Vol . 9. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 9(2), 1178–1184.

Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran (IV). Yogyakarta: CV.ANDI.
Published
2022-12-04