Strategi Pengembangan Objek Wisata Alam Pulau Paniki Di Desa Kulu Kec.Wori Kab. Minahasa Utara

  • Sicilia Selvy Panelewen Politeknik Negeri Manado
  • Margaretha N. Warokka Politeknik Negeri Manado
  • Rolina Emmy Manggopa Politeknik Negeri Manado
Keywords: Strategi, Pengembangan, Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sampai sejauh mana potensi yang dimiliki oleh objek wisata Pulau Paniki dapat memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat  Desa Kulu disamping pendapatan masyarakat setempat sebagai nelayan. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah, menggunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian diskriptif dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang perencanaan pariwisata sehingga potensi dan pengembangan objek wisata alam di Desa Kulu, Kecamatan Wori dapat dijalankan sesuai karakteristik pariwisata dan kunjungan wisatawan ditingkatkan. Dimana metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Kesatu melalui wawancara yaitu kepada Perangkat Desa, dan pelaku bisnis usaha wisata. Kedua, observasi, metode pengumpulan data yang dipakai selain metode wawancara adalah metode observasi, dimana langsung turun lapangan mengobservasi keberadaan potensi dan pengembangan objek wisata serta wisatawan di daerah ini. Ketiga, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di objek wisata Pulau Paniki di Desa Kulu Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, Pulau Paniki memiliki daya tarik dan potensi wisata yang beragam, Ada beberapa konsep pengembangan pariwisata yang dapat diwujudkan oleh pengelola, perintah, dan masyarakat Desa Kulu dalam memajukan wisata Pulau. Berdasarkan analisis SWOT terhadap objek wisata Pulau Paniki diketahui keunggulannya adalah pemandangan indah dengan jejeran hutan mangrove dipinggir pantai disertai pasir putih yang timbul pada saat nyare merupakan salah satu faktor penunjang untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Banyak strategi yang dapat digunakan dalam upaya pengembangan objek wisata Pulau Paniki yang berada di Desa Kulu Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara, salah satunya adalah menerapkan Model Communitty Based Tourism (CBT).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, Nafiah, Fauzi, Akhmad, & Umar, Farhat. (2020). Model hubungan aktor pemangku kepentingan dalam pengembangan potensi pariwisata Kedung Ombo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 357–378.

Bismala, Lila, & Handayani, Susi. (2014). Model manajemen umkm berbasis analisis swot. Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM.

Data, Sumber. (n.d.). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data primer. Sumber Data Primer.

HALIM, CHRISSYCA, NUGROHO, NGAJUDIN, & HUTABARAT, FAUZI AKBAR MAULANA. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1).

Iting, Andi. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Anugrah Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 81–95.

Kartika, Titing, Indrianty, Septy, & Yuliani, Sonya Putri. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Pantai Gandoriah terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan di Kota Pariaman. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 2(3), 287–299.

Mayangsari, Dian, Muin, Sudirman, & Siahaan, Sarma. (2017). Persepsi masyarakat terhadap keberadaan objek ekowisata mangrove di desa pasir kecamatan mempawah hilir kabupaten mempawah. Jurnal Hutan Lestari, 5(3).

Mengko, Seska Meily Hermin, & Sambeka, Vesty Like. (2020). Identifikasi Potensi Objek Wisata Pulau Paniki di Desa Kulu Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. HOSPITALITY AND TOURISM, 3(2).

Mesra, B., Surya, Elfitra Desy, & Saragih, Megasari Gusandra. (n.d.). PARIWISATA SUPER PRIORITAS DANAU TOBA.

Okazaki, Etsuko. (2008). A community-based tourism model: Its conception and use. Journal of Sustainable Tourism, 16(5), 511–529.

Pramiyati, Titin, Jayanta, Jayanta, & Yulnelly, Yulnelly. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679–686.

Rahman, Syamsul. (2018). Membangun pertanian dan pangan untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Deepublish.

Rau, Arnol R., Kusen, Janny D., & Paruntu, Carolus P. (2013). Struktur Komunitas Moluska di Vegetasi Mangrove Desa Kulu, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Pesisir Dan Laut Tropis, 1(2), 44–50.

Sari, Anggraeni Wulan. (2018). Pengembangan objek wisata budaya/religi makam Sunan Drajat Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan). UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

Suweta, I. Made. (2020). Kebudayaan Bali Dalam Konteks Pengembangan Pariwisata Budaya. Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 1(1), 1–14.
Published
2022-12-12