Studi Kasus Dinamika Psikologis Anak dengan Gangguan Autism Spectrum Disorder

  • Octaviani Bella Angela Universitas Surabaya
Keywords: autism spectrum disorder, dinamika psikologis, modifikasi perilaku, konseling keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dinamika psikologis gangguan autism spectrum disorder yang dialami oleh anak. Penelitian ini merupakan studi kasus yang bersifat kualitatif dengan satu partisipan yaitu Ben, anak laki-laki berusia 3 tahun. Metode pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan beberapa tes psikologi yaitu Denver Developmental Screening Test (DDST), Vineland Social Scale (VSMS), Modified Checklist for Autism in Toddler (M-CHAT) dan M CHAT-R Follow Up. Hasil menunjukkan terdapat faktor internal seperti kondisi fisik, perkembangan yang terlambat dan faktor eksternal seperti perbedaan pola asuh, dan kepribadian dari ibu. Adanya pemicu berupa pemberian gadget juga berkontribusi memperparah gangguan autism spectrum disorder. Intervensi dilakukan untuk mengoptimalkan potensi anak melalui psikoedukasi dan konseling kepada keluarga dan membantu anak dengan pemberian intervensi modifikasi perilaku dan metode flash card. Hasil intervensi menunjukkan bahwa orangtua sudah dapat menerima dan lebih memahami kondisi anak. Ben juga sudah mampu untuk mengikuti instruksi, melakukan kontak mata, dan menirukan perkataan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanah, Siti, Mahendra, Aidil Muhammad, & Silaen, Jefri. (2023). Peran Konseling Keluarga dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3406–3409.

Anam, Akhyarul, Khasanah, Uswatun, & Isworo, Atyanti. (2019). Terapi audio dengan murottal Alquran terhadap perilaku anak autis: Literature Review. Journal of Bionursing, 1(2), 163–170.

Colin, Vellyza, Keraman, Buyung, Maydinar, Dian Dwiana, & Eca, Eca. (2020).
Pengaruh terapi bermain (skill play) permainan ular tangga terhadap tingkat kooperatif selama menjalankan perawatan pada anak prasekolah (3-6 tahun) di Ruang Edelweist RSUD Dr. M Yunus Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 8(1), 111–116.

Endriani, Ani, Astuti, Farida Herna, Lukitasari, Diah, & Rayani, Dewi. (2020). Penyuluhan Pemahaman Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 172–176.

Fatmawati, Diah Ayu. (2015). HUBUNGAN GANGGUAN PENYIMPANGAN MENTAL EMOSIONAL DENGAN PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI PAUD ESYA KECAMATAN BUDURAN. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Geniofam, G. (2010). Mengasah & Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Garailmu.

Handajani, Diani Octaviyanti, & Yunita, Nourma. (2019). Apakah Ada Pengaruh Terapi Bermain Puzzle terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi di Rs Bhakti Rahayu Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), 198–204.

Indiarti, Priscilla Titis, & Rahayu, Puspita Puji. (2020). Penerimaan ibu yang memiliki anak autis. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(1), 34.

Indiyana, Anisa, & Utami, Ratih Dwilestari Puji. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA PARENTAL AWARENESS DENGAN KEMANDIRIAN ADL (ACTIVITY DAILY LIVING) PADA ANAK AUTIS DI SLB YPAC PROF. DR. SOEHARSONO SURAKARTA.

Jenderal, Sekretariat, & Data, Pusat. (2020). Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) 2020/2021.

Karst, Jeffrey S., & Van Hecke, Amy Vaughan. (2012). Parent and family impact of autism spectrum disorders: A review and proposed model for intervention evaluation. Clinical Child and Family Psychology Review, 15, 247–277.

Organization, World Health. (2013). Meeting report: autism spectrum disorders and other developmental disorders: from raising awareness to building capacity: World Health Organization, Geneva, Switzerland 16-18 September 2013.

Putri, Ayuana Oktaviani. (2018). Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Prasekolah (Studi di TK Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang). STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

Putri, Siti Sonalia, Idarianty, Idarianty, & Della Yusra, Amrina. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS INKLUSI. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

RAHAYU, ISMI. (2019). TEKNIK TERAPI DALAM MENUMBUHKAN BAKAT ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI YAMET CHILD DEVELOPMENT CENTER GARUNTANG BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.

RAHMAANI NURHAKIIM, S. R. I. (2020). PENGARUH TERAPI PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN DENGAN GANGGUAN JIWA: LITERATURE REVIEW.

Saputra, Eko. (2021). PENERAPAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK KLASIFIKASI AUTISM SPECTRUM DISORDER. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Svenaeus, Fredrik. (2014). Diagnosing mental disorders and saving the normal: American Psychiatric Association, 2013. Diagnostic and statistical manual of mental disorders, American Psychiatric Publishing: Washington, DC. 991 pp., ISBN: 978-0890425558. Price: $122.70. Medicine, Health Care and Philosophy, 17, 241–244.
Syahputra, Bayu Ajie. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Terhadap Tingkat Keterampilan Sosial Pada Anak Autisme. STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

Wintari, Santi Tri. (2020). Studi Kasus Dinamika Psikologis Pasien dengan Gangguan Mental Psikotik Skizoafektif. Psyche 165 Journal, 13(1), 114–120.
Published
2022-12-12