Peringati Hari Lingkungan Hidup dengan Edukasi Trend Fast Fashion yang Menimbulkan Dampak Pada Kesehatan dan Lingkungan

  • Bersellynica Azarine Azzahra Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
  • Tarissa Diandra Putri Wibowo Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
  • Putri Bunga Triviera Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
  • Jordy Maulana Ahmad Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
  • Brihastami Sawitri Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
Keywords: fast fashion, sustainable fashion, trendy, edukasi

Abstract

Setiap tahun, lebih tepatnya setiap tanggal 5 Juni, kita memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Hari itu diperingati demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. Namun, masih banyak kebiasaan atau habit kita sebagai makhluk hidup yang sebenarnya justru ‘menyakiti’ bumi kita. pola  konsumtif  dan  perubahan  tren  yang  berubah dengan cepat menyebabkan munculnya konsep ready to  wear, yaitu fast . Fast fashion dideskripsikan sebagai koleksi busana murah yang mengikuti tren serta waktu produksi yang cepat. Survei menempatkan Zara, H&M dan Uniqlo pada urutan kedua, keempat, dan ketujuh merek fast fashion yang diminati di seluruh dunia. Alasan kami memilih topik ini karena kami ingin mengedukasi masyarakat terkait bahaya fast fashion terhadap kesehatan dan lingkungan. Kami melakukan sebanyak 3 (tiga) kali intervensi. Intervensi pertama terdiri dari Opening Volunteer, upgrading peserta, dan Live Instagram. Intervensi kedua terdiri dari Webinar & QnA tentang Dampak Fast Fashion terhadap Kesehatan, Buruh Kerja, dan Lingkungan, Talkshow & QnA, serta workshop recycle pakaian bekas bersama dengan dokter, influencer, dan eksternal partner. Pada intervensi kedua ini kami juga mengadakan pre-test dan post-test untuk mengevaluasi hasil pemahaman yang didapatkan oleh responden, dengan total responden sebanyak 187 responden. Pada intervensi ketiga, kami membagikan sebuah lookbook yang berisi tentang hasil pemotretan model yang menggunakan sustainable fashion, serta melakukan follow-up Quiz dengan nilai rata-rata 86,75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakti, Andi Budi, Matthew, Arief, Muflikhun, Muhammad Akhsin, Saputra, Muhammad Rizky Aprilla, Akbar, Ridwan Firdaus, Tiffani, Sabrina, Wijaya, Theodorus Jonathan, & Antonius, Yulanda. (2022). Kumpulan Karya Literasi Mahasiswa Indonesia: Indonesia Dan Revolusi Industri 4.0. Deepublish.

Diantari, Ni Kadek Yuni. (2021). Fast Fashion Sebagai Lifestyle Generasi Z Di Denpasar. Sandi: Seminar Nasional Desain, 1, 98–104.

Dory, Kaya. (2018). Why Fast Fashion Needs To Slow Down. Un Environment.

Johnny, W., & Arief, B. (N.D.). Survive, Plan, Grow-Kiat Menghadapi Gelombang Krisis. Guepedia.

Mufidhah, Ikhwani, Santosa, Budi, & Psi, S. (2020). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Perilaku Altruistik Pada Relawan Di Komunitas Joli Jolan Surakarta. Iain Surakarta.

Mufirdah, Dinda. (N.D.). Pengaruh Convenience, Performance, Dan Privacy Dalam Penerapan Aplikasi Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Berbelanja Online. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ni Kadek, Yuni Diantari. (2021). Fast Fashion Sebagai Lifestyle Generasi Z Di Denpasar (Fast Fashion As A Generation Z Lifestyle In Denpasar). Seminar Nasional Desain–Sandi, 1.

Novengel, Jesica. (2021). Perancangan Event Webinar Flawsome. Universitas Multimedia Nusantara.

Nugroho, Sigit Sapto, Sh, M., Nurchayati, Zulin, Psi, S., Nurhidayati, Hindun, Sos, S., & Kom, M. I. (2022). Komodifikasi Pariwisata Berbasis Masyarakat & Kearifan Lokal. Penerbit Lakeisha.

Qonaah, Siti. (2019). Strategy Kampanye Gerakan# Bijakberplastik Pt Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018. Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 10(1), 48–55.

Rimanovita, Lidwina Vallery. (2021). Pengaruh Kualitas Pesan Kampanye# Hmconscious Terhadap Persepsi Khalayak Di Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rufikasari, Yohana Defrita. (2022). Telaah Teologi, Ekonomi Dan Ekologi Terhadap Fenomena Fast Fashion Industry. Teologis-Relevan-Aplikatif-Cendikia-Kontekstual, 1(2), 64–83.

Shabrina, Mutiara Hikmah. (2022). Bioakumulasi Logam Berat Timbal (Pb) Dan Kadmium (Cd) Pada Kerang Darah Anadara Granosa L. Di Perairan Biringkassi, Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan= Bioaccumulation Of Heavy Metals Lead (Pb) And Cadmium (Cd) In Blood Shells Anadara Granosa L. In Biring. Universitas Hasanuddin.

Situmorang, Enrico, Letsoin, Boginskaya, Briyan, Arton, Suryani, Liya, & Ekasari, Ayu. (2021). Perilaku Pembelian Merek Fast Fashion Pada Generasi Milenial Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (Jabm), 7(3), 778.

Wahyu Nugroho, Wahyu. (2022). Buku Ajar: Hukum Lingkungan Dan Pengeloaan Sumber Daya Alam.
Published
2022-12-12