Peran Mindfulness Dalam Menurunkan Kecemasan pada Mahasiswa Dimoderasi Oleh Gender

  • Nabilla Nathania Universitas Indonesia
  • Ratna Djuwita Universitas Indonesia
  • Joevarian Hudiyana Universitas Indonesia
Keywords: anxiety, ; college student, gender differences, mindfulness

Abstract

Kecemasan adalah salah satu masalah kesehatan mental yang penting untuk diperhatikan pada mahasiswa. Dari studi kepustakaan diketahui bahwa salah satu cara yang dapat menurunkan tingkat kecemasan adalah mindfulness. Namun dari penelitian terdahulu ditemukan adanya ketidakkonsistenan hubungan antara mindfulness dengan gender. Oleh dari itu penulis ingin mengetahui apakah gender dapat memoderasi mindfulness dalam menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling, dengan jumlah partisipan 272 mahasiswa. Uji analisis yang digunakan adalah uji regresi dengan hasil p value 0.179 (p>0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak adanya efek moderasi gender terhadap mindfulness dalam menurunkan tingkat kecemasan pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amru, Muhammad Fahizza, & Ambarini, Tri Kurniati. (2021). Hubungan antara Trait Mindfulness dan Kesepian pada Orang Dewasa Awal. Buletin Penelitian Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1064–1074.

AZIIZAH, SARAH NURUL. (2019). PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP CYBERBULLYING PADA MAHASISWA KORBAN CYBERBULLYING DI UNIVERSITAS X. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Christianto, Laurentius Purbo, Kristiani, Reneta, Franztius, David Nicholas, Santoso, Sebastian Darren, & Ardani, Aurelia. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67–82.

Dewi, Mia Chandra. (2021). Hubungan Mindfulness Sufistik Dengan Penerimaan Diri Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Tasawuf Dan Psikoterapi UIN walisongo Semarang. Skripsi Fakultas Ushuluddin Dan Humaniora Universitas UIN Walisongo Semarang.

Dyah, Ayu Suci Purnamaning, & Fourianalistyawati, Endang. (2018). Peran trait mindfulness terhadap kesejahteraan psikologis pada lansia. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(1), 109–122.

Fathurohman, Fahmi. (2021). ANALISIS MEDIA ZOOM MEETING UNTUK PEMBELAJARAN DARING DIMASA COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Studi Kualitatif Deskriptif). FKIP UNPAS.

Faulinna, Na’ita. (2022). Pengaruh Pelatihan Mindfulness Based Stres Reduction (Mbsr) Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Perawat Gugus Tugas Covid-19 Rsud X. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Fitriani, Anisa, & Supradewi, Ratna. (2019). Desensitisasi Sistematis dengan Relaksasi Zikir untuk Mengurangi Gejala Kecemasan pada Kasus Gangguan Fobia. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3(2), 75–88.

IMANI, TIURINNA CATHLIN. (2022). HUBUNGAN MAWAS DIRI TERHADAP CITRA TUBUH REMAJA PEREMPUAN PENGGUNA INSTAGRAM DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI.

Kang, Yoona, Rahrig, Hadley, Eichel, Kristina, Niles, Halsey F., Rocha, Tomas, Lepp, Nathaniel E., Gold, Jonathan, & Britton, Willoughby B. (2018). Gender differences in response to a school-based mindfulness training intervention for early adolescents. Journal of School Psychology, 68, 163–176.

Maharani, Ega Asnatasia. (2019). Eksplorasi Mindful Teaching Sebagai Strategi Inovatif dalam Pembelajaran Bagi Guru PAUD. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 152–158.

Marisa, Dinda, & Afriyeni, Nelia. (2019). Kesepian dan self compassion mahasiswa perantau. Psibernetika, 12(1).

Muis, Tamsil, Syafiq, Muhammad, & Savira, Siti Ina. (2011). Bentuk, penyebab, dan dampak dari tindak kekerasan guru terhadap siswa dalam interaksi belajar mengajar dari perspektif siswa di smpn kota surabaya: sebuah survey. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 1(2), 63–74.

Nia, Diniyatul Aini. (2022). Konseling islam dengan behavioral therapy untuk mengatasi kecemasan seorang remaja di Kabupaten Gresik. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ningrum, Fifyn Srimulya, & Amna, Zaujatul. (2020). Cyberbullying victimization dan kesehatan mental pada remaja. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5(1), 35–48.

Nolen-Hoeksema, Susan, & Jackson, Benita. (2001). Mediators of the gender difference in rumination. Psychology of Women Quarterly, 25(1), 37–47.

Novrizal, Ikhwansyah. (2018). PENGARUH DISKRIMINASI ETNIK TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIK DIMODERASI STRATEGI COPING (Studi Pada Siswa Suku Bajo di Kabupaten Wakatobi). University Of Muhammadiyah Malang.

Saleh, Lalu Muhammad, Russeng, Syamsiar S., & Tadjuddin, Istiana. (2020). Manajemen stres kerja (sebuah kajian keselamatan dan kesehatan kerja dari aspek psikologis pada ATC). Deepublish.

Septiani, Indri, & Samputra, Palupi Lindiasari. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Akibat Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 240–249.

Shapiro, Shauna L., Carlson, Linda E., Astin, John A., & Freedman, Benedict. (2006). Mechanisms of mindfulness. Journal of Clinical Psychology, 62(3), 373–386.

Sriati, Aat, Hernawaty, Taty, Khaerera, Annisa, Aulia, Fitri, Yolanda, Yolanda, Rahmawati, Siti, & Yuda, Nandi Prima. (2022). INTERVENSI MINDFULNESS UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA PASIEN PENYAKIT KRONIS: NARRATIVE REVIEW. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 953–962.

Sugiyanti, Desi Ari, Suhariyanti, Enik, & Priyanto, Sigit. (2017). Pengaruh Guided Imagery Dalam Menurunkan Stress Siswa Menghadapi Proses Boarding School Di Smk Kesdam IV Kota Magelang. Journal of Holistic Nursing Science, 4(2), 50–58.

Syati, Sutria Nirda. (2017). HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DAN CITRA TUBUH TERHADAP STATUS GIZI WANITA USIA SUBUR PRANIKAH DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH KECAMATAN TERBANGGI BESAR, KABUPATEN LAMPUNG TENGAH.
Utay, Joe, & Miller, Megan. (2006). Guided Imagery as an Effective Therapeutic Technique: A Brief Review of its History and Efficacy Research. Journal of Instructional Psychology, 33(1).

Wahyu Nugroho, Wahyu. (2022). Buku Ajar: HUKUM LINGKUNGAN DAN PENGELOAAN SUMBER DAYA ALAM.

Wahyuni, Esa Nur, & Bariyyah, Khairul. (2019). Apakah spiritualitas berkontribusi terhadap kesehatan mental mahasiswa? Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 46–53.

Wawa, Laola Badu. (2022). PENGARUH KUALITAS PERSAHABATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DIMODERASI RELIGIUSITAS SANTRI. Universitas Muhammadiyah Malang.

Yuniarto, Bambang. (2013). Membangun kesadaran warga negara dalam pelestarian lingkungan. Deepublish.
Published
2022-12-12