Rancang Bangun Smart Magic Soap (Alat Cuci Tangan Otomatis) Menggunakan Sel Surya dan Android Sebagai Monitoring

  • Slamet Raharjo ekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Handayani Makassar
Keywords: Pembersih Tangan, Infrared, LCD, Sel Surya, Arduino, Android

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk merancang alat cuci tangan otomatis bertenaga surya dengan android sebagai alat monitoring. Alat ini menggunakan sensor infra merah (infrared) sebagai pendeteksi yang fungsinya dikendalikan oleh Mikrokontroler Arduino Uno. Mesin akan bekerja bila sensor infra merah mendeteksi adanya tangan atau benda lainnya yang menghalanginya dan akan berhenti bekerja bila penghalang tersebut sudah tidak ada, alat ini juga berkemampuan untuk memonitoring persediaan air, sabun, pengering tangan dan sel surya. Jika persediaan atas air, sabun dan sel surya sudah memasuki level tertentu maka alat monitoring ini akan memberitahukan melalui aplikasi APP Inventor. Melalui uji kelayakan, alat ini dapat berfungsi dengan baik sebagai solusi atas teknologi tanpa sentuh, sehingga penularan terhadap bakteri maupun virus bisa dihindari. Demikian juga dengan menggunakan selsurya sebagai tenaga alternatif dengan  penyimpanan daya menggunakan aki didapat 2 jam sebagai pemakaian setiap hari dalam 1 bulan, di dapat efisiensi Rp. 176, 071, 2 setiap bulannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Magdalena, Enggrila D., & Tondobala, Linda. (2016). Implementasi Konsep Zero Energy Building (Zeb) Dari Pendekatan Eco-Friendly Pada Rancangan Arsitektur. Media Matrasain, 13(1), 1–15.

Pontoh, Siti Nurhalisa, Mokalu, Benedicta, & Paat, Cornelius J. (2021). Dampak Pembangunan PLTU Terhadap Perubahan Mata Pencarian Masyarakat Desa Binjeita II Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 1(1).

Rizak, Ifsyaasyifa. (2022). Evaluasi Strategi Komunikasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Akan Kesehatan Di Masa Pandemi (Studi Pada Pkk Desa Lembursawah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi). UPN’Veteran" Yogyakarta.

Sadeli, A. L. I., Rahman, Fuad, & M Iqbal, Iqbal. (2022). Pengelolaan Dana Masjid Untuk Kepentingan Protap Covid 19 di Kota Jambi Dalam Perspektif Hukum Islam. UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

Seni, Bonaventura Aldino Senda. (2022). Kendali Dan Monitoring Tds Nutrisi Dan Ph Pada Budidaya Tanaman Selada (Lactuca Sativa Var. Crispa L) Hidroponik Berbasis Internet Of Things (Iot). Universitas Komputer Indonesia.

Tjipta, Guslihan Dasa. (2020). Infeksi Covid-19 Penyebaran dan Pencegahannya pada Anak. Pemikiran Guru Besar USU, 94.

Munawar, 2018, Analisa Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML, Bandung, Informatika

Abdul Kadir, 2017, Buku Pintar App Inventor, Yogyakarta, Andi

Dodit Suprianto, Vipkas Al Hadid, Rini Agustina, Dimas Wahyu Wibowo, 2019, Microcontroller Arduino Untuk Pemula, 2002, Jasakom

Abdul kadir, 2018, Dasar Pemrograman Robot menggunakan Arduino, Yogyakarta, Andi

Handoko Rusiana Iskandar, S.T., M.T. 2020, Buku Praktis Belajar Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Universitas Jendral Ahmad Yani, Semarang

Jason Schenker, Masa Depan Dunia Setelah Covid-19: Perubahan, Tantangan, dan Peluang di Berbagai Sektor Kehidupan Pasca Pandemi, 2020, Jakarta, Alvabet

Putra Chaniago, Starting Out With App Inventor For Android by Tony Gaddis, 2015 Jakarta

Dr.dr Hand Tandra, Virus Corona Baru COVID-19, 2020, Jakarta

Fitria Hidayanti Sel Surya LP Unas 2020

Majalah GRIYA KREASI - 40 Desain Wastafel Kreatif, 2020 Jakarta
Published
2022-12-15