Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Dengan Penampilan Mengajar

  • Ali Hasan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Keywords: Kepemimpinan, Motivasi Kinerja Guru, Penampilan Mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi kerja dengan Penampilan Mengajar. Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan penampilan mengajar, (2) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan penampilan mengajar, (3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan penampilan mengajar.  Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah seluruh guru SD di Kecamatan gabus Wetan, Kabupaten Indramayu. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling. Untuk menghitung validitas instrumen penelitian, menggunakan rumus Pearson Product Moment dan untuk menghitung reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba instrumen adalah sebagai berikut: kepemimpinan kepala sekolah mempunyai Inn = 0.98, motivasi kerja Inn 0,98 dan penampilan mengajar Inn = 0,97. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan penampilan mengajar. (2) Terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru terhadap penampilan mengajarnya. (3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan penampilan mengajar.  Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama memberikan sumbangan yang berarti terhadap penampilan mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alshmemri, Mohammed, Shahwan-Akl, Lina, & Maude, Phillip. (2017). Herzberg’s two-factor theory. Life Science Journal, 14(5), 12–16.

Am, Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Casey, Rickey Jon. (2014). An Empirical Study of the Hackman and Oldham Model of Motivation In Nicaragua, Guatemala, Mexico, Costa Rica, Belize, Honduras, El Salvador and the United States. Journal for Excellence in Business & Education, 3(2).

Farikh, Amin. (2016). Kesiapan Guru Madrasah di Kota Semarang Dalam Menghadapi Pelaksanaan Ppg. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 2(1), 1–19.

Febrilyani, Gita. (2019). Tanggung Jawab Dokter Atas Kelalaian Dalam Diagnosa Penyakit Yang Mengakibatkan Kerugian Bagi Pasien Dihubungkan Dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Jo Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. bandung: Fakultas Hukum Unpas.

Gibson, James L. (2007). Organisasi dan manajemen, perilaku, struktur, proses, terjemahan: Djoerban wahid. Erlangga. Jakarta.

Hasanah, Siti Muawanatul. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era pandemi covid 19. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(3), 256–279.

Hijrawan, Radia. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Satuan Pendidikan Islam Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 69–82.

Nasution, Efrizal. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).

Prim Masrokan Mutohar, M. Pd, Jani, H., & MM, M. Pd. (2020). Mutu dan Daya Saing Pendidikan Tinggi: Tinjauan Kepemimpinan, Layanan, Budaya Akademik, dan Kinerja. Penerbit CAHAYA ABADI.

Russamsi, Yunus, Hadian, Hanhan, & Nurlaeli, Acep. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan peningkatan profesional guru terhadap kinerja guru di masa pandemi Covid-19. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255.

Saifullah, Saifullah. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN Negeri 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 600–621.

Sirait, Sheilla Chairunnisyah. (2017). Tanggung Jawab Pemerintah Untuk Memberikan Pendidikan Kepada Anak Terlantar Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 158–182.

Susilo, Agus, & Sarkowi, Sarkowi. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.

Warisno, Andi. (2019). Pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan mutu lulusan pada lembaga pendidikan islam di kabupaten. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 3(02), 99–113.

Wood, Van R. (2015). Organizational Commitment and International Competitiveness. Proceedings of the 1989 Academy of Marketing Science (AMS) Annual Conference, 132–137. Springer.
Published
2023-02-11