Studi Kasus Putusan Perkara Nomor 07/Kppu-I/2020 Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia Tentang Dugaan Praktek Diskriminasi Terkait Dengan Kerjasama Penjualan Kapasitas Kargo Dalam Jasa Pengangkutan Barang

  • Victor Ary Subekti Fakultas Hukum, Universitas Pancasila, Indonesia
  • Utji Sri Wulan Wuryandari Fakultas Hukum, Universitas Pancasila, Indonesia
Keywords: Monopoli, Efisiensi Ekonomi, Persaingan Usaha

Abstract

Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha dibentuk dengan tujuan sebagaimana disebutkan pada Pasal 3, yaitu menjaga kepentingan umum dan meningkatkan efisiensi ekonomi, mewujudkan iklim usaha yang kondusif melalui pengaturan persaingan usaha yang sehat, mencegah praktik monopoli dan persaingan usaha. Penulis perlu meneliti hasil dari Keputusan Majelis Komisi Pengawas Persaingan Usaha sebagai sarana akademis dalam memberikan pendapat dari sisi Terlapor yang telah mendapatkan putusan tersebut demi mewujudkan  iklim usaha yang kondusif melalui pengaturan persaingan usaha yang sehat sehingga menjamin adanya kepastian kesempatan berusaha yang sama bagi pelaku usaha besar, pelaku usaha menengah dan pelaku usaha kecil, sesuai dengan tujuan dibentuknya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha. Metode penyusunan makalah ini berdasarkan pada pendekatan empiris yang mana penulis merupakan pihak yang menerima kuasa dari Terlapor IV, yaitu PT Lion Express, yang beralamat di Jalan Raya Agave Nomor 55 Kedoya Selatan, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520 Nomor Telepon (021) 580 939 Fax (021) 225 80868. Perusahaan yang terbukti telah melakukan pelanggaran hukum persaingan usaha dan telah dijatuhi hukuman oleh KPPU akan mengakibatkan hilangnya nama baik perusahaan, dan hal tersebut secara otomatis menurunkan reputasi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyanta, F. C. Susila. (2019). Hukum Dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey Sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law And Governance Journal, 2(4), 697–709.

Dikjaya, Arby Pratama. (2022). Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Pelaku Praktik Monopoli Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Universitas Islam Kalimantan Mab.

Gellhorn, Ernest. (2004). Antitrust Law And Economics In A Nutshell. [Kiip] 한국지식재산연구원 도서 Db, 2004, 0.

Harahap, M. Yahya. (2017). Hukum Acara Perdata: Tentang Gugatan, Persidangan, Penyitaan, Pembuktian, Dan Putusan Pengadilan. Sinar Grafika.

Hernoko, Agus Yudha. (2014). Hukum Perjanjian Asas Proporsionalitas Dalam Kontrak Komersial (Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jati, Estri Dewangga Cadipa. (2022). Praktek Diskriminasi Kapasitas Kargo Oleh Lion Air Group (Studi Kasus Putusan Kppu Nomor 07/Kppu-I/2020). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Kamal, Ubaidillah, & Azzam, Abdullah. (2019). Kajian Yuridis Praktek Persekongkolan Dalam Tender Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Studi Putusan Kppu Perkara Nomor 16/Kppu-I/2016). Jurnal Meta-Yuridis, 2(1).

Lumbanbatu, Zenris Renaldo. (2020). Pelindungan Hukum Konsumen Perumahan Di Kota Palu. Universitas Tadulako.

M Yahya Harahap, S. H. (2023). Ruang Lingkup Permasalahan Eksekusi Bidang Perdata. Sinar Grafika.

Prodjodikoro, Wirjono. (2018). Perbuatan Melanggar Hukum Di Pandang Dari Sudut Hukum. Bandung: Mandar Maju.

Rachmadi Usman, S. H. (2022). Hukum Persaingan Usaha Di Indonesia. Sinar Grafika.
Ratnasari, Baiq. (2017). Analisis Putusan Kppu Nomor 04/Kppu-1/12016 Tentang Praktek Monopoli Dalam Perjanjian Penetapan Harga Sepeda Motor Matik. Universitas Mataram.

Sanger, Brigitte Dewinta Naftalia. (2021). Tinjauan Yuridis Problematika Penegakan Hukum Persaingan Usaha Dalam Menciptakan Kepastian Hukum. Lex Administratum, 9(3).

Vagliasindi, Maria. (2002). Competition Across Transition Economies: An Enterprise-Level Analysis Of The Main Policy And Structural Determinants. Available At Ssrn 314273.

Wahyu Hidaya, Tirrahmani. (2022). Analisis Yuridis Terhadap Persaingan Usaha Tidak Sehat Dalam Kerjasama Pengangkutan Kargo (Studi Putusan Kppu Pasal 19 Nomor 07/Kppu-I-2020). Universitas Mataram.

Waston, Frans. (2015). Tinjauan Yuridis Terhadap Adanya Wanprestasi Dalam Memorandum Of Understanding Pt. Matahari Anugerah Perkasa Dengan Cv. Ponorogo Di Kota Medan. Premise Law Journal, 11, 14118.

Wie, Thee Kian. (2004). Kebijakan Persaingan Dan Undang-Undang Antimonopoli Dan Persaingan Di Indonesia.” Dalam Buku Pembangunan. Kebebasan. Dan “Mukjizat” Orde Baru. Cet, 1.
Published
2023-02-14