Analisis Kemampuan Literasi Matematik Melalui Think-Talk-Write (Ttw) Berbantuan Geogebra Ditinjau Dari Self Efficacy Peserta Didik Kelas VI
Abstract
Kemampuan literasi matematik merupakan salah satu kemampuan dalam pembelajaran matematika yang sangat penting dimiliki oleh seorang peserta didik. Namun faktanya tingkat kemampuan literasi matematik peserta didik khsususnya dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kualitas pembelajaran dan menganalisis kemampuan literasi matematik peserta didik ditinjau dari self efficacy pada kelas yang menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Geogebra. Penelitian ini menggunakan metode campuran tipe sequential exploratory. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IVA SDN Kemantran 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB SDN Kemantran 01 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan literasi matematik, angket self efficacy, dan perangkat pembelajaran. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara terhadap subjek penelitian, angket/observasi dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif dikumpulkan dengan melakukan tes kemampuan literasi matematik. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai validitas perangkat pembelajaran mencapai 89,50% (sangat baik), rata-rata nilai praktikalitas 92,71% (sangat baik) dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 90,98% (sangat baik).
Downloads
References
Boud, D., Keogh, R., Walker, D., Reinhart, C., Wyatt, T., Vygotsky, L., Dewey, J., Young, M. G., Malisius, E., & Dueck, P., Utech, J. L., Maghuyop, A. Z., Sebastien, B., Team, T. E., Education, D. Of, Furco, A., Innotech, Perin, D., Hare, R., Piaget, J., Zeidenberg, M., … Dewy, J. (2016). Curriculum Development In Vocational And Technical Education: Planning, Content, And Implementation. Brooklyn, Ny:Workforce Strategy Center.
Creswell, J. W. (2016). Reflections On The Mmira The Future Of Mixed Methods Task Force Report. In Journal Of Mixed Methods Research (Vol. 10, Issue 3, Pp. 215–219). Sage Publications Sage Ca: Los Angeles, Ca.
Danielson, C. (2013). The Framework For Teaching Evaluation Instrument. The Danielson Group.
Heryanto, N., Komar, O., & Sukmana, C. (2021). Penyelenggaraan Pelatihan Blended Learning Pada Pembelajaran Di Rumah Pintar Nurul Falah Kota Bandung. Abdimas Siliwangi. Https://Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Abdimas-Siliwangi/Article/View/6253
Hightower, A., Delgado, R., Lloyd, S., Wittenstein, R., Sellers, K., & Swanson, C. (2011). Improving Student Learning By Supporting Quality Teaching : Key Issues, Effective Strategies (Issue December). Editorial Project In Education, Inc.
Innovation, C. For E. R. And. (2007). Giving Knowledge For Free:The Emergence Of Open Educational Resources. Organisation For Economic Cooperation And Development (Oecd).
Klemer, A. (2020). Origami And Geogebra Activities Contribute To Geometric Thinking In Second Graders. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 16(11). Https://Doi.Org/10.29333/Ejmste/8537
Lestari, H. P. (2020). Development Of Geogebra-Assisted Student Worksheet For Transformational Geometry Learning. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1581, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1581/1/012005
Ogbonnaya, U. I. (2020). The Efficacy Of Geogebra-Assisted Instruction On Students’ Drawing And Interpretations Of Linear Functions. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 19(9), 1–14. Https://Doi.Org/10.26803/Ijlter.19.9.1
Pak, N. I., Bidaibekov, E. Y., Oshanova, N. T., & Bukanova, A. K. (2020). Development Of Methodical System Of" History Of Informatics" Course In Pedagogical Universities. European Proceedings Of Social And Behavioural Sciences Epsbs, 994–1002.
Uu No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pada Pasal, Kemendiknas (2003).
Saing, D. (N.D.). Laporan Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (Ppm). In Staffnew.Uny.Ac.Id.
Http://Staffnew.Uny.Ac.Id/Upload/198810132015041004/Pengabdian/Laporan Akhir Ppm 2018 Pelatihan Penyusunan Butir Soal Berstandar Pisa Pada Aspek Higher Order Thinking Skills Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Menghadapi Pemetaan Kualitas Pendidikan Inte
Septian, A. (2020). Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Learning Assisted By Geogebra To Improve Student’s Mathematical Representation Skills. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1657, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023
Septyani, A. (2020). Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas Xi Smk Negeri 34 Jakarta. Journal Of Electrical Vocational Education And Technology, 5(1), 21–26.
Soemantri, D., Mccoll, G., & Dodds, A. (2018). Measuring Medical Students’ Reflection On Their Learning: Modification And Validation Of The Motivated Strategies For Learning Questionnaire (Mslq). Bmc Medical Education. Https://Doi.Org/10.1186/S12909-018-1384-Y
Suherman. (2020). Improving Higher Order Thinking Skills (Hots) With Project Based Learning (Pjbl) Model Assisted By Geogebra. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1467, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027
Ulya, M. R., Isnarto, I., Rochmad, R., & Wardono, W. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau Dari Self-Efficacy. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 116–123.
Xu, Q., Chen, J., Xie, Z., Liu, J., Zheng, G., & Wang, Y. (2007). Total Innovation Management: A Novel Paradigm Of Innovation Management In The 21st Century. Journal Of Technology Transfer. Https://Doi.Org/10.1007/S10961-006-9007-X
Zetriuslita. (2020). The Increasing Self-Efficacy And Self-Regulated Through Geogebra Based Teaching Reviewed From Initial Mathematical Ability (Ima) Level. International Journal Of Instruction, 14(1), 587–598. Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2021.14135a
Copyright (c) 2023 Fitri Nur Azizah, Etty Mulyati, Aam Suryamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.