Analisis Kemampuan Literasi Matematik Melalui Think-Talk-Write (Ttw) Berbantuan Geogebra Ditinjau Dari Self Efficacy Peserta Didik Kelas VI

  • Fitri Nur Azizah Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Lusi Rachmiazasi Masduki Universitas Terbuka
Keywords: Kemampuan Literasi Matematik, Think-Talk-Write (TTW), Geogebra, Self Efficacy

Abstract

Kemampuan literasi matematik merupakan salah satu kemampuan dalam pembelajaran matematika yang sangat penting dimiliki oleh seorang peserta didik. Namun faktanya tingkat kemampuan literasi matematik peserta didik khsususnya dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kualitas pembelajaran dan menganalisis kemampuan literasi matematik peserta didik ditinjau dari self efficacy pada kelas yang menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) berbantuan  Geogebra. Penelitian ini menggunakan metode campuran tipe sequential exploratory. Prosedur dalam penelitian ini  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IVA SDN Kemantran 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa  kelas IVB SDN Kemantran 01 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan literasi matematik, angket self efficacy, dan perangkat pembelajaran. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara terhadap subjek penelitian, angket/observasi dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif dikumpulkan dengan melakukan tes kemampuan literasi matematik. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai validitas perangkat pembelajaran mencapai 89,50% (sangat baik), rata-rata nilai praktikalitas 92,71% (sangat baik) dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai  90,98% (sangat baik).

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Budi Waluya, Universitas Negeri Semarang

 

 

Lusi Rachmiazasi Masduki, Universitas Terbuka

 

 

References

Bean, J. A. (1975). Distribution And Properties Of Variance Estimators For Complex Multistage Probability Samples; An Empirical Distribution.

Boud, D., Keogh, R., Walker, D., Reinhart, C., Wyatt, T., Vygotsky, L., Dewey, J., Young, M. G., Malisius, E., & Dueck, P., Utech, J. L., Maghuyop, A. Z., Sebastien, B., Team, T. E., Education, D. Of, Furco, A., Innotech, Perin, D., Hare, R., Piaget, J., Zeidenberg, M., … Dewy, J. (2016). Curriculum Development In Vocational And Technical Education: Planning, Content, And Implementation. Brooklyn, Ny:Workforce Strategy Center.

Creswell, J. W. (2016). Reflections On The Mmira The Future Of Mixed Methods Task Force Report. In Journal Of Mixed Methods Research (Vol. 10, Issue 3, Pp. 215–219). Sage Publications Sage Ca: Los Angeles, Ca.

Danielson, C. (2013). The Framework For Teaching Evaluation Instrument. The Danielson Group.

Heryanto, N., Komar, O., & Sukmana, C. (2021). Penyelenggaraan Pelatihan Blended Learning Pada Pembelajaran Di Rumah Pintar Nurul Falah Kota Bandung. Abdimas Siliwangi. Https://Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Abdimas-Siliwangi/Article/View/6253

Hightower, A., Delgado, R., Lloyd, S., Wittenstein, R., Sellers, K., & Swanson, C. (2011). Improving Student Learning By Supporting Quality Teaching : Key Issues, Effective Strategies (Issue December). Editorial Project In Education, Inc.

Innovation, C. For E. R. And. (2007). Giving Knowledge For Free:The Emergence Of Open Educational Resources. Organisation For Economic Cooperation And Development (Oecd).

Klemer, A. (2020). Origami And Geogebra Activities Contribute To Geometric Thinking In Second Graders. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 16(11). Https://Doi.Org/10.29333/Ejmste/8537

Lestari, H. P. (2020). Development Of Geogebra-Assisted Student Worksheet For Transformational Geometry Learning. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1581, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1581/1/012005

Ogbonnaya, U. I. (2020). The Efficacy Of Geogebra-Assisted Instruction On Students’ Drawing And Interpretations Of Linear Functions. International Journal Of Learning, Teaching And Educational Research, 19(9), 1–14. Https://Doi.Org/10.26803/Ijlter.19.9.1

Pak, N. I., Bidaibekov, E. Y., Oshanova, N. T., & Bukanova, A. K. (2020). Development Of Methodical System Of" History Of Informatics" Course In Pedagogical Universities. European Proceedings Of Social And Behavioural Sciences Epsbs, 994–1002.
Uu No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pada Pasal, Kemendiknas (2003).

Saing, D. (N.D.). Laporan Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (Ppm). In Staffnew.Uny.Ac.Id.

Http://Staffnew.Uny.Ac.Id/Upload/198810132015041004/Pengabdian/Laporan Akhir Ppm 2018 Pelatihan Penyusunan Butir Soal Berstandar Pisa Pada Aspek Higher Order Thinking Skills Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Menghadapi Pemetaan Kualitas Pendidikan Inte

Septian, A. (2020). Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Learning Assisted By Geogebra To Improve Student’s Mathematical Representation Skills. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1657, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023

Septyani, A. (2020). Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas Xi Smk Negeri 34 Jakarta. Journal Of Electrical Vocational Education And Technology, 5(1), 21–26.

Soemantri, D., Mccoll, G., & Dodds, A. (2018). Measuring Medical Students’ Reflection On Their Learning: Modification And Validation Of The Motivated Strategies For Learning Questionnaire (Mslq). Bmc Medical Education. Https://Doi.Org/10.1186/S12909-018-1384-Y

Suherman. (2020). Improving Higher Order Thinking Skills (Hots) With Project Based Learning (Pjbl) Model Assisted By Geogebra. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1467, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027

Ulya, M. R., Isnarto, I., Rochmad, R., & Wardono, W. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau Dari Self-Efficacy. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 116–123.

Xu, Q., Chen, J., Xie, Z., Liu, J., Zheng, G., & Wang, Y. (2007). Total Innovation Management: A Novel Paradigm Of Innovation Management In The 21st Century. Journal Of Technology Transfer. Https://Doi.Org/10.1007/S10961-006-9007-X

Zetriuslita. (2020). The Increasing Self-Efficacy And Self-Regulated Through Geogebra Based Teaching Reviewed From Initial Mathematical Ability (Ima) Level. International Journal Of Instruction, 14(1), 587–598. Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2021.14135a
Published
2023-02-24