Sikap dan Control Belief terhadap Perilaku Hubungan Seksual pada Ibu Hamil Trimester I dengan Niat Sebagai Variabel Mediasi di Klinik Griya Medika Mojosari

  • Indah Triningsih Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Ilmu Kesehatan Strada
  • Nurwijayanti Nurwijayanti Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Institut Ilmu Kesehatan Strada
Keywords: sikap, control beliefe, hubungan seksual, ibu hamil

Abstract

Kehamilan merupakan salah satu kondisi yang berpotensi bisa merubah pola seksual pasangan suami istri. Respon seksualitas perempuan sangat bervariasi, bagi sebagian perempuan kehamilan menurunkan dorongan seksual, tetapi bagi sebagian lainnya tidak mempunyai pengaruh sama sekali. Individu dengan kontrol diri yang tinggi sangat memperhatikan cara-cara yang tepat untuk berperilaku sesuai dengan permintaan situasi sosial (Ghufron & Risnawita, 2014). Menurut Calhoun dan Acocella (dalam Ghufron & Risnawita, 2014) ada dua alasan yang mengharuskan individu mengontrol diri secara berlanjut. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosatif. Sampel dalam penelitian ini yang diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling adalah Ibu Hamil Trimester I yang memeriksakan kehamilannya  di Klinik Griya Medika Mojosari yang berjumlah 134 responden. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi logistic. Hubungan sikap dan control belief terhadap perilaku hubungan seksual pada ibu hamil trimester I menunjukkan berdasarkan hasil uji regresi logistik, variabel yang dominan berpengaruh dengan perilaku hubungan seksual ibu hamil trimester I adalah sikap. Hal ini dapat dilihat dari nilai Exp.B (OR) yang paling besar yaitu 12.893 artinya perilaku ibu hamil yang memiliki control belief yang baik berpeluang untuk berperilaku baik. Penelitian mengungkapkan bahwa seksualitas selama kehamilan tidak hanya terfokus pada hubungan seksual saja tetapi dapat diekspresikan dalam bentuk, memandang dan berbicara mesra kepada pasangan, berpegangan tangan, perhatian, keinginan dan kesenangan dalam hubungan dengan pasangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hafiz, N. S., Nasution, A. A., & Suyar, A. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha dengan Menggunakan Theory of Planned Behavior dan Perceived Desirability Dimoderasi oleh Gender (Studi Kasus Mahasiswa FEB Prodi Manajemen Universitas Harapan Medan). Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 1(2), 188–198.

Atiqoh, R. N., & Keb, S. T. (2020). Kupas Tuntas Hiperemesis Gravidarum (Mual Muntah Berlebih Dalam Kehamilan). One Peach Media.

Ayu Lestariani, N. I. K. (2018). Gambaran Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut Serta Karies Gigi Pada Ibu Hamil Yang Berkunjung Ke Puskesmas Kediri I Tahun 2018. Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar.

Buditama, C. (2021). Determinan niat pengusaha untuk menggunakan pembiayaan bagi hasil. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 191–210.

Endaryono, B. T., Jaelani, A. R., & Prasetyo, A. (2021). Peran Wadi’ah dan Mudharabah Dalam Profitabilitas Bak Muamalat. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(1), 74–83.

Hadri Kusuma, M. B. A. (2021). Niat Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Sesuai PP No. 23 Tahun 2018 Pendekatan “Theory Of Planned Behavior (TPB).”

Junita, S., Hastuti, S., & Meilan, N. (2018). Hubungan pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi dengan perilaku seks pranikah pada siswa yang mengikuti kegiatan PIK-R di SMA kab. Bantul tahun 2017. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Lesmana, D., Panjaitan, D., & Maimunah, M. (2017). Tax Compliance Ditinjau dari Theory of Planned Behavior (TPB): Studi Empiris Pada Wajip Pajak Orang Pribadi dan Badan yang Terdaftar Pada KPP di Kota Palembang. Jurnal InFestasi, 13(2), 354–366.

Mabruri, H. M., & Wibowo, D. (2022). Analisis Perilaku Dalam Pencatatan Laporan Keuangan Berbasis Sak EMKM Oleh Umkm Laundry di Daerah Siwalankerto. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(8).

Natumnea, J. P. M., Bachruddin, A. A., Jauhari, Y. A., & Putra, A. A. W. (2020). Analisis Kebutuhan ODD dan Family Caregiver dalam Komunitas ALZI. Indonesian Business Review, 1(2), 283–298.

NURIKA, M. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fungsi Seksual Pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Pagedangan dan Puskesmas Curug Tahun 2018.

Nurmitasari, N., Kurnaesih, E., & Idris, A. (2019). Persepsi Aktivitas Seksualitas Pada Masa Kehamilan Bagi Primipara Di Wilayah Kerja Puskesmas Wundulako Kabupaten Kolaka. Window of Health: Jurnal Kesehatan, 243–255.

Pakpahan, A. F., Prasetio, A., Negara, E. S., Gurning, K., Situmorang, R. F. R., Tasnim, T., Sipayung, P. D., Sesilia, A. P., Rahayu, P. P., & Purba, B. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, A., & Miftahul, A. (2019). Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pra Nikah Pada Remaja di Kota Banyuwangi. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 20–37.

Rosalinna, R. (2019). Aromaterapi Lavender Terhadap Pengurangan Mual Muntah Pada Ibu Hamil. Jambura Health and Sport Journal, 1(2), 48–55.

Rusminarni, S., Lestari, Y., Larasati, I., & Rahman, A. (2021). Hubungan Peran Keluarga terhadap Gaya Hidup pada Penderita Hipertensi Garade II Di Wilayah Kerja Puskesmas Segala Mider. Jurnal Riset Media Keperawatan, 4(1), 8–16.

Sendra, E., Setyarini, A. I., & Rahmaningtyas, I. (2020). Studi Kualitatif Pola Berpasangan (Sexual Partnership) Pada Pus Dalam Pencegahan Penularan HIV di Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 73–85.

Suharto, S., & Suminar, R. (2017). Hubungan pengetahuan dan sikap perawat dengan tindakan pencegahan infeksi di ruang ICU rumah sakit. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 1(1), 1–9.

Suhendra, Y. F., & Arifin, A. Z. (2019). Faktor Yang Memprediksi Perilaku Menabung Pekerja Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(3), 600–608.

Yustiani, Y. M., Hasbiah, A. W., & Fuad, R. (2019). Pengaruh Kondisi Fisik Dan Jarak Sumur Gali Dengan Peternakan Sapi Terhadap Kandungan Bakteri Coliform Air Sumur Gali di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Journal of Community Based Environmental Engineering and Management, 1(1), 19–24.
Published
2022-12-02