Peran Teknologi Informasi Dalam Keberhasilan Pendidikan Dan Pelatihan Di Bidang Pelayaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Teknologi Informasi (TI) dapat digunakan untuk media pembelajaran dalam dunia pendidikan di bidang pelayaran yang struktur kurikulumnya hampir 70% adalah praktikum.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan studi kasus tempat penelitian Politeknik Pelayaran Surabaya. metode deskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat dengan beberapa tahapan yaitu 1) menganalisis gaya belajar taruna, 2) pemilihan model pembelajaran, 3) pemilihan media pembelajaran berbasis TI, 4) evaluasi respon taruna terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis TI. Hasil penilitian menunjukan gaya belajar yang menjadi dominan gaya belajar taruna adalah kinestetik sebesar 36,9%, visual 25,6%, Auditori 18,2%, Global 14,9% dan Analitik 4,4%. Model pembelajaran cenderung pada model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), hal ini disebabkan hampir 96% dosen melibatkan taruna dalam memecahkan masalah dengan mengintegrasikan berbagai kosep dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu. Media pembelajaran hampir 70% menggunakan laboratorium, simulator maupun bengkel untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran e-learning, simulator dan game edukasi sudah dikembangkan mendapat respon positif taruna adalah 89%, artinya penggunaan media pembelajaran berbasis TI berdampak positif terhadap pembelajaran. Hasil belajar taruna diperoleh data taruna yang lulus kompetensi sebanyak 89 taruna dan tidak lulus kompetensi sebanyak 11 taruna, sehingga ketuntasan hasil belajar taruna adalah 89%. Berdasarkan hasil analisi data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis TI di Politeknik Pelayaran Surabaya bekualitas baik dan sangat optimal digunakan dalam proses belajar mengajar
Downloads
References
Adrie, A., Makahaube, M., & Rahmah, A. (2020). Analisis prosedur penanganan klaim asuransi kapal pada PT. Vallianz offshore maritim jakarta. JURNAL KARYA ILMIAH TARUNA ANDROMEDA, 4(1), 49–57.
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Badaruddin, B., Renggong, R., & Hasan, Y. A. (2021). Analisis Tanggung Jawab Hukum Nakhoda Terhadap Keselamatan Pelayaran di Wilayah Kesyahbandaran Utama Makassar. Indonesian Journal of Legality of Law, 3(2), 79–87.
Dermawan, D., & Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Kelas XI SMK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 508–515.
Erwin, R. (2022). Tanggung Jawab Negara Untuk Mencegah Terjadinya Kecelakaan Kapal Transportasi Laut Menurut Hukum Internasional Dan Hukum Nasional. SUPREMASI: Jurnal Hukum, 4(2), 177–199. https://doi.org/10.36441/supremasi.v4i2.716
Fulconis, F., & Lissillour, R. (2021). Toward a behavioral approach of international shipping: a study of the inter-organisational dynamics of maritime safety. Journal of Shipping and Trade, 6, 1–23. https://doi.org/10.1186/s41072-021-00092-4
Gagne, R. M. (1989). Geometrical aspects of computed tomography: Sensitivity profile and exposure profile. Medical Physics, 16(1), 29–37.
Gagné, R. M. (1982). Developments in learning psychology: Implications for instructional design; and effects of computer technology on instructional design and development. Educational Technology, 22(6), 11–15.
Gavrilis, V., Mavroidis, I., & Giossos, Y. (2020). Transactional distance and student satisfaction in a postgraduate distance learning program. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(3), 48–62. https://doi.org/10.17718/tojde.762023
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117–140.
Handoyo, S. (2020). Pengaturan Tentang Kompetensi (Kewenangan) Dalam Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar Kapal Nelayan di Pelabuhan Perikanan Balikpapan. Journal de Facto, 7(1), 127–150.
Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: kajian untuk akademis. Insan Cendekia Mandiri.
Hoogervorst, T., & Boivin, N. (2018). Invisible Agents of Eastern Trade: Foregrounding Island Southeast Asian Agency in Pre-Modern Globalisation. Globlization in Prehistory: Contact, Exchange and the ‘People Without History, 205–231.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Jasruddin, J., Putra, Z., & Butuni, S. (2020). Analisis Tanggung Jawab Syahbandar Dalam Pelayaran Pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 410–415. https://doi.org/10.17977/um019v5i2p410-415
Jimi, A. (2020). Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Web Pada Smp N 2 Busalangga. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(1), 29–37. https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i1.108
Lasse, D. A. (2014). Keselamatan pelayaran di lingkungan teritorial pelabuhan dan pemanduan kapal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Laventia, F. (2021). Pembelajaran daring dalam peningkatan minat belajar siswa: Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Molenda, M. (2015). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 54(2), 40–42.
Nur, G., & Rini, R. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Putrian, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar Sensing dan Intuition. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 11(2), 513–524. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p513-524
Rahman, P. (2019). Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam Trayek pada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Studi Kasus Legalitas Ojek Online). Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 4(1), 36–45. https://doi.org/10.36982/jpg.v4i1.685
Silahuddin, S. (2015). Penerapan e-learning dalam inovasi pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310
Sitompul, H. (2016). Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai-Nilai dan Pembentukan Sikap Pada Anak. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.24952/di.v4i1.425
Specialty, A. G. C. &. (2019). Safety and Shipping Review 2019. Allianz Global Corporate & Specialty Munich, Germany.
Wahyuni, S., Erman, E., Sudikan, S., & Jatmiko, B. (2020). Edmodo-based interactive teaching materials as an alternative media for science learning to improve critical thinking skills of junior high school students.
Wulandari, Y., Bastian, Y., & Pratiwi, Y. M. (2020). Prosedur Pemeriksaan Dokumen Kapal Pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhanwaingapu. Jurnal Kemaritiman Dan Transportasi, 2(1), 24–31.
Xiaoxia, W., & Chaohua, G. (2002). Electronic chart display and information system. Geo-Spatial Information Science, 5(1), 7–11.
Copyright (c) 2023 Tri Cahyadi, Agus Dina Mirianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.