Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Negeri Melalui Implementasi Total Quality Management
Abstract
Tujuan penelitian untuk melihat implementasi pelaksanaan Total Quality Management (TQM) di SDN Poris Pelawad 3. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Narasumber terdiri dari kepala sekolah, guru, staf sekolah dan komite sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SDN Poris Pelawad 3 telah melaksanakan TQM dengan baik. Hal ini ditandai dengan Sekolah Dasar Negeri Poris Pelawad 3 sudah mengadopsi konsep Total Quality Management. Hasil penelitian mengacu pada teori dari Goetsch dan Davis yaitu: 1. Fokus pada pelanggan. 2. Obsesi terhadap kualitas. 3. Pendekatan ilmiah. 4. Komitmen jangka panjang. 5. Kerjasama tim, kemitraan, dan hubungan dijalin dan dibina. 6. Perbaikan sistem secara berkesinambungan. 7. Pendidikan dan pelatihan. 8. Kebebasan yang terkendali. 9. Kesatuan tujuan. 10. Adanya keterlibatan dan pemberdayaan. Implikasinya agar semua stakeholder sekolah mampu melaksanakan TQM sehingga mutu pendidikan di SDN Poris Pelawad 3 khususnya dan sekolah dasar negeri lainnya dapat terjaga dan terus meningkat.
Downloads
References
Ali, A., & Mardiati, A. (2021). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anshor Cibungbulang Kabupaten Bogor. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.46799/jequi.v3i1.30
Anas, A. (2018). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural Di SMA Negeri 6 Palu. IAIN Palu.
Bakobat, H., Wulur, M., & Sumarauw, J. S. B. (2021). Analisis Penerapan Manajemen Mutu Terpadu di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 622–631. https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36492
Creswell, J. W. (2019). Research Design. Pustaka Pelajar.
Damayanti, N. (2019). Pentingnya Kerjasama bagi Peningkatan Mutu Pendidikan. Pendidikan.
Darifah, U. H. (2016). Konsep Total Quality Management Edward Sallis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Online Thesis, 10(1), 151–206.
Eferi, A. (2016). Urgensi Penilaian Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Penerapan Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan Islam. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 1(1), 149–178. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i1.149-178
Hasnadi, H. (2021). Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.9331
Hendartho, D. (2014). Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 6(2), 124–138. https://doi.org/10.31334/trans.v6i2.37.g33
Ibadillah, B. I. (2022). Penerapan Konsep TQM Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SD Islam Daarul Muwahidin Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 59–75. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i2.30695
Idris, S., Rambe, D., Afriani, D., & Hastuti, H. (2021). Manajemen Kolaborasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Masyarakat (Studi Deskriptif pada Organisasi Ikatan Keluarga Besar Baringin Sip). Hikmah, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.100
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542
Khurniawan, A. W., Sailah, I., Muljono, P., Indriyanto, B., & Maarif, M. S. (2020). An Analysis of Implementing Total Quality Management in Education: Succes and Challenging Factors. International Journal of Learning and Development, 10(2), 44–59. https://doi.org/10.5296/ijld.v10i2.17270
Maujud, F. (2017). Peran partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan Kota Mataram). PALAPA, 5(2), 92–121. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.48
Mohamad, F., & Ahmad, Z. (2020). JURNAL NASIONAL: Membangun Pengawasan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, 9(2).
Mukti, P. Y., & Harimi, A. C. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 74–83. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15561
Pratama, Y. A. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Karakter Berbasis Total Quality Management di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–22.
Putri, D. I. I. (2020). Manajemen Pengembangan Peserta Didik Berbasis Total Quality Management di MI Al-Hidayah Bagor Miri Sragen. Millah: Jurnal Studi Agama, 63–88. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art3
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. https://doi.org/10.56338/jsm.v6i1.551
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1395
Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9
Rofiqoh, Y. A., Istikomah, I., & Hidayatulloh, H. (2020). Implementation of School Quality Management in Indonesia. Proceedings of The ICECRS, 6. https://doi.org/10.21070/icecrs2020378
Rusman, A. A., & Riadi, A. (2021). Sinkronisasi Pendidikan Karakter dan Toleransi Masyarakat di Desa Marancar Julu, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 722–729.
Susyanto, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Keterlibatan Karyawan dan Kepuasan Kerja terhadap Kesiapan untuk Berubah dalam Menghadapi Perubahan Organisasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(1). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1287
Vebriyani, V., Hanik, E. U., Mubarok, I. S. H., Sudarto, L. R., & Nikmah, I. (2021). Implementasi Total Quality Management (TQM) Pendidikan dalam Tantangan Globalisasi di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 195–209. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.95
Copyright (c) 2022 Erna Kusumawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.