A, Komalawati, Lela PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GQGA (GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER) MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 3 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Fisika adalah mata pelajaran dengan rumus dan pembahasan yang relatif luas dan banyak. Karena alasan tersebut beberapa peserta didik cenderung malas dan enggan untuk belajar fisika. Namun demikian, sebagai pelajaran dianggap vital, fisika seyogyanya harus dipelajari dengan pengajaran yang baik dan benar guna mengatasi permasalahan yang melibatkan ketercapaian KKM dan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Cirebon adalah contoh kelas dengan ketercapaian serta hasil belajar yang masih kecil. Menurut pengamatan peneliti, hasil belajar kelas tersebut hanya ada di angka 58,75 sedangkan siswa yang mempunyai nilai >79 berjumlah 9 orang. Setelah dilakukan penelitian dan penerapan tipe pembelajaran GQGA (giving question and getting answer) melalui 3 siklus hasil belajar siswa meningkat dan mencapai angka 86,1 sedang siswa yang mempunyai nilai >79 mencapai 27 orang. Merujuk pada hasil tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan menerapkan pengajaran kooperatif tipe GQGA (giving question and getting answer) rerata hasil belajar dan ketercapaian nilai siswa yang bernaung pada kelas yang peneliti teliti mencapai peningkatan.